Mengalokasikan Gaji untuk Hobi Itu Mudah, Ini 3 Jurusnya! – Bagi generasi millennial yang baru memasuki dunia kerja, adaptasi masih harus dilakukan. Bukan hanya menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, melainkan kondisi finansial.

Bayangkan saja, baru pertama kali mendapatkan gaji bulanan rasanya senang bukan main. Sampai-sampai lupa diri, menghamburkan uang begitu saja untuk hal-hal yang disenangi.

Baca juga: Jaga Kondisi Keuangan, Ini 10 Cara Berhemat Saat Musim Liburan

Misalnya, membeli gadget baru, membali sepatu yang sedang diincar, atau menghamburkan uang untuk hobi.

Memang, tidak ada salahnya mengalokasikan gaji untuk hobi. Hanya saja, Anda perlu mengatur strategi yang tepat agar hobi bisa terus berjalan sehingga pengeluaran tidak jadi sia-sia.

Mengalokasikan Gaji untuk Hobi Itu Mudah, Ini 3 Jurusnya!

1. Bedakan dengan pendapatan untuk kebutuhan primer

makan mie instan - tidak sehat

Pastinya, tujuan Anda bekerja ialah mendapatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidup. Karenanya, Anda harus memprioritaskan pendapatan Anda untuk kebutuhan primer lebih dulu, seperti membayar sewa kos, makan, listrik, juga transportasi.

Namun, supaya hobi Anda tetap bisa dijalani, alangkah lebih baik jika Anda berhemat setiap harinya.

Baca Juga: Tips Menghemat Uang Tanpa Mengorbankan Kehidupan Sosial Anda

Misalnya, selama ini Anda ke kantor menggunakan ojeg online dan Anda menghabiskan Rp20 ribu untuk pergi-pulang.

Padahal, jarak antara tempat tinggal dan kantor sebenarnya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Baca Juga: Agar Tidak Malah Merugi, 7 Cara Berhemat yang Salah Ini Tidak Boleh Anda Lakukan

Cobalah untuk naik ojeg online jika hendak pergi ke kantor, lalu pulangnya berjalan kaki. Setiap hari, Anda bisa menghemat Rp10 ribu dalam seminggu Anda bisa menghemat Rp10 ribu x 5 hari = Rp50 ribu. Bagaimana dengan sebulan? Ya, Rp200 ribu masuk ke kantung Anda.


2. Buatlah anggaran khusus untuk hobi

hobi lukisan investasi lukisan mahal

Sebelum membuat anggaran, pahami dulu, apakah uang yang nantinya Anda gelontorkan untuk hobi memang bermanfaat?

Misalnya, Anda gemar mengoleksi mainan action figure. Setiap bulan, adaaaa saja koleksi yang ingin Anda beli.

Baca Juga: 4 Tips Hidup Hemat di Jakarta yang Mungkin Belum Pernah Terbayangkan

Seperti yang diketahui, action figure harganya tidaklah murah. Jika Anda rutin membeli action figure, tentu jumlah pemasukan dan pengeluaran Anda bisa terggangu.

Oleh karenanya, tentukan berapa dana yang akan Anda keluarkan untuk hobi setiap bulannya. Misalnya, Rp500 ribu.

Baca juga: Jangan Boros! Ini Dia 7 Ide Berhemat Saat Kencan

Pastikan Anda tidak mengeluarkan uang melewati budget tersebut. Penting untuk diingat, jika kondisi finansial Anda sedang tidak memungkinkan, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk mengalokasikan gaji untuk hobi.


3. Jadikan hobi sebagai lahan bisnis

big bad wolf jakarta 2018

Siapa bilang hobi yang dimiliki tidak bisa dijadikan sebagai sarang untuk mengumpulkan banyak uang? Katakanlah, Anda gemar membaca dan mengoleksi buku. Mengapa tidak membuka tempat penyewaan buku secara online saja?

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini, Maka Uang Anda Tidak Akan Terbuang Dengan Percuma

Anda juga bisa menulis review dari berbagai buku yang sudah dibaca, tulis di blog Anda, lalu promosikan ke komunitas-komunitas buku se-Indonesia.

Siapa tahu, ada penerbit yang melirik Anda, lalu mengajak Anda bekerja sama untuk menulis review buku di blog.

Dengan kata lain, selain mendapatkan gaji bulanan tetap, Anda pun bisa memperoleh passive income.

Baca juga: 10 Usaha Menjanjikan untuk Pemula yang Terbukti Menguntungkan

Di samping itu, Anda juga bisa menjual buku-buku yang sudah tidak Anda baca sehingga Anda bisa mendapatkan pemasukan lain. Hobi pun bisa menjadi sesuatu yang lebih menyenangkan, bukan?


Ada Pengeluaran Tambahan, Ada Pemasukan Lebih

Nah, pada intinya, supaya seimbang, ketika ada pengeluaran untuk hobi, pastikan ada pemasukan pula. Lantas, pemasukan tersebut sebaiknya diapakan?

Pemasukan yang didapat dari hobi sangat disarankan untuk diinvestasikan. Sebab, dengan berinvestasi secara rutin, Anda bisa merasakan pertambahan nilai uang Anda seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: 5 Cara Membiasakan Diri untuk Berinvestasi

Maka jangan heran, jika uang hasil investasi Anda semakin lama semakin menggunung, sangat mungkin bagi Anda untuk memenuhi tujuan keuangan, bahkan mencapai financial freedom.

Di KoinWorks yang sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK, hanya dengan uang minimal Rp100 ribu, Anda sudah bisa berinvestasi di platform online peer to peer lending. Anda pun bisa memperoleh bunga efektif mulai dari 18% per tahun.

Nah, supaya keuntungan investasi Anda makin maksimal, manfaatkanlah efek compounding atau yang sering diartikan sebagai bunga bergulung.

Baca juga: Strategi Investasi di KoinWorks: 5 Cara Memaksimalkan Bunga Keuntungan

Caranya, investaskan kembali bunga keuntungan yang Anda dapatkan dari investasi sebelumnya. Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan bunga keuntungan kembali. Nah, efek compounding ini kerap diartikan sebagai bunga bergulung.

Simulasikan keuntungan Anda dengan menggunakan efek compounding lewat kalkulator di bawah ini!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Wah, rupanya mengalokasikan gaji untuk hobi tidak bikin rugi, ya? Ingat, asalkan Anda juga menghasilkan pemasukan kembali ke kantung Anda, entah lewat passive income atau lewat investasi.

 


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.




Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

2 KOMENTAR

  1. Sy melakukan investasi ke peminjam tipe A.
    Jika terjadi gagal bayar,apakah dana sy akan otomatis dikembalikan atau sy harus mengajukan permintaan untuk pengembalian dana ?

    • Dana pokok (sisa pokok investasi) Anda akan dikembalikan 100% (Grade A) dan akan memakan waktu hingga maksimal 30 hari kerja setelah pinjaman dinyatakan gagal bayar. Anda tidak perlu mengajukan permintaan karena kami akan segera memprosesnya segera setelah gagal bayar dinyatakan.

      Terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.