Belajar dan Mengasah Diri Lebih Cepat Dengan Menerapkan 4 Kiat Berikut – Anda bisa meningkatkan diri menjadi lebih baik dalam hal apapun, bisa lebih dalam pekerjaan, meningkatkan nilai sekolah, atau menguasai keterampilan baru.

Hal yang perlu dilakukan adalah menguasai 4 kiat yang memungkinkan Anda untuk mempelajari suatu hal dengan lebih cepat dari sebelumnya.

Pembahasan tentang 4 kiat ini akan menjadi investasi yang sangat berharga, sebab Anda akan menjadi sosok pembelajar yang lebih baik.

Bagaimana caranya? Berikut ini penjelasan selengkapnya untuk Anda semua.

Belajar dan Mengasah Diri Lebih Cepat Dengan Menerapkan 4 Kiat Berikut

1Menggunakan Jeda Agar Lebih Produktif

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (14) - 5 Cara Produktif dalam Mengoptimalkan 24 Jam Sehari! - Ternyata, 5 Kebiasaan yang Membuat Bahagia Sangat Mudah Dilakukan - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda - 5 Kualitas Introvert Membuat Mereka Mampu Menjadi Pemimpin Besar

Teknik ini melibatkan penggunaan waktu yang tepat untuk meningkatkan fokus dan produktivitas Anda. Cara kerjanya seperti ini, Anda bisa mengatur waktu selama 25 menit untuk melakukan sesuatu dan mulai bekerja.

Fokus dan jangan sampai ada hal yang bisa mengganggu konsentrasi Anda saat sedang belajar dan bekerja.

Baca juga: 5 Cara Seorang Mentor Bisa Membantu Karier Lebih Berkembang

Setelah waktu 25 menit berlalu, maka Anda bisa beristirahat selama 5 menit untuk bersantai sepenuhnya. Waktu beristirahat sangat penting untuk memberikan pikiran Anda istirahat dan bersiap untuk berkonsentrasi lagi.

Jika Anda telah melakukan tahapan di atas sampai 4 kali, maka Anda bisa mengambil istirahat lebih lama yaitu 15- 30 menit. Cara seperti ini akan membantu Anda untuk terhindar dari kelelahan saat belajar atau beraktivitas produktif.


2Mulai Menuliskan Apa yang Telah Anda Pelajari

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari - orang terkarya di dunia nomor 2 - bill gates

Kasus umum yang banyak terjadi adalah Anda tidak mengingat apapun atau hanya mengingat sedikit materi yang dipelajari atau saat sedang membaca sebuah buku. Hal ini bisa terjadi karena Anda tidak mengambil cukup waktu untuk mencerna informasi.

Baca juga: 5 Keterampilan Komunikasi yang Perlu Dipahami Setiap Pembicara Hebat

Solusi dari masalah ini adalah menuliskan ringkasan yang Anda pelajari, sehingga Anda bisa menyimpan lebih banyak pengetahuan. Miliki sebuah catatan yang memungkinkan Anda untuk membacanya kembali saat lupa.


3Miliki Pola Pikir yang Positif

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (5) - 3 Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Lebih dari Satu Mentor - Belajar Bahasa Asing Lebih Efisien Berkat 6 Tips dari Para Pakar Berikut - Mana yang Lebih Efektif: Belajar Secara Privat atau Berkelompok?

Jika Anda ingin sukses dan berkembang, maka sangat penting untuk melihat diri sendiri dengan sudut pandang yang objektif.

Jika Anda merasa hebat dan luar biasa dalam segala hal yang dilakukan, maka Anda tidak akan memiliki dorongan untuk berkembang dan tidak akan pernah mendengarkan kritik yang membangun dari orang lain.

Baca juga: Belajar di Perguruan Tinggi Tidak Selamanya tentang Gaji Tinggi, Simak Alasan Berikut!

Begitu juga sebaliknya, jika Anda melihat sesuatu dari sudut pandang yang negatif, maka Anda akan kehilangan kepercayaan diri dan peluang besar.

Dalam proses belajar, Anda harus mengembangkan kesadaran diri untuk terus melakukan evaluasi setiap hari. Minta orang lain untuk memberikan umpan balik yang jujur sebagai sarana untuk memperbaiki diri sendiri.


4Latihan Membaca Cepat untuk Mengambil Sejumlah Informasi

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari - 5 Langkah Melatih Diri demi Belajar Lebih Efektif - 5 Cara Cerdas Lebih Mudah Memahami Pelajaran

Ada begitu banyak informasi dan buku yang bermanfaat untuk Anda, sehingga terasa mustahil untuk membaca semua hal tersebut.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah membaca cepat yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi lebih banyak dalam waktu yang singkat.

Berlatihlah untuk memadukan jari dan mata Anda saat sedang membaca dan teruslah meningkatkan kecepatan membaca sebanyak yang Anda bisa.

Baca juga: Agar Karir Melesat, Ini 7 Soft Skills yang Perlu Dimiliki

Dengan fokus mengembangkan 4 keterampilan dan kiat di atas, maka Anda bisa memperbaiki diri sendiri dengan lebih cepat. Dengan demikian, Anda bisa belajar lebih banyak hal dalam waktu yang singkat.

4 kiat di atas bisa Anda terapkan saat belajar di pendidikan formal atau non-formal seperti kursus dan pelatihan. Hanya saja banyak orang yang merasakan kendala belajar lain yaitu biaya pendidikan yang tidak bisa dipenuhi.

Saat hal di atas terjadi, lalu apa yang perlu Anda lakukan?

Tidak perlu khawatir, saat ini telah ada solusi pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar untuk Anda gunakan.

Pinjaman yang ditawarkan oleh KoinPintar memiliki tingkat bunga yang sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Baca juga: Merasa Tidak Termotivasi? Mungkin Ini Alasannya!

Hal yang tidak kalah penting adalah pinjaman tersebut bisa Anda cicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung.

Tidak hanya itu saja, setiap beban dan bunga yang timbul akan diinformasikan secara transparan dan tidak ada yang disembunyikan. Dengan begitu, tidak akan ada beban bunga yang berubah atau jumlah cicilan yang bertambah selama masa pembayaran.

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena KoinPintar bertujuan untuk membantu seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal.

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Kinerja yang Berpengaruh Terhadap Perkembangan Karier

Dengan demikian, Anda bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan apapun yang diminati untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan. Keterampilan yang lebih baik akan membantu Anda untuk mendapatkan kesuksesan dan karir yang lebih baik di masa depan.

Semoga informasi di atas memberikan banyak manfaat!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.