5 Tips Mudah Mengatasi Kesulitan Saat Berkomunikasi – Anda mungkin merasa kesulitan untuk menyampaikan sudut pandang kepada pimpinan perusahaan atau rekan kerja.

Atau merasa sulit menghubungi teman dan berbicara dengan mereka tentang masalah yang penting. Hal yang Anda rasakan adalah membuat orang lain sulit memahami apa yang sedang dikatakan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Berhenti Memperluas Jaringan, Ayo Segera Terapkan!

Hal yang perlu dipahami di sini adalah komunikasi yang terjadi harus diperlakukan sebagai dialog, bukan monolog. Itu artinya, bukan hanya Anda yang berpartisipasi dalam percakapan tersebut.

Ada pertukaran informasi yang melibatkan kedua belah pihak secara setara. Anda juga harus bisa mengkombinasikan sinyal verbal dan non-verbal untuk memastikan ide-ide disampaikan secara efisien.

Mengembangkan keterampilan berkomunikasi membutuhkan latihan dan kemauan untuk menjadi lebih baik.

Berikut ini 5 tips penting yang akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan lebih baik.

5 Tips Mudah Mengatasi Kesulitan Saat Berkomunikasi

1Memberikan Waktu dan Perhatian dalam Percakapan Penting

7 Tips Menghemat Uang Saat Membeli Peralatan Kantor

Komunikasi yang efektif membutuhkan waktu dan pesan yang disampaikan harus dalam kesempatan yang tepat. Hal ini sangat tergantung pada tingkat kepentingan komunikasi yang akan Anda lakukan.

Baca juga: 4 Alasan Kuat yang Menunjukkan Bahwa Anda Termasuk Kandidat Terbaik Saat Melamar Pekerjaan

Misalnya saja seperti ini, jika Anda ingin berkomunikasi dengan atasan tentang kenaikan gaji, maka jangan melakukan hal ini saat sedang berjalan di lorong kantor atau saat sedang makan siang bersama.

Solusi yang bisa dilakukan adalah membuat jadwal pertemuan dan memastikan Anda bisa memperhatikan percakapan tanpa gangguan.

Kapan saja Anda ingin menyampaikan pesan yang penting, maka berikan waktu dan perhatian yang pantas sebelum berkomunikasi.


2Lakukan Kontak Mata dengan Lawan Bicara

7 Tips Menghemat Uang Saat Membeli Peralatan Kantor

Hal yang tidak Anda pahami adalah akan ada banyak informasi dan emosi yang bisa disampaikan hanya dengan menatap mata seseorang.

Menatap mata tidak dengan cara yang menakutkan, tetapi untuk memastikan Anda tetap terhubung dengan orang lain selama percakapan sedang berlangsung.

Menatap lawan bicara akan membuat Anda terlihat menghormati dan peduli dengan mereka untuk tetap terhubung dalam percakapan. Melakukan kontak mata merupakan keterampilan berkomunikasi yang penting untuk dilakukan.


3Menggunakan Bahasa Tubuh yang Baik Selama Berbicara

womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis - 7 Langkah Mendapatkan Karier Lebih Cemerlang - 5 Langkah Mengembangkan Karier agar Tidak Stagnan - cara ekspansi bisnis ke luar negeri

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencerminkan perawakan orang yang sedang Anda ajak berbicara.

Anda bisa menurunkan diri menjadi lebih rendah saat sedang berbicara dengan anak-anak. Atau bisa juga dengan duduk dan berdiri tegak saat sedang berbicara dengan orang dewasa.

Lakukan gerakan tubuh saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicara. Jika Anda harus menggerakkan tangan saat berbicara, maka perhatikan efek yang bisa ditimbulkan pada orang lain dan jangan lupa memperhatikan reaksi lawan bicara Anda.


4Mendengarkan Itu Perlu

memulai bisnis seperti kencan pertama

Terkadang bentuk komunikasi yang terbaik adalah tidak mengatakan apapun dan hanya mendengarkan apa yang sedang disampaikan. Anda bisa memvalidasi apa yang sedang dikatakan oleh lawan bicara dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk berbicara.

Baca juga: Mau Jadi Komunikator yang Hebat? Ketahui 3 Cara Terbaik untuk Membaca Bahasa Tubuh Berikut

Hal di atas sangat penting untuk dilakukan karena komunikasi adalah percakapan dua arah yang memungkinkan orang lain menyampaikan pesan dan mendengarkan secara timbal balik.

Dengarkan apa yang sedang disampaikan oleh lawan bicara dan jangan hanya sekedar menunggu giliran untuk berbicara saja. Mendengarkan lawan bicara akan memberikan Anda informasi yang memungkinkan Anda menyampaikan pesan selanjutnya.


5Teruslah Belajar Berkomunikasi Melalui Berbagai Sumber dan Pengalaman

6 Kualitas Pemimpin yang Luar Biasa, Andakah Salah Satunya?

Dalam proses belajar berkomunikasi tidak ada orang yang bisa sempurna dan langsung menjadi seorang komunikator yang andal.

Tidak masalah dengan hal ini, jadikan pengalaman Anda untuk terus meningkatkan keterampilan berbicara menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Hal yang tidak kalah penting adalah teruslah belajar untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi agar lebih baik dari sebelumnya.

Bisa dengan membaca buku, mengikuti seminar, atau mengikuti pelatihan yang berkaitan tentang komunikasi atau public speaking.

Jangan lupa mempersiapkan dana yang cukup untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan tersebut. Jangan sampai biaya pendidikan menjadi kendala dan halangan saat Anda berusaha untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi.

Jika biaya pendidikan yang menjadi kendala, maka Anda bisa menggunakan fasilitas pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar.

KoinPintar menawarkan pinjaman dana dengan suku bunga yang sangat rendah dibandingkan dengan suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain. Suku bunga tersebut mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun saja.

Setiap bunga dan beban yang timbul akan diinformasikan secara transparan dan terbuka. Sehingga tidak akan ada bunga yang bertambah atau jumlah cicilan yang berubah selama masa pembayaran.

Hal yang tidak kalah penting adalah pinjaman yang telah Anda ambil bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Kemudahan di atas bisa terjadi karena KoinPintar bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya yang mahal.

Semoga informasi di atas memberikan manfaat!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.