3 Cara Sederhana agar Lebih Cerdas Mengatur Keuangan – Ketika kita mendapatkan ataupun menghasilkan uang, hal tersulit adalah bagaimana cara mengaturnya.

Tak jarang ketika kita mendapatkan uang hal yang pertama yang terlintas di pikiran adalah apa yang kita ingin beli, bukan bagaimana cara mengatur pengeluaran dan pemasukan agar seimbang.

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Gaji “10 Koma” 

Mulai sekarang, sebaiknya anda mulai memikirkan bagaimana cara mengatur keuangan, agar tidak menyesal kemudian hari. Nah, berikut ini adalah 3 cara sederhana agar Anda lebih cerdas dalam mengatur keuangan.


3 Cara agar Lebih Cerdas Mengatur Keuangan

1Menyadari Pemasukan dan Pengeluaran Anda

cari instrumen investasi yang cocok trik sederhana investasi - jenis-jenis reksa dana

Mengatur keuangan bukan hal yang mudah, namun anda harus mulai berlatih untuk mengelolanya. Anda harus sadar berapa pemasukan Anda, kemana saja uang tersebut anda habiskan dan ada baiknya anda memiliki catatan tersendiri daftar pengeluaran yang anda akan atau pun telah dilakukan.

Baca Juga: 4 Jenis Orang Berdasarkan Cara Mereka Mengatur Anggaran Keuangan, Anda yang Mana?

Hal ini untuk menghindari istilah yang mengatakan besar pasak daripada tiang. Pengeluaran anda harus seimbang dengan pemasukan Anda. Hal ini juga berpengaruh untuk masa depan anda.

Ketika sedari muda kita sudah membiasakan diri untuk mengatur keuangan, anda memiliki kemungkinan sudah memiliki tabungan yang dapat menolong masa depan anda ketika dihadapi masa sulit ekonomi.


2Merencanakan Pengeluaran Anda

tabungan-rekening-menikah-buku-tagihan

Ketika merencanakan sesuatu, tak jarang hal tersebut dapat meleset dari rencana awal. Tapi, setidaknya anda sudah mengetahui kewajiban yang harus anda bayar.

Baca Juga: Cashless Lagi Tren! Ini 4 Cara Mengatur Keuangan Biar Kantong Aman

Contohnya, anda harus membayar listrik, air, cicilan, kartu kredit dan lain sebagainya. Ini juga dapat memudahkan anda ketika anda ingin membeli barang impian anda.

Jadi, anda sudah tahu persis seberapa banyak uang yang akan anda tabung dan keluarkan.

Agar uang yang anda miliki berputar, sisihkan lah dana untuk berinvestasi. Hal tersebut, dapat membantu anda dalam mengelola keuangan dalam jangka panjang.

Untuk hal ini anda jangan khawatir, anda bisa mencoba berinvestasi dengan sistem peer-to-peer lending seperti KoinWorks. Berinvestasi di KoinWorks anda dapat memulai dari nominal Rp 100.000 saja. Dan hasil investasi anda dapat tumbuh, dengan begitu anda dapat lebih mudah mencapai tujuan keuangan yang anda inginkan.


3Tahan Diri Anda Untuk Berbelanja

5 Jenis Kerajinan Tangan yang dapat Dijadikan Peluang Bisnis

Dimulai dari diri sendiri, kalau anda ingin lebih cerdas mengatur keuangan maka yang perlu anda lakukan adalah mengontrol diri. Ketika anda berbelanja barang kebutuhan, tak jarang anda ingin juga membeli barang-barang yang tidak ada dalam daftar belanja.

Baca Juga: 8 Langkah Menciptakan Rencana Keuangan yang Cerdas

Hal tersebut dapat menjerumuskan anda ke dalam sifat boros dan tak terkontrol. Oleh karena itu, pintar lah dalam menyadari kebutuhan, kewajiban dan keinginan. Sering terjadi karena hanya lapar mata, barang yang tidak dibutuhkan ikut terbeli dan berujung penyesalan.

Itulah 3 cara sederhana agar lebih mudah mengatur keuangan, jangan sampai penyesalan datang dimasa juta karena ketika muda tidak membiasakan diri untuk menabung.

Selamat mencoba!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.