Home » Blog » Gaya Hidup » 3 Tips Jitu Mengatur Uang ala Serial Game of Thrones

3 Tips Jitu Mengatur Uang ala Serial Game of Thrones

3 Tips Jitu Mengatur Uang ala Serial Game of Thrones

3 Tips Jitu Mengatur Uang ala Serial Game of Thrones – Jika Anda membuka Twitter, Anda akan menemukan kata kunci dengan tagar #GameofThrones yang menduduki Trending Topic nomor 1.

Tagar ini muncul lantaran para Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyebut serial ternama ini dalam Opening Plenary Pertemuan Tahunan IMF-World Bank, di Nusa Dua Convention Center, Bali, Jumat (12/10).

Baca juga: 5 Tips Sukses ala Najwa Shihab, Wanita Inspiratif Indonesia

Jokowi meramalkan bahwa Game of Thrones akan berakhir tahun depan. Di sisi lain, ia juga mengungkapkan bahwa akhir cerita dalam musim ke-8 menyuguhkan pertarungan penuh makna. Yang mana hal tersebut dihubungkan dengan perang dagang antara China dan Amerika Serikat.

Terlepas dari pidato Jokowi, tahukah Anda, ada 3 tips jitu mengatur uang ala serial Game of Thrones, lho! Yuk, simak!

3 Tips Jitu Mengatur Uang ala Serial Game of Thrones

Lunasilah seluruh utang Anda

12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai (6) - utang - kartu kredit - 9 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Yuk Jangan Boros! - tidak perlu berhutang

Berhutang merupakan kebiasaan buruk yang mampu mempengaruhi kesehatan finansial Anda. Memang, dengan berhutang, Anda bisa menunda pembayaran atas pembelian barang atau jasa.

Namun, jangan sampai Anda telat membayar kewajiban Anda, atau bahkan meminjam uang kepada orang lain demi menutupi utang tersebut. Jika kebiasaan buruk ini tidak segera dihentikan, bisa-bisa Anda terjebak dalam circle of debt.

Baca juga: Inilah 4 Inspirasi Bisnis dari Para Artis, Patut Dicoba!

Oleh karena itu, untuk mencegah kebiasaan berhutang, ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan. Mulai dari merencanakan keuangan, mulailah menabung secara berkala, belajar untuk tidak boros, menahan diri untuk membeli barang mahal yang sebenarnya tidak mampu Anda beli, serta hindari berhutang untuk hal-hal yang tidak produktif.


Persiapkan Dana Darurat sejak dini

mempersiapkan dana darurat - emergency fund

Banyak yang belum menyadari betapa pentingnya mempersiapkan Dana Darurat sejak dini. Padahal, ini merupakan sebuah langkah antisipatif yang perlu Anda lakukan, khususnya bagi Anda yang tidak ingin menguras tabungan secara mendadak sewaktu-waktu.

Mempersiapkan Dana Darurat tidaklah sulit. Anda perlu memahami lebih dulu bagaimana kondisi keuangan Anda saat ini. Kemudian, alokasikan 5-10% dari penghasilan Anda untuk Dana Darurat.

Baca juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Selamat

Supaya Dana Darurat tersebut tidak dipakai untuk masa-masa sekarang, mengapa tidak membuat rekening baru? Kemudian, jangan lupa, tekan pengeluaran Anda untuk sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu mendesak.


Mulailah berinvestasi sejak dini

6 Tanda Anda Belum Seharusnya Memiliki Rumah Baru, Jangan Dipaksakan - membeli rumah untuk investasi

Yang mutlak dari kepastian adalah ketidakpastian itu sendiri. Anda tidak akan bisa memprediksi bagaimana masa depan Anda nanti. Oleh karena itu, jangan membuang-buang waktu untuk menunda berinvestasi.

Ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda coba, mulai dari reksadana hingga peer-to-peer lending seperti KoinWorks.

Saat hendak mulai mendanai, ketahui dulu, apa tujuan Anda berinvestasi. Untuk mengumpulkan Dana Pensiun? Tambahan biaya pernikahan? Atau untuk memenuhi impian finansial Anda yang lainnya?

Baca juga: Berapa Banyak Uang yang Seharusnya Ada di Rekening Bank Anda?

Jika Anda ingin mulai mendanai, tetapi tidak memiliki banyak tabungan, tenang saja. Anda bisa berinvestasi di KoinWorks mulai dari Rp100 ribu saja. Anda bisa mendapatkan keuntungan mulai dari 18% per tahun. Inilah waktu yang tepat untuk melipatgandakan tabungan Anda!

KoinWorks sendiri sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan sehingga kepercayaan diri Anda akan lebih meningkat ketika hendak berinvestasi. Investasi sangat penting dilakukan demi memperbaiki kondisi finansial Anda.

Tertarik untuk mencobanya? Daftar di sini dan dapatkan saldo awal 50rb, ya!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​