Kiat Cerdas Mengelola Bonus dari Perusahaan – Perusahaan atau institusi tempat Anda bekerja pasti akan memberikan tambahan penghasilan berupa bonus kepada karyawannya.

Bonus yang didapatkan bisa dalam bentuk bonus akhir tahun, bonus kinerja, dan berbagai jenis bonus yang lainnya. Lantas, apa yang perlu dilakukan saat mendapatkan bonus dari perusahaan?

Baca juga: 5 Kebiasaan Belanja yang Membuat Utang Semakin Menumpuk, Segera Hentikan!

Cara terbaik yang bisa kami sarankan adalah meluangkan waktu untuk membuat perencanaan berkaitan dengan penggunaan tambahan uang tersebut.

Hal ini bermanfaat untuk menghindari diri Anda dari penggunaan uang yang tidak bermanfaat dan cenderung menghamburkan dana lebih.

Berikut ini kami akan menjelaskan kiat cerdas dalam mengelola bonus dari perusahaan dengan bijak.

Kiat Cerdas Mengelola Bonus dari Perusahaan dengan Bijak

1Cara Menyikapi Bonus yang Didapatkan

pinjaman-kredit-serah terima-modal-usaha

Bonus memiliki beberapa kelebihan yang bisa membantu Anda mencapai berbagai tujuan keuangan dengan lebih baik.

Dengan bonus yang didapatkan, Anda bisa menyimpan hampir 100% uang tersebut untuk mencapai tujuan keuangan atau Anda juga bisa menghabiskan semuanya tanpa ada sisa sama sekali.

Hal yang menentukan keputusan di atas adalah sikap dan pola pikir Anda dalam menyikapi bonus yang didapatkan.


2Mulai Merencanakan Penggunaan Uang Bonus

Cara Menerapkan Analisis Kompetitif untuk Bisnis - 1- digital marketing

Keputusan yang Anda ambil berkaitan dengan uang bonus tersebut menjadi cerminan tentang apa yang Anda inginkan di kemudian hari.

Mulailah berpikir dengan matang tentang apa yang benar-benar dibutuhkan dan paling penting Anda prioritaskan dalam hidup.

Baca juga: Tips Menghemat Uang Tanpa Mengorbankan Kehidupan Sosial Anda

Bayangkan apa yang Anda inginkan saat ini, satu tahun mendatang, sampai 10 tahun kedepan. Hal ini perlu dilakukan agar bisa membuat pilihan terbaik dengan uang Anda.

Hal yang perlu diperhatikan adalah Anda tidak akan pernah mengumpulkan uang untuk berlibur ke luar negeri, jika Anda sendiri lebih suka menghabiskan uang untuk membeli gadget terbaru.

Anda juga tidak akan mampu mempersiapkan dana pendidikan terbaik untuk anak, jika saat ini lebih memilih untuk membelanjakan uangnya untuk membeli pakaian mewah.

Tuliskan di sebuah kertas tentang apa penggunaan terbaik atas uang yang telah Anda dapatkan. Hal ini perlu untuk dilakukan agar Anda benar-benar mampu melakukan hal yang terbaik atas bonus yang didapatkan.


3Buat Keputusan yang Tepat Berkaitan Bonus

6 Tanda Anda Belum Seharusnya Memiliki Rumah Baru, Jangan Dipaksakan - 5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Rumah Baru

Jika Anda sudah menentukan apa penggunaan terbaik atas uang bonus yang didapatkan, maka inilah saatnya untuk membuat keputusan terbaik. Anda bisa membuat sebuah kebijakan sederhana tentang penggunaan uang yang didapatkan.

Misalnya saja seperti ini, Anda akan menggunakan 70% uang bonus untuk disimpan membayar DP rumah, 10% untuk membeli apapun yang Anda inginkan, dan sisa 20% untuk berinvestasi.

Persentase tersebut hanyalah angka kasar dan bisa Anda sesuaikan berdasarkan keputusan yang menurut Anda paling baik untuk dilakukan.

Tidak perlu membuat kebijakan yang rumit dan sulit untuk diterapkan, Anda hanya perlu membuat aturan yang sederhana dan bisa diterapkan dengan mudah.  

Pilihan investasi apa yang bisa Anda gunakan dari uang bonus tersebut? Anda bisa memilih instrumen investasi yang membuat Anda nyaman dan bisa dimulai dengan modal yang sangat rendah. Salah satu pilihan investasi yang bisa dipilih adalah investasi peer to peer lending yang ditawarkan oleh KoinWorks.

Berinvestasi di KoinWorks bisa Anda mulai dengan modal uang yang sangat rendah yaitu hanya dengan Rp100.000 saja. Jumlah yang terbilang kecil dan sangat ringan untuk ukuran investasi yang bisa dilakukan masyarakat Indonesia.

Baca juga: 4 Jenis Investasi yang Harus Dicoba Sebelum Memasuki Usia 30 Tahun

Tingkat imbal hasil dari investasi yang Anda lakukan berada di atas laju inflasi tahunan Indonesia. Dengan demikian, investasi yang Anda lakukan bisa memberikan hasil yang sangat optimal dan juga bisa mendukung Anda mencapai berbagai tujuan keuangan di masa depan.

Nah, hasil investasi yang Anda dapatkan bisa digunakan untuk memenuhi berbagai tujuan keuangan di masa depan. Misalnya saja untuk membayar DP rumah, biaya menikah, biaya berlibur, dana pendidikan anak Anda, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja! Investasi yang Anda lakukan di KoinWorks juga akan berkontribusi terhadap perkembangan perekonomian di Indonesia.

Hal ini bisa terjadi karena KoinWorks merupakan instrumen investasi peer to peer lending yang akan mempertemukan para investor dengan para pihak yang membutuhkan pinjaman dana.

Sebagian besar pihak yang membutuhkan dana pinjaman adalah para pelaku UMKM yang ingin mengembangkan bisnis mereka. Ya, sebuah kerja sama yang sama-sama menguntungkan!

Di satu sisi Anda mendapatkan imbal hasil atas investasi yang dilakukan dan di sisi yang lain pelaku UMKM mendapatkan kemudahan pinjaman untuk mengembangkan usaha mereka.


4Hal Penting yang Harus Diprioritaskan

4 Cara Menjalani Gaya Hidup Minimalis Untuk Berhemat Banyak Uang - 4 Cara Efektif Mencapai Resolusi Keuangan yang Telah Ditetapkan - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!

Ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan untuk menjadi prioritas, saat Anda akan menggunakan uang bonus yang didapatkan. Sebelum Anda menggunakannya untuk berinvestasi, bersenang-senang, atau sebagai simpanan ketahui beberapa hal ini terlebih dahulu.

Apakah Anda memiliki utang yang menjerat keuangan? Apakah Anda memiliki dana darurat di rekening Anda?

Jika Anda memiliki dua hal yang kami sebutkan di atas, maka pertimbangkan untuk menggunakan uang bonus untuk membayar hutang dan dana darurat terlebih dahulu.

Kedua hal tersebut jauh lebih penting untuk dipersiapkan sebelum Anda mulai berinvestasi dan menggunakan uang bonus untuk bersenang-senang.

Semoga bermanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.