7 Cara Ampuh Agar Generasi Millennial Berhasil Mengelola Gaji Bulanan – Generasi millennial hidup pada zaman yang semakin dimudahkan dengan kemajuan teknologi dan informasi.

Hanya berbekal perangkat elektronik seperti smartphone atau laptop, mereka sudah bisa melakukan apapun dari mana saja.

Baca juga: 8 Langkah Menciptakan Rencana Keuangan yang Cerdas

Mulai dari membeli pakaian melalui e-commerce, memesan makanan dan minuman, menggunakan jasa transportasi, sampai berhubungan dengan rekan kerja atau teman.

Berbagai kemudahan yang dirasakan oleh generasi millennial membuat mereka bisa dengan mudah juga mengeluarkan uang ke berbagai hal.

Baca juga: 7 Ilmu Bisnis dari McDonald yang Bisa Anda Pelajari

Masalahnya, ada sebagian dari mereka yang tidak mampu menentukan apakah pengeluaran yang dilakukan benar-benar penting atau hanya sekadar keinginan yang bisa ditunda.

Untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh millennial di atas, kali ini kami akan menjelaskan tentang 7 tips keuangan yang bisa diterapkan untuk memperbaiki masalah keuangan mereka.

7 Tips Mengelola Gaji Bulanan untuk Millennial

1. Temukan Pekerjaan Sampingan

freelance - freelancer - kerja lepas - freelancing - bisnis tanpa karyawan

Cara pertama untuk mengelola gaji bulanan adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Ya, kita tidak pernah mengetahui masalah keuangan yang akan dihadapi di masa depan. Oleh karena itu, mempersiapkan rencana B merupakan hal yang tepat untuk dilakukan.

Mulailah mempersiapkan hal-hal yang tidak terduga seperti penurunan pendapatan atau kehilangan pekerjaan utama dengan menciptakan bisnis paruh waktu.

Baca juga: Agar Keuangan Masa Depan Terkendali, Berikut Rencana Keuangan yang Tepat Untuk Anak Millennial

Bisnis sampingan yang dimiliki mampu menjadi penopang, disaat Anda mengalami masalah keuangan seperti PHK atau penurunan pendapatan di masa depan.


2. Temukan Perusahaan yang Menghargai Kinerja dan Kompetensi Anda

Luar Biasa! Ini 6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya Seperti Saat Ini

Jangan pernah bekerja penuh waktu selama 40 jam seminggu di sebuah perusahaan yang tidak mampu menghargai keterampilan dan kinerja yang Anda miliki.

Jangan sia-siakan hidup Anda, keluar dan carilah perusahaan yang benar-benar mampu menghargai kinerja yang dimiliki.

Baca juga: 7 Cara Hidup Enak Sambil Tetap Bisa Menabung dan Berinvestasi

Ada banyak sekali perusahaan di luar sana yang menawarkan peluang pendapatan yang lebih besar untuk kesejahteraan Anda dan keluarga.


3. Jadilah Orang yang Aktif dalam Hal Keuangan

pendapatan dari gaji - uang - Investasi Dengan Modal Rp 1 Juta - Mengumpulkan Modal Investasi - Faktor Melemahnya Rupiah

Cara selanjutnya untuk mengelola gaji bulanan adalah jangan menjadi orang yang pasif dalam hal keuangan yang dimiliki. Mengapa? Sebab, melakukan hal ini sama saja membawa bencana keuangan yang tidak disadari.

Baca juga: 5 Aturan Penting Saat Membangun Kekayaan, Terapkan Sejak Dini dan Jangan Ditunda!

Anda mampu mengendalikan keuangan yang dimiliki dengan cara membuat anggaran, melakukan investasi, dan menghilangkan berbagai utang yang ada.

Dengan cara di atas, Anda bisa lebih mudah mengetahui ke mana perginya uang yang dimiliki selama ini.


4. Berinvestasilah pada Diri Anda Sendiri

pelaku bisnis online - seminar KoinWorks

Saat ini Anda masih muda, jangan sia-siakan usia dengan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Mulailah berinvestasi pada diri Anda sendiri dengan mengikuti berbagai seminar pengembangan diri, mengikuti workshop yang menambah keterampilan, atau mengikuti berbagai pelatihan yang ada.

Baca juga: Investor Harus Tahu! Ini 9 Pertimbangan Penting Sebelum Investasi Properti

Melalui aktivitas di atas, Anda bisa lebih berkembang serta memiliki keterampilan yang lebih baik dan pada akhirnya bisa membantu untuk menambah penghasilan yang dimiliki.

Misalnya saja melalui workshop keterampilan berbisnis, Anda memiliki kemampuan untuk berani memulai usaha sampingan dan hal inilah yang akan berpotensi menambah pemasukan di masa depan.

Jangan pernah berhenti belajar!


5. Manfaatkan Teknologi yang Bisa Membantu

memanfaatkan teknologi - Mengembangkan Bisnis Online

Generasi millennial hidup dengan berbagai kemudahan teknologi. Jangan hanya memanfaatkan teknologi tersebut untuk chatting dengan teman, melakukan video call, atau streaming video saja. Ada banyak sekali hal-hal bermanfaat yang membantu Anda dalam masalah keuangan.

Baca juga: 10 Hal yang Harus Anda Lakukan Sekarang Juga Jika Tidak Ingin Menyesal Di Masa Depan

Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi anggaran keuangan yang sudah tersedia secara gratis untuk digunakan. Aplikasi seperti ini akan sangat memudahkan untuk melacak keuangan yang keluar selama sebulan.


6. Miliki Tabungan Darurat Sebagai Prioritas

mempersiapkan dana darurat

Banyak sekali generasi millennial yang salah dalam menentukan prioritas keuangan pada beberapa tahun ke depan.

Hal ini diungkapkan pada laporan yang dikeluarkan oleh Millennial Money Mindset Report yang menunjukkan bahwa 68% generasi millennial mengatakan tujuan utama mereka dalam 5 tahun ke depan adalah menabung untuk berlibur.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kecanduan Berbelanja Online, Cocok Diterapkan Bagi Anda yang Gila Belanja

Jika Anda memiliki pemikiran yang serupa, maka segera perbaiki pola pikir yang demikian. Ketahuilah bahwa, sebesar apapun pendapatan yang Anda hasilkan saat ini, mempersiapkan dana darurat adalah prioritas yang perlu didahulukan.

Jumlah dana darurat yang perlu Anda persiapkan adalah sebesar 6 kali pengeluaran selama sebulan.

Nah, dengan demikian, Anda bisa mengelola gaji bulanan dengan lebih baik dan bermanfaat.

Baca juga: 5 Penulis Wanita dengan Pendapatan Fantastis di Dunia

Perlu disadari, memiliki dana darurat merupakan hal yang perlu diprioritaskan, karena dana tersebut bisa membantu Anda bertahan saat melalui masalah keuangan yang bisa saja terjadi di masa depan.


7. Berinvestasilah Sejak Dini

Cara Menghindari Inflasi Dengan Investasi Online - investasi paling menguntungkan - menurut zodiak

Mempersiapkan masa depan harus Anda lakukan sejak muda. Dengan berinvestasi, Anda lebih mudah mencapai berbagai tujuan keuangan yang diinginkan di masa depan seperti membeli rumah, membeli kendaraan yang menunjang pekerjaan, berlibur bersama keluarga, dan lain sebagainya.

Berinvestasi itu mahal!

Baca Juga: Begini 5 Cara Menyimpan Uang yang Lebih Praktis

Eitss… hangan pernah memiliki pola pikir yang demikian. Saat ini sudah banyak sekali investasi yang bisa Anda mulai hanya dengan bermodalkan sedikit uang saja.

Salah satu instrumen investasi yang bisa dilakukan adalah dengan berinvestasi di peer-to-peer lending seperti KoinWorks. KoinWorks merupakan instrumen investasi yang bisa dimulai dengan modal Rp100.000.

Baca Juga: Jangan Terburu-Buru! Ini 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Meskipun modal untuk memulainya sangat minim, imbal hasil yang bisa didapatkan sangat tinggi yaitu, mampu mencapai bunga efektif 18% dalam setahun.

Sudah saatnya generasi millennial memiliki rencana keuangan sejak muda agar mampu mencapai berbagai tujuan keuangan di masa depan dengan lebih mudah.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.