Ingin Mewujudkan Kebebasan Finansial? Ini 4 Kiat Mengelola Keuangan dengan Bijak – Pengelolaan keuangan yang buruk akan membuat seseorang merasa bersalah dan akhirnya akan mengarah kepada pengelolaan keuangan yang lebih buruk lagi.

Alih-alih terjebak dalam lingkaran perasaan bersalah dan malu, Anda perlu membuat perubahan yang disengaja dan mengikuti tahapan proses perbaikan.

Jangan hanya menyalahkan diri sendiri saat mengelola keuangan dengan buruk. Lakukan 4 kiat di bawah ini untuk membantu Anda lebih mudah saat mengelola keuangan.

4 Kiat Mengelola Keuangan dengan Bijak

1Membuat Penghematan dalam Jumlah Kecil

Siapa bilang kalau punya gaji UMR tidak bisa nabung dan investasi - Tips Hemat Selama Bulan Ramadhan - Tips Menabung Untuk Anak Muda

Membuat anggaran dan melakukan penghematan bukan dengan memasukkan sejumlah besar uang ke dalam tabungan sekaligus. Jika langsung memaksakan diri melakukannya, hal ini sering mengarah pada kegagalan dan akhirnya membuat Anda merasa bersalah.

Mulailah terlebih dahulu dengan menghemat sejumlah kecil uang dan sesuatu yang yakin tidak akan sulit untuk dikelola. Seiring dengan waktu, jumlah kecil yang Anda hemat akan bertambah seiring dengan perubahan penghasilan yang didapatkan.


2Jangan Lupa untuk Menyertakan Anggaran Hiburan

menonton film - Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil -

Anggaran keuangan bukan hanya berisi tentang beberapa kategori yang wajib dikeluarkan saja setiap bulan, seperti makanan, sewa rumah, utilitas, dan lain sebagainya.

Tidak ada salahnya untuk menyertakan anggaran hiburan setiap bulan, seperti untuk minum kopi, pergi ke bioskop, atau membeli pakaian.

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah pastikan Anda membaginya dalam jumlah yang wajar dan seimbang.

Jangan menghabiskan semua penghasilan Anda hanya untuk hiburan dan kesenangan semata. Sebagai langkah awal, Anda bisa menyisihkan sebesar 10% dari gaji yang dimiliki sebagai anggaran hiburan.


3Prioritaskan Berbagai Biaya Tetap

Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil - 5 Manfaat Mengejutkan yang Bisa Didapatkan Saat Anda Menyewa Mobil - 5 Manfaat Menyewa Mobil Dibanding Membelinya - 4 Kebiasaan yang Bikin Anda Boros Bahan Bakar Saat Mengendarai Mobil - cara membeli mobil

Tagihan listrik, sewa rumah, cicilan mobil, dan makanan adalah beberapa contoh biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Saat Anda lewat atau terlambat untuk membayar biaya tersebut, biasanya akan ada beban tambahan yang muncul dan ini akan semakin memberatkan anggaran keuangan rumah tangga.

[baca juga]

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memprioritaskan dahulu anggaran ini dan pastikan semua biaya dibayar lebih awal setiap bulan. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat pembayaran menjadi otomatis untuk mengurangi kemungkinan terlambat bayar.


4Ingat, Semua Proses Membutuhkan Waktu

cara mengatur waktu - waktu produktif - Sukses Berkat Pendekatan 5 Jam ala Michael Simmons, Apa Itu?

Saat akan melakukan perubahan positif pada situasi keuangan, setiap orang membutuhkan waktu dan pasti ada kendala saat menjalankan prosesnya.

Oleh karena itu, saat ada masalah dalam proses mengelola keuangan, Anda harus mengingat bahwa ini sangat wajar terjadi.

Jika Anda mengetahui bahwa hal tersebut adalah bagian dari perjalanan, maka Anda jauh lebih besar kemungkinan untuk tidak mundur dan menyerah.

Saat hambatan ada di depan mata dan menghalangi perjalanan, Anda hanya perlu bangkit dan tetap berpegang teguh pada rencana awal.


5Mulai Investasi dengan Instrumen yang Sederhana dan Modal yang Kecil

emas-untung-tukar-investasi

Dalam mengelola keuangan, Anda juga perlu menyisihkan sebagian penghasilan untuk dimasukkan ke dalam investasi dan tabungan. Melalui investasi, dana yang dimiliki bisa lebih berkembang nilainya di masa depan.

Bagi Anda yang takut dengan resiko investasi dan memiliki dana yang terbatas untuk memulai berinvestasi, maka kami memiliki instrumen yang menarik untuk digunakan. KoinWorks bisa menjadi produk investasi peer-to-peer lending yang cocok untuk para pemula.

Dengan berinvestasi di KoinWorks, Anda tidak perlu khawatir dengan resiko karena terdapat fasilitas dana proteksi sampai dengan 100% untuk para investor. Persentase dana proteksi yang akan didapatkan tergantung dengan tingkat resiko yang diambil.

Hal yang menarik lagi adalah untuk mulai berinvestasi di KoinWorks, Anda hanya perlu mempersiapkan dana sekitar Rp100.000 saja.

Dengan dana yang terbatas, potensi imbal hasil yang bisa didapatkan mencapai 21,32% per tahun. Imbal hasil yang jauh lebih besar daripada bunga tabungan dan deposito.

Anda tertarik untuk mulai berinvestasi?

Pengelolaan keuangan adalah proses yang dilakukan secara bertahap dan tidak bisa dilakukan sekaligus.

Oleh karena itu, setiap kesalahan pada awal mengelola keuangan adalah wajar dan tidak perlu dipermasalahkan secara berlebihan. Nah, 4 kiat yang disampaikan di atas akan membantu Anda agar bisa lebih mudah dalam mengelola keuangan.

Semoga bermanfaat!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.