Home Daily 4 Cara Pintar Mengelola Keuangan untuk Pemula

4 Cara Pintar Mengelola Keuangan untuk Pemula

•

4 Cara Pintar Mengelola Keuangan untuk Pemula – Setiap orang pasti merasakan kesulitan dalam hal mengelola keuangan mereka. Terlebih lagi jika Anda masih awam dengan tips dan trik cara mengatur keuangan yang tepat.

Hal tersebut bisa memungkinkan setiap pendapatan yang Anda miliki selalu tidak mencukupi sampai akhir bulan dan itu sangat membuat Anda merasa kesal.

Berdasarkan data riset dari Kadence Internasional pada 2015 mengungkap, sebesar 28% warga Indonesia punya gaya hidup konsumtif yang tidak sehat. Orang-orang ini memiliki pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan yang mereka terima.

Baca juga: Merdeka Finansial Bukan Lagi Impian, Terapkan 5 Kebiasaan Ini!

Data tersebut juga menunjukkan bahwa, lebih dari 90% pemilik bisnis kecil tidak memiliki keuangan yang akurat, dapat diandalkan, dan mutakhir. Alasan yang kerap muncul adalah, mereka merasa mengatur keuangan memakan waktu, rumit, dan mahal.

Jika dilihat dari data tersebut, masih terdapat orang-orang, khususnya masyarakat di Indonesia yang belum paham cara mengatur keuangan yang tepat sehingga terciptanya pemasukan dan pengeluaran yang seimbang.

Nah, berikut ini KoinWorks akan memberikan 4 langkah awal yang bisa Anda terapkan cara mengelola keuangan untuk pemula.


4 Cara Pintar Mengelola Keuangan untuk Pemula

1
Tetapkan Niat Anda

tetapkan niat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bagian tersulit dalam mencapai tujuan apa pun adalah memulai. Dalam kasus rencana untuk mengelola keuangan, adalah dengan menabung.

Sebagian besar dari kita pastinya memiliki keinginan untuk menabung dan apa yang akan kita lakukan dengan tabungan tersebut. Namun, seringkali kita tetap menunda rencana tersebut sampai kita memiliki rencana baru untuk menabung jika “menghasilkan lebih banyak uang”.

Untuk bisa terwujudnya rencana menabung Anda, langkah pertama yang bisa Anda coba adalah dengan membuat anggaran.

Anggaran adalah rencana untuk berapa banyak uang yang akan Anda keluarkan selama periode waktu tertentu.

Kami menyarankan Anda untuk memulai dengan membaginya berdasarkan bulan. Jika Anda menghasilkan Rp5.000.000 sebulan, maka anggaran Anda harus memperhitungkan bagaimana setiap nominal itu akan dihabiskan atau disimpan.

Cara termudah dan terbaik untuk menghemat adalah dengan menghabiskan lebih sedikit uang setiap bulan. Tetapkan tujuan yang realistis dan perlahan-lahan buktikan kepada diri sendiri bahwa Anda bisa mengurangi biaya hidup Anda.

Kami sarankan untuk berfokus pada kebutuhan sehari-hari terlebih dahulu, seperti kebutuhan makan dan transportasi. Jika sampai saat ini Anda terlalu banyak mengeluarkan uang untuk makan di luar, mulailah dengan memasak di rumah.

Untuk transportasi, Anda bisa pertimbangkan kembali untuk menggunakan kendaraan pribadi. Atau, mulailah cari alternatif transportasi lain yang memungkinkan Anda untuk meminimalisir anggaran.

Satu lagi yang perlu Anda ingat adalah, untuk menyimpan kartu kredit Anda dan tidak menggunakannya sampai Anda dapat mengatur keuangan. Karena, Anda akan membayar lebih banyak uang dengan tambahan bunga jika berbelanjan menggunakan kartu kredit.


2
Gunakan Rumus untuk Mengatur Anggaran

rencana anggaran- psbb jakarta

Jika Anda sudah membaca poin nomor satu, dan masih bingung bagaimana cara mengaturnya, adalah langkah yang tepat untuk melanjutkan ke poin ini!

Baca juga: Kiat Mencapai Kebebasan Finansial untuk Generasi Milenial

Terdapat suatu formula yang bisa Anda gunakan, ketika akan mengatur keuangan. Adapun, pada formula ini, selain bisa mengatur keuangan dengan baik, Anda pun akan mendapatkan keuntungan lainnya. Seperti memiliki dana persiapan untuk masa tua atau mempersiapkan dana untuk suatu impian.

Berikut adalah formula yang bisa Anda gunakan untuk mengatur keuangan.

7 Tips Membuat Gaji Freelancer Sebagai Penghasilan Utama-kegagalan bisnis - asuransi properti-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Berinvestasi- meneliti investasi-Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan-5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! - tips investasi untuk anak muda - kegagalan bisnis - cara mengatur keuangan-menabung- 5 Cara Cerdas Mengatur Finansial untuk Freelancer- cara-mudah-milenial-cepat-kaya-percaya-diri-sendiri-investasi sbr005 - 3 Keuntungan Membeli SBR005, Alternatif Investasi Pilihan Anak Muda-cara-milenial-kaya-menabung-Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - 10 Hal Yang Harus Dilakukan Milenial untuk Keuangan Mereka Tahun Ini-Kiat Mencapai Kebebasan Finansial untuk Generasi Milenial - punya pengasilan tanpa kerja- 4 Cara Pintar Mengelola Keuangan untuk Pemula

Dengan formula tersebut, Apakah Anda sudah siap untuk mengatur keuangan Anda agar menjadi lebih baik?


3
Memanfaatkan Teknologi

Manfaatkan Teknologi di Sekitar Anda

Keberadaan teknologi yang semakin canggih, tentunya juga bisa mempermudah kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, langkah tepat yang bisa Anda gunakan untuk mengelola keuangan Anda, adalah dengan memanfaatkan teknologi di sekitar.

Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi pengelola finansial.

Sudah banyak aplikasi finansial yang berfungsi untuk mencatat dan menghitung keuangan Anda secara otomatis, tentu saja ini akan sangat membantu Anda dalam mengatur finansial bulanan.

Pada poin kedua, kami telah menjelaskan mengenai formula pembagian anggaran untuk mengatur keuangan. Satu diantaranya adalah, menyisihkan 20% untuk investasi.

Lalu, apa hubungannya pemanfaatan teknologi investasi dengan mengatur keuangan?

Berkat kecanggihan teknologi saat ini, berinvestasi atau mendapatkan dana tambahan baik untuk bisnis atau pribadi sangatlah mudah.

Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menjadi bagian dari mengatur keuangan Anda.

Misalnya seperti meanfaatkan kehadiran fintech lending atau platform peer-to-peer lending dari KoinWorks.

KoinWorks merupakan perusahaan fintech berbasis peer-to-peer lending (P2P Lending) yang mempertemukan pendana dan peminjam dalam satu platform online dengan teknologi mutakhir.

Selain mendanai dan memperoleh keuntungan berlipat, Anda juga bisa mendaftar sebagai peminjam dana di KoinWorks.

Khusus bagi Anda yang tengah kesulitan mengembangkan bisnis atau kesulitan melunasi biaya pendidikan di sekolah atau kampus Anda, KoinWorks adalah solusi yang tepat.

Sebab, Anda akan mendapat pinjaman dana di KoinBisnis dan KoinPintar mulai dari Rp 10 juta – Rp 2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau yaitu sebesar 0.75% – 1.67% per bulannya tergantung tenor waktu yang Anda pilih.

Dengan memanfaatkan teknologi masa kini, Anda tidak akan kesulitan untuk mengatur kebutuhan finansial Anda, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.


4
Saatnya Mulai Pikirkan Keinginan Anda

5 Hal Menakjubkan yang Akan Terjadi Apabila Kamu Tidak Berhenti Belajar - keyakinan lebih tinggi

Jika Anda telah mempraktikan ketiga langkah di atas, Saatnya Anda harus bangga pada diri sendiri! Anda telah menetapkan tujuan yang ambisius untuk menjadikan kehidupan finansial Anda menjadi lebih baik!

Berikut tadi adalah 4 cara pintar mengelola keuangan untuk pemula. Sekarang, saatnya Anda dapat mulai memikirkan mimpi lain seperti menabung untuk biaya kuliah anak Anda, memiliki rumah sendiri bahkan berlibur ke luar negeri, Yeay!


Artikel lainnya:

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.