Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » Mengenal Apa Itu Digital Banking Dan Keuntungannya Bagi Bisnis Kamu

Mengenal Apa Itu Digital Banking Dan Keuntungannya Bagi Bisnis Kamu

·
4 menit

Saat ini transformasi bisnis dunia digital merupakan hal yang cukup penting. Tak terkecuali pula untuk bisnis perbankan.

Terlebih lagi Bank Indonesia sendiri telah menetapkan 5 visi dari percepatan digitalisasi keuangan, nah salah satunya adalah mengenai digital banking.

Apa Itu Digital Banking

Digital banking merupakan aktivitas perbankan yang sepenuhnya dilakukan di internet. Pastinya kamu sudah akrab kan dengan internet banking dan mobile banking.

Dua istilah yang terdapat dalam perbankan ini memiliki makna yang berbeda lho. Memang keduanya sama-sama membutuhkan dunia digital, baik yang menggunakan SMS, maupun yang menggunakan dunia internet.

Tetapi fitur-fiturnya sangat terbatas. Yang mana keduanya hanya memiliki layanan deposito, pembayaran, transfer uang, dan lain-lain. Sedangkan untuk sisanya hanya dapat dilakukan pada bank offline.

Nah, dengan memanfaatkan digital ini, tentunya bisnis perbankan dapat berjalan tanpa hambatan, baik dari sisi tempat maupun waktu.

Semua layanan perbankan dapat masuk ke dalam transformasi dari digital banking.

Dari mulai pembukaan rekening, penyediaan informasi, hingga melakukan akses ke berbagai produk perbankan seperti kredit, deposito, tabungan, dan lainnya. Gimana, cukup praktis kan?

Coba deh kamu bandingkan layanan dari bank konvensional dengan digital banking. Bank konvensional hanya dapat melakukan pembukaan rekening melalui walk-in atau datang langsung ke bank.

Hal ini dikarenakan verifikasi data nasabah harus dipastikan akurat. Jika dilihat ATM pun belum dapat melengkapi kemampuan tersebut.

Tidak hanya itu saja, informasi produk yang memang dibutuhkan oleh konsumen pun hanya dapat diperoleh melalui petugas bank.

Mungkin ATM bisa menyediakan informasi dari layar. Tetapi jika diterapkan, hal ini justru dapat menimbulkan antrian yang akan membuat penggunaan ATM tidak lagi efektif.

Belum lagi, ketika nasabah ingin sekali melakukan pengajuan kredit dengan aman dan cepat. Mungkinkah dapat dilakukan melalui ATM? Pastinya tidak akan mudah.

Nah, digital banking dapat memberikan solusi terhadap setiap tantangan tersebut. Dengan kemudahan yang ditawarkannya, sehingga tak mengherankan jika bank nasional maupun daerah yang saat ini telah melakukan transformasi digital.

Ketika transformasi untuk menggunakan digital banking tidak dijadikan sebagai prioritas, bisa saja nasabah beralih kepada kompetitor yang memang telah lebih dulu menerapkannya.

Keuntungan Digital Banking Bagi Bisnis

Yang pasti setiap orang perlu mengikuti arus perkembangan teknologi, salah satunya dalam industri digital, yaitu digital banking.

Dengan adanya kemudahan teknologi keuangan ini, pastinya akan memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam pengelolaannya.

Ada banyak keuntungan yang bisa akamu dapatkan ketika memanfaatkan digital banking. Penasaran apa aja? Yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

  1. Efisiensi Bisnis

Tahukah kamu bahwa platform digital bukan hanya memperbaiki interaksi dari sisi Bank dengan nasabah saja ya, tetapi juga menyediakan metode agar dapat membuat fungsi internal menjadi semakin efisien.

Karena dengan platform digital ini urusan bisnis yang berkaitan dengan perbankan dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

Tidak perlu lagi deh terkendala oleh berbagai hal, misalnya mengeluarkan biaya transportasi agar dapat melakukan proses transaksi.

  1. Semua Serba Online

Ketika kamu tidak mengambil langkah untuk masuk ke dunia digital banking, bisa saja bisnis perbankan yang kamu miliki akan tertinggal.

Perlu kamu ketahui ternyata saat ini sudah banyak perbankan yang berlomba-lomba untuk melakukan percepatan transformasi dari segi digital lho.

Gimana, apakah kamu tidak ingin maju seperti mereka? Bahkan, data terbaru telah menyebutkan jika pertumbuhan aktivitas online pada bank yang telah menerapkan digital banking dapat mencapai 88% lho. Luar biasa, ya?

  1. Lebih Aman

Tentu saja transaksi digital akan menjanjikan keamanan yang ternyata lebih baik bagi para nasabah.

Hal ini dikarenakan teknologi saat ini sangat memungkinkan adanya enkripsi yang canggih agar dapat melindungi privasi nasabah ketika ingin melakukan transaksi.

Tidak hanya itu, ada pula proteksi firewall berlapis supaya mencegah serangan hacker dalam mengambil keuntungan.

Hal ini berarti dana para nasabah akan terjamin keamanannya. Di sisi lain pastinya nasabah tidak perlu lagi mengambil uang yang dimilikinya secara tunai.

Selain transfer yang dilakukan secara online akan sangat memudahkan nasabah, hal ini pun dapat meminimalkan ancaman dari tindak kejahatan.

  1. Lebih Hemat Biaya

Sudah pasti bahwa salah satu keuntungan dari digital banking ini adalah efisiensi. Kamu tak perlu lagi deh menyediakan formulir transaksi atau melakukan print out. Mengapa? Karena semuanya dapat dilakukan paperless.

Karena semua layanan dapat dilakukan secara online, kamu pun tak perlu bingung lagi menambah kantor cabang agar dapat melakukan pelayanan yang banyak.

Jika dilihat dari sisi nasabah sendiri, tentunya hal ini bisa semakin menghemat biaya. Karena para nasabah tidak perlu lagi mendatangi kantor untuk memperoleh informasi yang ternyata dapat diakses secara online.

  1. Menawarkan Banyak Kemudahan

Dari pihak perbankan sendiri, digital banking akan memberikan proses yang tentu saja lebih sederhana.

Tidak hanya dari sisi otorisasi saja, namun juga dari sisis transaksi yang dilakukan. Jika sudah begini, berbagai aktivitas dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Bagaimana dari sisi nasabah? Tentunya mereka tidak harus mengantre lama-lama di depan counter jika ingin mendapatkan pelayanan.

Karena semua layanan dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi atau website yang disediakan.

Ditambah lagi ketika pihak bank melakukan kerja sama terhadap berbagai merchant online, maka aktivitas belanja para nasabah bisa semakin mudah.

  1. Dapat Diakses Kapan Saja

Tidak seperti halnya dengan bisnis konvensional, tentunya bisnis digital akan memungkinkan konsumen dapat dilayani dengan baik sampai 24 jam penuh.

Tidak hanya itu, sudah pasti bahwa pembelian produk pun tidak harus menunggu jam buka kantor terlebih dahulu.

Nasabah dapat melakukan transaksi perbankan dengan mudah kapan saja ketika menggunakan sistem ini.

Sehingga tidak perlu lagi deh meluangkan waktu pada jam operasional bank jika ingin membuka rekening, misalnya.

Bahkan nasabah tidak perlu lagi menunggu sampai hari kerja. Berbagai kebutuhan transaksi dapat dilakukan secara realtime.

Sehingga semakin besar pula peluang nasabah untuk melakukan transaksi yang dapat menguntungkan untuk bisnis yang kamu miliki.

  1. Siap dalam Mengelola Big Data

Tahukah kamu bahwa salah satu peran dari teknologi yaitu dapat membantu kamu melakukan sesuatu dengan tepat dan cepat berdasarkan data.

Tentunya digital banking mempunyai kelebihan ini daripada bank konvensional. Kamu dapat mengetahui data transaksi nasabah dengan lengkap.

Dari mulai jenis transaksi yang telah dilakukan hingga kebiasaan aktivitas online para nasabah.

Pastinya hal ini penting agar dapat mempromosikan produk yang memang dibutuhkan oleh mereka.

Kamu pun dapat menentukan maupun merancang seperti apa strategi pengembangan bisnis secara akurat.

Bagaimana, sudah tahu kan apa itu digital banking dan berbagai keuntungannya untuk bisnis? Untuk itu, yuk segera manfaatkan digital banking sekarang juga.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat