Mengenal Saham-Saham Blue Chip Di BEI – Bagi mereka yang menyukai investasi mudah tentu investasi di Bursa Efek Indonesia bukanlah pilihan.

Akan berbeda bagi mereka yang lebih suka investasi penuh risiko tapi juga memiliki tingkat keuntungan yang lebih besar. Investasi saham di BEI menjadi hal yang disukai oleh mereka yang tidak takut risiko dan ingin mendapatkan penghasilan yang besar dari investasi tingkat mudah.

Jadi, tingkat risiko investasi memang berbeda tergantung dari tingkat keuntungan yang akan didapatkan nantinya.

Nah, bagi Anda yang memang tertarik untuk berinvestasi di instrumen saham, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih jauh apa itu saham blue chip dan saham apa saja yang masuk ke daftar blue chip. Penasaran? Simak pembahasannya di bawah ya!


Mengenal Saham-Saham Blue Chip Di BEI

1Apa Itu Saham Blue Chip?

Memahami Mekanisme Penerbitan Obligasi di Pasar Keuangan Global

Dari berbagai tipe investasi, ada investasi yang dikenal dengan saham Blue Chip.  Banyak dari investor pemula atau calon investor yang belum tahu tentang saham blue chip ini. Saham blue chip atau big cap bisa diartikan sebagai saham papan atas atau saham unggulan.

Artinya, saham yang masuk dalam kategori ini adalah saham dengan angka kapitalisasi pasar yang besar yakni di atas Rp 40 triliun. Tentu, dengan nilai pasar saham sebesar itu, bukanlah perusahaan main-main atau abal-abal yang tergolong memiliki saham blue chip.

Baca Juga: Akun Instagram Saham Ini Bisa Bikin Investor Pemula Makin Jago!

Perusahaan dengan kategori saham blue chip ini adalah perusahaan besar, memiliki etos dan kinerja yang baik, fundamental yang baik serta dikelola oleh orang-orang professional.

Selain itu, perusahaan ini juga bergerak di bidang industri di mana hasilnya dibutuhkan banyak orang. Sudah bisa dipastikan pula jika perusahaan kategori saham blue chip ini memiliki keuntungan yang besar dan secara rutin dibagikan kepada investor.

Baca Juga: 4 Saham Media Sosial Ini Bisa Hasilkan Banyak Cuan!

Saham jenis blue chip ini sangat layak untuk dijadikan investasi jangka panjang serta penghasilan yang terus menerus lantaran perusahaan yang diberi suntikkan ini tidak main-main dalam menjalankan bisnisnya.

Selain itu, perusahaan dengan saham blue chip juga tidak mudah digoreng oleh para bandar lantaran pangsa pasar yang sangat besar.

Baca Juga: Waspada Saham Gorengan! Bukannya Untung Malah Buntung

Tentu, kita bertanya-tanya, perusahaan apa saja yang terkategori memiliki saham Blue Chip ini. Berikut beberapa perusahaan yang terkategori memiliki saham blue chip yang bisa dipastikan memberikan keuntungan maksimal bagi para investor.


2Daftar Saham Blue Chip 2019 Terbaru

#PengaruhBaik Investasi Obligasi Terhadap Pembangunan Ekonomi di Indonesia

Jika tadi kita sudah tahu apa arti saham blue chip dan apa saja kriterianya, maka ini saatnya Anda untuk mengetahui saham dari perusahaan mana saja yang masuk ke dalam kategori blue chip.

Berikut adalah 20 saham blue chip terbaru di Bursa Efek Indonesia (BEI):

No Kode Nama Saham
1 ASII Astra International Tbk.
2 PGAS Perusahaan Gas Negara Tbk.
3 JSMR Jasa Marga (Persero) Tbk.
4 WSKT Waskita Karya (Persero) Tbk.
5 UNTR United Tractors Tbk.
6 PTBA Bukit Asam Tbk.
7 TLKM Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
8 ADRO Adaro Energy Tbk.
9 CPIN Charoen Pokphand Indonesia Tbk.
10 UNVR Unilever Indonesia Tbk.
11 KLBF Kalbe Farma Tbk.
12 SMGR Semen Indonesia (Persero) Tbk.
13 GGRM Gudang Garam Tbk.
14 INDF Indofood Sukses Makmur Tbk.
15 BBCA Bank Central Asia Tbk.
16 BBRI Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
17 BMRI Bank Mandiri (Persero) Tbk.
18 HMSP H.M. Sampoerna Tbk.
19 ITMG Indo Tambangraya Megah Tbk.
20 MNCN Media Nusantara Citra Tbk.

Itulah beberapa nama perusahaan yang harus Anda ingat ketika ingin berinvestasi pada saham blue chip. Tapi, Anda juga perlu ingat bahwa setiap investasi tetap memiliki risiko.


Apabila Anda melihat grafik harga dari nama-nama yang masuk dalam daftar saham blue chip tersebut, maka Anda tetap akan menemukan bahwa pergerakan harga yang tidak selalu naik. Hal ini jelas wajar, karena kenaikan dan penurunan harga adalah bagian dari fluktuasi pasar.

Bedanya, meski harga saham fluktuatif, tetapi fundamental perusahan dan kinerja keuangan emiten blue chip umumnya akan tetap bagus.

Baca Juga: Investor Pemula Wajib Tahu Jenis-Jenis Saham Ini!

Walaupun begitu, patut diperhatikan bahwa kapitalisasi pasar suatu emiten tidak bersifat permanen, sehingga statusnya tidak baku.

Dari tahun ke tahun, daftar saham blue chip dapat mengalami perubahan, walaupun frekuensi perubahannya tak secepat daftar LQ45 atau indeks saham serupa.

Tapi, jika Anda masih ragu terhadap investasi saham seperti ini, Anda juga bisa beralih ke alternatif investasi seperti peer-to-peer lending dari KoinWorks yang tentu saja aman karena sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK.

Platform berkonsep marketplace online ini menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara Pendana dan Peminjam. Anda sebagai seorang Pendana bisa memberikan pinjaman kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Setiap bulannya, peminjam akan mencicil pinjamannya dan Anda akan mendapatkan pengembalian berupa pokok dan bunga.

Hanya dengan Rp 100.000 saja, Anda bisa mulai mendanai dan mendapatkan imbal hasil hingga 21,32% per tahunnya.

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk berinvestasi saham? Atau masih menimbang untuk berinvestasi di P2P Lending?


Artikel Lainnya:


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.