Mengetahui Bahaya KTA Untuk Hidup Konsumtif

·
3 menit
minuman beralkohol

Pada dasarnya seseorang meminjam dana karena didasari atas ketidakmampuan mereka untuk menutupi kekurangan yang ada dengan biaya sendiri. Namun saat ini kredit tidak hanya digunakan untuk kebutuhan usaha ataupun keadaan mendesak karena kebutuhan konsumtif pun juga menjadi sebuah jalan untuk seseorang meminjam dana apalagi dengan KTA yang proses pencairan dananya cepat ditambah lagi tak ada yang namanya jaminan. Hanya saja tahukah Anda mengenai bahaya KTA untuk hidup konsumtif? Meskipun penggunaan dananya bisa dialokasikan sesuka hati debitur sebagai pihak peminjam, namun perlu diketahui jika tak seharusnya kredit digunakan untuk kebutuhan konsumtif. Akan lebih baik jika kredit digunakan dalam kegiatan produktif sehingga mampu meningkatkan penghasilan untuk membayar hutang dan kehidupan.

Saat ini tingkat kebutuhan hidup sudah semakin mahal dimana banyak orang yang dituntut berubah mengikuti perkembangan yang ada. Gaya hidup secara otomatis pun akan berubah dan banyak dari beberapa orang ingin meningkatkan kualitas hidup namun dengan cara berhutang. Meskipun penggunaan KTA tidak diberikan jaminan, namun perlu diketahui jika KTA memiliki bunga yang tinggi dan lebih besar dibandingkan dengan kredit yang menggunakan agunan. Bila menggunakan dana tidak sesuai dengan kebutuhan, maka Anda akan merasa kesulitan untuk bisa melunasi angsuran tersebut. Salah satu bahaya yang mungkin tak dipikirkan oleh banyak orang adalah menggunakan KTA untuk membayar DP rumah. Jika Anda tergolong awam dan tak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai hal ini, maka bahaya mungkin mengintai Anda.

Semua orang mungkin ingin memiliki hunian yang nyaman dan juga bagus, namun perlu diketahui jika hal ini sama saja dengan bunuh diri. Menggunkan pinjaman KTA untuk membayar DP KPR sama dengan menumpuk hutang dua kali lipat lagi dimana Anda harus mengangsur hutang bank atas KTA dengan bunga tinggi dan harus melunasi cicilan rumah dalam jangka panjang. Meski penghasilan yang Anda miliki mungkin mencukupi untuk membayar hutang, namun percayalah jika hal ini akan membebani kondisi keuangan Anda dikarenakan kehidupan Anda tidak hanya digunakan untuk membayar hutang saja namun juga harus mempunyai kehidupan lain seperti istri dan anak serta tagihan-tagihan lain yang harus dibayar seperti kebutuhan sembako, membayar listrik dan air, iuran keamanan, tagihan kartu kredit dan sebagainya.

Tentunya penghasilan Anda setiap bulannya akan langsung habis tanpa bisa ditabung untuk kebutuhan di masa depan. Hal ini tentunya akan membuat Anda merasa terbebani. Apalagi suku bungan KTA cukup tinggi dengan plafon pembayaran hutang yang cukup sedikit. Jika terlambat membayar pun akan dikenai denda sehingga nilai dari pelunasan pinjaman akan semakin tinggi. Jika sampai terjadi kredit macet, maka aset berharga Anda bisa direbut oleh pihak bank senilai dengan hutang tersebut. Sebelumnya Anda akan dikejar oleh debt collector terlebih dahulu yang membuat hidup Anda serasa menjadi buronan pihak bank. Banyak sekali bahaya yang mungkin terjadi pada Anda jika meminjam KTA tanpa berpikir matang-matang terlebih dahulu yaitu stress, depresi, dan ketakutan. Tentunya hal ini selalu akan dirasakan pada seseorang yang memiliki hutang dengan jumlah cukup banyak.

Stres akan mulai timbul pada seseorang yang berhutang karena mereka hidup di bawah tekanan agar segera bisa melunasi hutang yang dimilikinya. Akibat dari hal ini adalah ketakutan yang mulai muncul sekaligus timbul rasa kekhawatiran jika dirinya tak mampu membayar hutang yang dibuatnya sendiri. Ketakutan akan muncul ketika nasabah mungkin akan kehilangan harta bendanya karena tak mampu melunasi hutang. Tentunya perasaan negatif terus muncul dan emosi menjadi tidak stabil. Bahkan seringkali orang yang memiliki hutang besar cenderung akan selalu murung. Depresi dan stres berkepanjangan bisa menghilangkan keseimbangan tubuh sehingga kesehatan pun akan terganggu seperti insomnia karena tidak bisa tidur dan sering memikirkan hutang, hilangnya nafsu makan, berkurangnya daya konsentrasi ketika melakukan pekerjaan.

Jika hal ini tak bisa dikendalikan, maka Anda bisa terkena berbagai macam penyakit seperti jantung ataupun komplikasi lainnya. Perlu diketahui jika penyakit membutuhkan obat dan perawatan. Untuk memperoleh semua itu diperlukan dana. Setelah mengetahui bahaya KTA untuk hidup konsumtif, maka diharapkan Anda bisa menggunakan dana pinjaman sebaik mungkin dan dalam usaha yang lebih produktif sehingga mampu meningkatkan taraf hidup.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih