4 Cara Menghentikan Kebiasaan Berbelanja Secara Impulsif – Bagi kebanyakan orang, berbelanja merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan. Entah itu belanja buku, baju, gadget, sepatu, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, banyak orang juga yang terlalu impulsif ketika berbelanja. Begitu melihat ada baju dengan model yang menarik, langsung ingin membelinya. Padahal, belum tentu model baju tersebut cocok dengan dirinya.

Baca juga:Β 6 Langkah Membeli Rumah Untuk Investasi, Jangan Salah Dalam Memilih

Begitu melihat ada gadget keluaran terbaru dari brand favorit, langsung juga ingin membelinya. Padahal, gadget yang dimiliki saat ini kondisinya masih bagus.

Nah, kalau hal ini juga terjadi pada Anda, bisa-bisa pengeluaran Anda lebih besar dari pemasukan. Yuk, terapkan 4 cara menghentikan kebiasaan berbelanja secara impulsif berikut supaya uang di tabungan aman dan Anda bisa tetap happy!

4 Cara Menghentikan Kebiasaan Berbelanja Secara Impulsif

1Lakukan Aktivitas Lain

big bad wolf jakarta 2018 - berburu buku - agar tidak boros

Melakukan aktivitas lain yang Anda senangi merupakan salah satu cara menghentikan kebiasaan berbelanja secara impulsif. Carilah aktivitas baru yang sama menyenangkannya dengan aktivitas berbelanja yang pernah Anda lakukan sebelumnya.

Anda bisa menggantinya dengan berolahraga, mendengarkan musik, menonton TV, atau aktivitas lain yang tidak terlalu menguras pengeluaran.


2Ketahui Apa yang Menjadi Pemicu Anda Berbelanja

5 Alasan Mengapa Pengeluaran Lebih Banyak di Bulan Puasa - Cara Mengendalikan Pengeluaran - 4 Pengeluaran yang Membuat Boros Anggaran, Ayo Mulai Kurangi! - 8 Tips Menganggarkan Pendapatan Saat Sedang Krisis Keuangan - 5 Kebiasaan yang Mampu Membebani Keuangan Anda - 4 Alasan Banyak Orang Tidak Mau Menyusun Anggaran, Hindarilah! - 3 Hal Utama yang Membedakan Hemat dan Pelit - 5 Sikap Buruk yang Membuat Anda Gagal dalam Finansial - 5 Sikap Konservatif yang Bisa Merugikan Keuangan di Masa Depan

Identifikasikan dan catat apa saja hal yang menjadi faktor dan bisa membuat Anda melakukan pembelanjaan secara impulsif dan berlebihan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah Anda melakukan pembelanjaan yang tidak diperlukan suatu saat nanti.


3Latih Diri Anda Untuk Tahan Terhadap Godaan

mengapa orang tidak membeli produk - menolak

Menahan diri terhadap godaan berbelanja merupakan salah satu cara menghentikan kebiasaan berbelanja secara impulsif yang bisa diterapkan.

Jika Anda termasuk orang yang mudah tergoda melakukan belanja saat sedang pergi ke pusat perbelanjaan, maka kurangi frekuensi untuk datang ke sana.

Sebaiknya pergi dan datang ke sana hanya pada saat Anda benar-benar memerlukan sesuatu untuk dibeli.

Baca juga:Β 5 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit, Waspada Utang Membengkak!

Selanjutnya, jika Anda mudah tergoda melakukan pembelanjaan secara online, maka belajarlah untuk menahan diri menjelajahi situs toko online dan pertimbangkan untuk tidak terlalu sering melihatnya. Ayo, hentikan kebiasaan berbelanja secara impulsif!


4Bawa Uang yang Cukup Saat Berbelanja

uang - rupiah - 5 Alasan Mengapa Harus Terus Meningkatkan Pengetahuan tentang Uang, Meskipun Anda Telah Kaya Raya

Saat akan pergi berbelanja, sebaiknya tinggalkan kartu debit dan kartu kredit di rumah. Gunakan uang tunai yang cukup untuk membeli barang yang Anda perlukan. Jangan lupa untuk membawa daftar belanjaan dan perkiraan biaya barang saat akan berbelanja.

Nah, itulah dia 4 cara menghentikan kebiasaan berbelanja secara impulsif. Dengan belajar menghentikan kebiasaan berbelanja secara berlebihan, maka kesempatan untuk menyimpan uang dan menginvestasikannya menjadi lebih besar.

Baca juga:Β 4 Pengeluaran yang Membuat Boros Anggaran, Ayo Mulai Kurangi!

Menyimpan dan menginvestasikan uang akan sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan Anda di masa depan seperti membiayai pernikahan, membayar cicilan rumah, bahkan untuk dana berlibur bersama dengan keluarga.

Nah, KoinWorks menjadi salah satu tempat berinvestasi yang bisa dipilih karena beberapa keuntungan yang berpotensi untuk didapatkan. Untuk berinvestasi di platform P2P Lending ini, Anda bisa memulainya dariΒ Rp100.000 saja. Keuntungan yang didapat setiap tahun bisa mencapai 21%.

Anda tidak perlu bekerja terlalu keras hanya untuk melipatgandakan uang yang dimiliki. Let your money work for you!

Dengan berinvestasi, Anda bisa menambah nilai uang dari waktu ke waktu. Di sisi lain -seperti yang sudah disebutkan di atas- Anda bisa mewujudkan impian finansial yang berkaitan dengan rumah, pernikahan, atau dana berlibur. Menarik, bukan?

Tertarik untuk berinvestasi di KoinWorks? Coba di sini, yuk! Masukan kode promo KOIN50 dan dapatkan saldo awal investasi sebesar 50rb. Selamat mencoba!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.