7 Strategi Menghindari Overspending Limit Kartu Kredit – Overspending atau menghabiskan uang secara berlebihan saat menggunakan kartu kredit termasuk kebiasaan buruk para pengguna kartu kredit.

Dimana, mereka yang pada awalnya hanya berencana untuk membeli 1 jenis barang saja menjadi berlebihan dan akhirnya membeli lebih dari 5 barang yang tidak diperlukan.

Baca Juga: 9 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Yuk Jangan Boros

Pengeluaran kartu kredit yang lebih besar akan sangat beresiko merusak skor kredit yang Anda miliki. Hal ini dapat terjadi karena Anda akan semakin kesulitan untuk melunasi kredit dan akhirnya akan terlilit hutang yang berkepanjangan.

Jangan sampai Anda berada dalam kondisi yang demikian!

Kali ini kami akan mencoba menjelaskan beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk menghindari kebiasaan buruk dalam menghabiskan kartu kredit.

Mari kita simak penjelasannya di bawah ini!

7 Strategi Menghindari Overspending Limit Kartu Kredit

1Jangan Melupakan Aturan Main

akibat-bayar-kartu kredit-skor-credit scoring - bijak menggunakan kartu kredit

Saat menggunakan kartu kredit, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka telah menghabiskan banyak uang saat menggunakannya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit, Waspada Utang Membengkak

Melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit membuat masyarakat tidak merasa sayang dengan uang yang dimiliki dan hal ini sangat berbeda, saat Anda berbelanja dengan uang tunai.

Hal ini menjadi salah satu faktor yang membuat banyak orang cenderung mengeluarkan terlalu banyak uang dengan kartu kredit.

Jangan pernah berpikiran bahwa kartu kredit merupakan uang gratis. Hal yang harus diingat adalah Anda harus membayar kembali uang yang telah digunakan sebelumnya.


2Berbelanja Berdasarkan Kemampuan, Bukan Berdasarkan Batas Kredit

metode pembayaran yang mudah - kartu kredit

Pihak penerbit kartu kredit pasti akan memberikan pengguna sebuah batas kredit yang bisa digunakan.

Baca Juga: 11 Hal yang Dilakukan Para Miliarder Saat Usia Mereka 20-an

Meskipun saat ini Anda mendapatkan batas kredit yang sangat besar, bukan artinya harus menggunakan semua kredit yang ada disana.

Hal yang harus dipahami disini adalah memiliki limit kredit yang besar tidak sama dengan memiliki banyak uang di bank.

Solusinya adalah Anda bisa mengatur pembelanjaan kartu kredit berdasarkan jumlah pendapatan dan pengeluaran yang dimiliki.

Penting untuk selalu memantau saldo kartu kredit untuk memastikan Anda tidak melebihi batas pembelanjaan saat menggunakannya.


3Pertimbangkan Dengan Matang Saat Akan Menggunakan Banyak Kartu Kredit

12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai (3) - kartu kredit - merdeka finansial

Semakin banyak kartu kredit yang dimiliki, maka akan semakin mudah juga mengeluarkan uang untuk dibelanjakan.

Baca Juga: 5 Langkah Menghentikan Kebiasaan Buruk Hidup Dari Gaji ke Gaji

Sebagian orang merasa cukup dengan 1 kartu kredit dan sebagian lain ada yang merasa perlu menggunakan beberapa kartu kredit sekaligus.

Saat akan membuka kartu kredit yang baru, pertimbangkan beberapa hal yang penting mengapa Anda harus membuka kartu disana.

Alasannya bisa dikarenakan kemampuan mengelola keuangan yang lebih baik atau Anda hanya ingin menghabiskan lebih banyak uang saja.


4Jangan Mengikuti Emosi Saat Berbelanja

instant delivery - pengiriman cepat - belanja - strategi harga toko online - membuat online shop - cara mengatasi kecanduan belanja online - 5 Kebiasaan Belanja yang Membuat Utang Semakin Menumpuk - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren

Sebuah studi yang pernah dilakukan pada tahun 2008 silam menunjukkan bahwa konsumen cenderung membelanjakan lebih banyak uang saat mereka sedih.

Baca Juga: 7 Cara Luar Biasa Menghemat Lebih Banyak Uang Untuk Ditabung dan Investasi

Tidak hanya itu saja, marah, cemburu, dan bosan juga bisa membuat Anda mengeluarkan uang secara berlebihan.

Solusi terbaik untuk mengatasi hal di atas adalah sebaiknya tunda aktivitas belanja saat suasana hati sedang memburuk dan tunggu sampai emosi telah stabil.


5Gunakan Kartu kredit Untuk Hal yang Mampu Anda Beli

penghasian-kartu-kredit-kartu kredi-dana tambahan-boros-5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup - bijak menggunakan kartu kredit

Banyak pengguna kartu kredit yang cenderung berpikir bahwa dengan kartu kredit mereka bisa membeli berbagai barang yang sebelumnya tidak mampu dibeli.

Baca Juga: Mengajar Anak Mengelola Keuangan Lewat 5 Hadiah Ini, Jauh Lebih Bermanfaat

Kartu kredit yang dimiliki digunakan untuk meningkatkan daya beli dan hal inilah yang membuat banyak pengguna kartu kredit terjebak dengan hutang yang tidak berujung.

Gunakan kartu kredit untuk berbagai pengeluaran yang biasanya Anda keluarkan, bukan menggunakannya untuk membeli barang yang tidak mampu didapatkan.


6Miliki Tujuan Keuangan Agar Keputusan Belanja Terkendali

4 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Jaman Sekarang Punya! - merdeka finansial- kuliah sambil kerja-4 Cara Pintar Mengelola Keuangan untuk Pemula

Pengeluaran yang berlebihan akan selalu mempengaruhi tujuan keuangan yang akan Anda tuju di masa depan.

Baca Juga: 7 Tips Membeli Peralatan Kantor Supaya Tetap Hemat

Dimana terlalu banyak pengeluaran akan mempengaruhi kemajuan Anda untuk melunasi hutang, membangun investasi, dan menabung dana darurat.

Pikirkan kondisi dan impian Anda di masa yang akan datang dalam rentang waktu 5 – 20 tahun ke depan.

Baca Juga: 9 Tips Memotivasi Diri Untuk Disiplin Menghemat Uang

Daripada pendapatan Anda habis untuk membayar sejumlah tagihan kartu kredit lebih baik sisihkan uang tersebut untuk diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi.

KoinWorks bisa menjadi salah satu pilihan investasi yang Anda gunakan untuk mencapai berbagai tujuan keuangan di masa depan.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks: Investasi Online P2P Lending

Cukup dengan mempersiapkan modal minimal Rp 100.000 saja, Anda sudah bisa bergabung dan berinvestasi untuk masa depan di KoinWorks.

Tingkat imbal hasil yang kompetitif dan mampu mengalahkan laju inflasi tahunan membuat nilai investasi yang Anda tanamkan bisa tumbuh dengan optimal.


7Tinggalkan Kartu Kredit di Rumah

cicilan-0%-kartu kredit

Anda tidak akan melakukan pembelanjaan dengan cara berhutang, saat tidak ada kartu kredit. Sebaiknya, bawa kartu kredit hanya pada saat ingin melakukan pembelanjaan yang penting seperti membeli bahan makanan atau membeli peralatan baru.

Baca Juga: 4 Cara Menghentikan Kebiasaan Berbelanja Secara Impulsif

Jika Anda termasuk orang yang mudah tergoda, maka latihlah diri Anda untuk mampu mengendalikan situasi.  

Letakkan kartu kredit di rumah, saat Anda keluar dan tidak berniat untuk membelanjakan apapun.

Dengan menjalankan 7 strategi di atas, kami berharap Anda menjadi lebih mampu mengendalikan diri untuk tidak melakukan pembelanjaan yang melebihi limit kartu kredit Anda. Daripada uang habis untuk berhutang, lebih baik disisihkan untuk masa depan dengan berinvestasi.

Semoga bemanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.