Bagaimana Cara Mengingat Materi Pelajaran dengan Efektif? – Ada banyak keterampilan dan pengetahuan yang bisa dipelajari, mulai dari bahasa asing, alat musik, olahraga, dan lain sebagainya yang Anda minati.

yang menjadi permasalahan adalah banyak pembelajar yang merasa kesulitan untuk mengingat setiap informasi yang mereka pelajari.

Kunci pembelajaran adalah kemampuan Anda untuk mengoptimalkan waktu yang dihabiskan secara efektif.

Itu artinya, jangan sampai waktu yang dihabiskan untuk belajar terbuang percuma, karena Anda tidak mengingat apa saja yang baru dipelajari.

Solusi untuk masalah di atas adalah menerapkan metode belajar yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan lebih mudah mengingat materi pelajaran dengan efektif.

3Bagaimana Cara Mengingat Materi Pelajaran dengan Efektif?

Kursus Bahasa Inggris - Bagaimana Cara Mengingat Materi Pelajaran dengan Efektif?

Cara Mengingat yang Efektif

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa cara seseorang belajar akan sangat menentukan kemampuan mereka untuk mengingat.

Saat Anda belajar dengan cara kuliah atau mendengarkan ceramah, maka Anda bisa mengingat hanya sekitar 5% dari apa yang disampaikan.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Kegagalan Tidak Selalu Buruk, Yuk Bangkit Lagi!

Jika Anda belajar dengan cara membaca buku atau tulisan, penyerapan materi hanya sekitar 10% saja.

Selanjutnya, metode pembelajaran dengan audiovisual yang mampu mengingat sekitar 20%. Kemampuan mengingat pelajaran menjadi lebih baik sekitar 30%, jika Anda belajar dengan cara melihat demonstrasi atau contoh.

Begitu juga saat Anda belajar dengan cara terlibat dalam diskusi kelompok, maka Anda bisa mengingat sekitar 50% dari materi yang dipelajari.

Namun, saat Anda belajar dengan cara melakukan apa yang sedang dipelajari, kemampuan Anda mengingat akan meningkat menjadi 75%.

Saat Anda menerapkan pelajaran secara langsung atau mengajarkannya kepada orang lain, daya ingat menjadi 90%.


Metode Belajar yang Banyak Dilakukan

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Melihat pembahasan di atas, maka sangat wajar jika Anda merasa kesulitan untuk mengingat setiap informasi yang dipelajari.

Metode pembelajaran yang banyak dilakukan adalah dengan membaca buku, mengikuti kelas, melihat video yang sebagian besar informasi yang dipelajari tidak diingat sama sekali.

Itu artinya, Anda harus segera mengubah metode belajar yang pasif menjadi lebih aktif. Fokuskan diri Anda pada metode pembelajaran partisipatif yang terbukti mampu memberikan hasil belajar yang lebih efektif.

Baca juga: 3 Kiat Melawan Rasa Malas demi Meningkatkan Produktivitas

Jika ingin menguasai bahasa asing, itu artinya Anda harus melatih kemampuan bicara dengan penutur asli dan mendapatkan umpan balik secara langsung.

Atau jika Anda ingin menguasai keterampilan beladiri yang baik, maka Anda harus berlatih dengan pelatih dan guru secara langsung, bukan dengan menonton video latihan di Youtube.


Tidak Memiliki Waktu untuk Belajar dan Berlatih?

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Hambatan selanjutnya yang menjadi masalah adalah banyaknya orang yang tidak memiliki waktu untuk belajar dan berlatih agar menguasai keterampilan dengan baik.

Masalah ini sebenarnya hanya bisa diatasi dengan kemampuan manajemen waktu yang baik. Sebab, setiap orang akan mendapatkan waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari.

Kemampuan Anda mempertahankan lebih banyak informasi dan pengetahuan dalam proses belajar akan sangat bermanfaat untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan lebih cepat.

Saat Anda mampu mengingat lebih banyak informasi setiap harinya, maka Anda akan memakan lebih sedikit waktu untuk mempelajari pengetahuan lama dan berfokus untuk mendapatkan pengetahuan yang baru.

Metode pembelajaran yang disampaikan di atas bisa diterapkan dalam proses belajar formal atau non-formal.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Stres dan Kecemasan dalam Proses Belajar

Namun, jangan sampai proses belajar dan menyerap informasi terkendala dengan biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan keuangan keluarga.

Apa yang harus dilakukan, jika hal di atas terjadi?

Anda tidak perlu khawatir, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana khusus pendidikan yang bisa digunakan. KoinWorks menawarkan produk pinjaman dana khusus pendidikan yang bernama KoinPintar untuk Anda.

Produk pinjaman dana ini sangat memudahkan karena menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Tidak hanya itu saja, masa pembayaran pinjaman juga bisa dilakukan dalam jangka waktu sampai dengan 12 bulan ke depan. Lebih mudah dan menguntungkan, bukan?

Teruslah belajar dan mengasah keterampilan menjadi lebih baik!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.