Menikah Dengan Budget Seminim Mungkin? Bisa Kok!- Budget menikah seringkali menjadi permasalahan beberapa pasangan yang ingin menyelenggarakan hari besar mereka itu.

Dikarenakan tuntutan atau kebutuhan yang besar, tidak jarang para calon pasangan yang akhirnya mengandalkan bantuan hutang atau pinjaman bank untuk membiayai rancangan pesta pernikahan yang diinginkan.

Sebenarnya untuk mempersiapkan anggaran pernikahan tidak harus membutuhkan biaya yang sangat besar kok. Anda juga bisa mempersiapkan pernikahan meskipun hanya memiliki dana yang minim.

Oleh karena itu, hendaklah bersikap bijak dalam menghitung anggaran dana pernikahan dan menghemat biaya pernikahan agar dapat memulai pernikahan dengan baik.

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Untuk Pasangan yang Ingin Menikah 

Nah, berikut ini adalah tips untuk Anda yang ingin menyelenggarakan pernikahan namun memiliki budget yang cukup minim :


Menikah Dengan Budget Seminim Mungkin? Bisa Kok!

1Menggunakan Undangan Online

Menikah Dengan Budget minim-2

Jika Anda menggunakan undangan cetak dan mengundang 500 kerabat Anda, Anda harus mengeluarkan anggaran sebesar :

Rp. 5000 x 500 (undangan) = Rp 2.500.000

Meskipun Anda hanya mengeluarkan Rp. 2.500.000 untuk cetak undangan, namun cobalah untuk memanfaatkan teknologi yang ada guna menghemat anggaran pernikahan Anda.

Anda bisa menggunakan undangan berbentuk online. Karena dengan ini, Anda bisa menghemat banyak uang karena undangan online bisa Anda dapatkan dengan sangat murah, bahkan gratis.

Namun, jika Anda tetap membutuhkan undangan fisik untuk kolega khusus Anda, mintalah softcopy undangan tersebut untuk dijadikan undangan online.

Baca juga: Cara Menghemat Anggaran Bulan Madu

Dengan begitu, Anda tetap bisa menghemat separuh harga, meskipun hanya 1 juta rupiah.


2Meminta Bantuan Jasa Keluarga dan Kerabat

Memang, dengan menggunakan jasa wedding organizer Anda tidak perlu repot mengurus semua hal. Namun sudah pasti  Anda juga harus mengeluarkan budget yang lumayan besar.

Jika Anda ingin mengeluarkan budget yang minim, Anda bisa meminta bantuan kepada keluarga atau teman dekat Anda untuk menjadi pantia pernikahan Anda.

Selain bisa mengehemat anggaran, tentunya Anda akan merasa lebih nyaman karena panitia pernikahan adalah kerabat dekat Anda.


3Minimalisir Budget Souvenir

Menikah Dengan Budget minim-4

Tidak tertutup kemungkinan bahwa para calon pengantin ingin memberikan souvenir pernikahan yang unik untuk para tamu undangannya namun pastinya membutuhkan budget yang besar.

Jika Anda memiliki hobi membuat rangkaian hiasan sendiri, Anda bisa memanfaatkan hobi tersebut untuk membuat souvenir pernikahan Anda sendiri.

Tetapi sudah pasti hal tersebut membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak.

Jika pada akhirnya Anda tetap memilih untuk membeli souvenir, carilah dengan harga yang paling terjangkau. Anda bisa mengalokasikan dana maksimal 2 juta untuk biaya souvenir.

Baca juga: Tips Keuangan Untuk Pasangan yang Baru Menikah 


4Foto Prewedding Gratis

 

Jika Anda tetap menginginkan adanya foto prewedding, Anda bisa mensiasatinya dengan pergi ke suatu tempat wisata atau hiburan, yang kemudian bisa Anda jadikan latar foto prewedding.

Anda tidak perlu menyewa fotografer dan baju untuk prewedding, Cukup gunakan pakaian yang Anda punya sesuai dengan tema yang diinginkan.

Baca juga: 4 Tips Membantu Pasangan yang Boros 

Anda bisa meminta bantuan keluarga atau teman Anda untuk membantu mengambil foto. Lalu Anda bisa mengedit foto sesuka Anda dan mencetak foto-foto prewedding sesuai dengan budget.


5Pilih Venue Dengan Harga Terjangkau

 

Tidak bisa dipungkiri, bahwa salah satu budget terbesar dalam sebuah pernikahan adalah Gedung.

Untuk mensiasatinya, Anda bisa memilih venue pernikahan Anda di aula yang ada di kampus atau kantor pemerintah karena biasanya harganya jauh lebih murah dibanding harga sewa gedung.

Kekurangan adalah ruangan yang tidak terlalu luas sehingga tidak bisa menampung banyak tamu dan juga kebanyakan aula tidak full karpet.

Namun tentunya hal tersebut bisa meminimalisir biaya pernikahan Anda.


6Menghemat Biaya Catering

Pebisnis pemula - memulai bisnis kuliner - 8 Juta untuk Hidup di Jakarta

Jika Anda menginginkan catering yang menyediakan makanan enak dengan harga yang terjangkau, Anda wajib untuk teliti mencari dan survei ke beberapa catering untuk bisa menekan pengeluaran Anda.

Biasanya paket catering akan menawarkan menu makanan utama dan gubukan atau makanan-makanan kecil, seperti pempek, gulai kambing, sate, es krim dan lainnya.

Untuk menghemat budget, pilihlah makanan utama dengan menu tambahan yang lengkap, seperti puding, buah, dan minuman jus atau soft drink.

Dengan begitu, Anda tidak perlu menambahkan banyak gubukan. Ambil setidaknya 2-3 gubukan saja dengan menu yang paling banyak diminati oleh orang.


7Minimalisir Budget Seragam Keluarga

Menikah Dengan Budget minim-7

 

Pada hari pernikahan, biasanya keluarga calon pengantin menggunakan pakaian yang seragam. Dengan begitu, Anda wajib untuk membeli bahan untuk dibagikan ke keluarga atau teman dekat.

Jika Anda ingin menghemat pengeluaran, Anda bisa mengakalinya dengan meminta keluarga untuk mencari baju sendiri namun dengan warna tema yang seragam.

Walaupun bahannya berbeda-beda, hasil foto akan terlihat rapi dan seragam tanpa harus mengeluarkan anggaran tambahan.


Berikut tadi adalah 7 tips dan trik untuk Anda yang ingin menikah tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Karena pada dasarnya, pernikahan yang sakral dan bermakna tidak harus mengeluarkan budget sampai ratusan juta.

Selamat mencoba!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.