Menikah Tanpa Wedding Organizer Ternyata Lebih Hemat Budget!

Menikah Dengan Budget minim-2

Menikah Tanpa Wedding Organizer Ternyata Lebih Hemat Budget! – Menurut Anda apa sih arti sebuah pernikahan? Kebanyakan orang mengatakan bahwa pernikahan harus dirayakan dengan meriah dan menyenangkan agar tidak mudah dilupakan.

Memang, menikah adalah momen sakral yang dilakukan satu kali seumur hidup. Oleh karena itu, Anda dan pasangan Anda hendaknya mempersiapkan momen penting ini jauh-jauh hari sebelum dilaksanakan, baik dari segi fisik dan mental, maupun finansial.

Baca juga: Bingung Mau Menikah di Gedung atau Rumah? Cek Ini Dulu, Yuk!

Namun, jangan terpaku pada mewahnya acara. Perhitungkan juga kemampuan budget yang Anda miliki. Dengan kata lain, Anda tidak perlu memaksakan sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan. Bukannya senang setelah menikah, Anda malah stress memikirkan utang.

Nah, bagi Anda yang sedang bingung ingin melangsungkan pernikahan tapi anggaran terbatas, Anda bisa memilih menikah tanpa Wedding Organizer (WO). Kabar baiknya, menikah tanpa WO ini dapat menghemat budget Anda. Sehingga sisa uang Anda bisa untuk ditabung dan diinvestasikan demi masa depan yang bahagia.


Menikah Tanpa Wedding Organizer Ternyata Lebih Hemat Budget!

Pilih Tempat yang Sesuai Budget

Menikah Tanpa Wedding Organizer Ternyata Lebih Hemat Budget!

Pasti banyak rencana dan keinginan yang capai demi pernikahan impian Anda di masa depan. Salah satunya adalah tempat yang luas dengan dekorasi yang indah. Bukan tidak mungkin Anda bisa mewujudkannya. Namun, Anda tetap harus menyesuaikan dengan realita yang ada.

Sesuaikan harga sewa tempat dengan anggaran yang Anda miliki. Tidak harus besar, yang penting cukup menampung tamu undangan Anda. Abaikan orang-orang yang berbicara negatif tentang Anda. Hanya Anda dan pasangan yang tahu apa keinginan dan kebutuhan, karena pernikahan tersebut adalah milik Anda bersama pasangan.


Gunakan Vendor yang Murah Tapi Berkualitas

Menikah Tanpa Wedding Organizer Ternyata Lebih Hemat Budget!

Agak sulit memang mencari vendor murah yang berkualitas bagus. Biasanya, vendor-vendor seperti ini bisa Anda temukan di circle Anda sendiri, seperti untuk jasa fotografer dan videografer. Anda juga yang lebih tahu dan mengenal, mana teman Anda yang berpengalaman di bidang itu.

Sementara untuk vendor katering, Anda tidak perlu memilih menu buffet dan pondokan yang mewah dari western. Pilih saja menu makanan yang cocok di lidah orang Indonesia. Sebab belum tentu tamu undangan Anda menyukai makanan-makanan asal western yang disajikan.


Pilih Souvenir yang Bermanfaat

Menikah Tanpa Wedding Organizer Ternyata Lebih Hemat Budget!

Cendera mata merupakan salah satu bagian terpenting dalam pernikahan. Usahakan untuk memilih cendera mata yang bermanfaat bagi tamu undangan, namun jangan lupa untuk membelinya di agen agar mendapat harga yang lebih miring.

Beberapa souvenir ini bisa menjadi pilihan Anda, seperti sapu tangan, handuk kecil, dan semacamnya. Selain itu, Anda juga boleh memilih souvenir dalam bentuk makanan, seperti coklat atau cupcake. Jangan lupa dibungkus dengan cantik agar terlihat lebih mewah meskipun isinya sederhana.


Meminta Bantuan Keluarga

7 Alasan Anda Tak Perlu Ragu Meneruskan Bisnis Keluarga - membangun bisnis keluarga

Mengingat Anda menikah tanpa Wedding Organizer (WO), siapa lagi kerabat dekat yang bisa membantu Anda selain keluarga Anda sendiri? Ketika melakukan suatu hal demi hal lain, tentunya harus ada pengorbanan yang Anda lakukan bukan?

Mintalah pertolongan keluarga Anda untuk mengawasi jalannya acara. Mulai dari memperhatikan kinerja vendor katering dan hal-hal kecil lainnya ketika acara berlangsung. Namun, jangan sampai Anda memberatkan seluruh pengaturan acara pernikahan ini kepada keluarga ya!


Jadikan Teman Sebagai Tim Sukses

Menikah Tanpa Wedding Organizer Ternyata Lebih Hemat Budget!

Selain keluarga, Anda bisa meminta bantuan teman-teman dekat Anda untuk menjadi tim sukses acara Anda. Keberadaan teman-teman dekat Anda menjadi salah satu hal terpenting demi kelancaran acara Anda.

Biarkan teman-teman Anda membantu mengurus persiapan sebelum acara dimulai, terutama perihal dekorasi acara dan pelaminan. Biasanya, teman-teman dekat akan lebih mengerti apa yang Anda inginkan dan lebih bisa bertukar ide dengan Anda.


Berikut tadi adalah tips yang bisa Anda gunakan untuk menikah tanpa menggunakan jasa wedding organizer.

Selain lebih hemat, sisa anggaran yang Anda dan pasangan punya pun bisa Anda alokasikan ke kegiatan yang lebih bermanfaat, yaitu berinvestasi.

Dengan berinvestasi, Anda dan pasangan bisa menyiapkan dana, baik untuk persiapan dana pendidikan anak atau persiapan dana pensiun di masa tua.

Oleh karena itu, mulailah membuat rencana anggaran Anda dan mulailah berinvestasi. Jangka pendek atau jangka panjang tidak masalah, karena akan tetap berguna bagi masa mendatang.

Sebagai permulaan, Anda bisa mulai melakukan pendanaan online di KoinWorks. Mulai Rp100.000, Anda sudah bisa mendanai lewat P2P Lending dengan EAR mulai 18% per tahun.

Mengapa KoinWorks?

KoinWorks memberikan akses yang mudah dan terjangkau bagi pendana maupun peminjam untuk memenuhi kebutuhan finansial. KoinWorks memangkas biaya dan mempercepat prosesnya, sehingga lebih efektif daripada lembaga keuangan tradisional.

Yuk, saatnya mulai mendanai dengan mendanai di KoinWorks!


Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Nimas Des Aristanti

Nimas Des Aristanti

Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.