Semua Usia Bisa Mencobanya, Ini 5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anda – Sebagian orang pasti pernah melupakan nama seseorang, lupa meletakkan kunci kendaraan, atau membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan kata-kata yang tepat.

Jangan panik jika mengalami masalah di atas, sebab ada cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya ingat.

Baca Juga:

5 Cara alami yang akan disampaikan di bawah ini telah terbukti secara ilmiah dan bisa diterapkan untuk meningkatkan daya ingat otak.


5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anda

1Melakukan Latihan Aerobik

kesuksesan bisnis katy perry

Melakukan latihan arobik akan membantu otak menciptakan kapiler baru dan sel-sel otak baru serta membuat hubungan.

Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa berolahraga bisa meningkatkan daya ingat seseorang.

Baca Juga: 3 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Membuat Perubahan Karier di Usia 40 Tahun

Jika olahraga dilakukan oleh orang dewasa atau orang tua, maka hal ini akan berakibat mengurangi penurunan kognitif yang bermanfaat untuk daya ingat otak.


2Tidur yang Berkualitas

kesuksesan bisnis katy perry - tidur

Semua orang membutuhkan tidur, semakin baik waktu dan kualitas tidur, maka akan semakin baik juga daya ingat seseorang.

Tidur akan membantu Anda meningkatkan daya ingat untuk melakukan sesuatu dan daya ingat yang berkaitan tentang fakta tertentu.

Baca Juga:

Sebuah studi pernah dilakukan di Harvard, dimana mahasiswa akan diuji untuk menghafal kata yang tidak berhubungan, menghafal labiran, serta menyalin bentuk yang rumit.

Sebagian dari mereka diizinkan untuk tidur siang selama 45 menit dan hasilnya adalah mereka yang tidur siang mendapatkan hasil lebih baik dalam pengujian tersebut.


3Bersantai

kesuksesan bisnis katy perry - Jalani 5 Hal Ini untuk Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik

Stres dan depresi memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Stres dan depresi akan meningkatkan tekanan darah, mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, dan merusak ingatan.

Saat merasa tertekan, tubuh Anda akan melepaskan hormon kortisol ke dalam aliran darah. Hormon kortisol inilah yang terbukti menyebabkan penurunan ingatan dalam jangka panjang.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan Mahasiswa Saat Belajar di Perguruan Tinggi

Untuk mengurangi depresi dan stres dalam hidup, cobalah untuk bersantai dengan cara melakukan meditasi, melatih pernafasan, atau yoga.

Berhentilah memerika email, media sosial, dan berbagai aktivitas yang semakin memicu tingkat stres.


4Lakukan Pembelajaran Secara Berkelanjutan

big bad wolf jakarta 2018 - berburu buku - agar tidak boros

Otak memiliki cara kerja yang sama dengan otot Anda. Semakin sering melatih pikiran, maka akan semakin kuat kemampuan otak.

Penelitan terbaru mengungkapkan bahwa belajar secara berkelanjutan akan bermanfaat untuk meningkatkan sel aktif di dalam otak Anda.

Baca Juga: Jangan Salah Memilih Pekerjaan, Lakukan 3 Tahap Ini Untuk Mengevaluasinya

Selain bisa aktif secara fisik, belajar keterampilan baru atau belajar hal lain akan menjaga otak lebih sehat.

Pertimbangkan untuk mengikuti kelas pendidikan tingkat lanjut, mengikuti kursus bahasa asing, belajar keterampilan teknis yang mendukung pekerjaan, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengikuti pendidikan tersebut?

Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana khusus pendidikan yang bisa digunakan.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Membangun Keberagaman di Tempat Bekerja

KoinPintar menawarkan pinjaman dana dengan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan saja.

Tidak hanya itu saja, masa pembayaran pinjaman juga bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka.

Berbagai kemudahan di atas dapat terjadi karena KoinPintar bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal.


5Bersosial Dengan Banyak Orang

womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis - melewati perguruan tinggi - demi menjalani bisnis - 8 Cara Mudah Untuk Membuat Diri Anda Menjadi Calon Karyawan yang Menarik, Patut Dicoba!

Koneksi sosial yang dimiliki dan dibangun akan menjaga kesehatan otak menjadi lebih baik. Saat seseorang terisolasi secara sosial dan merasakan kesepian, maka hal ini sangat meningkatkan resiko demensia.

Tidak adanya interaksi dengan orang lain akan membuat otak menjadi layu dan perasaan kesepian akan menyebabkan seseorang merasa depresi dan terjadinya penurunan mental.

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Dalam Waktu 1 Bulan, Tertarik Mencoba?

Sebuah studi yang pernah dilakukan dan diterbitkan oleh Frontier in Aging Neuroscience mengungkapkan bahwa orang tua dengan waktu bersosial yang baik memiliki ingatan, penalaran, dan kecepatan proses otak yang lebih baik.

Dengan melakukan 5 langkah yang dijelaskan di atas diharapkan seseorang bisa meningkatkan daya ingat menjadi lebih baik.

Hal yang penting untuk diingat adalah jangan pernah berhenti belajar, sebab aktivitas belajar membuat daya ingat seseorang menjadi lebih baik.

KoinPintar akan membantu biaya pendidikan Anda dengan pinjaman dana yang sangat ringan dan memudahkan.

Semoga bermanfaat untuk Anda.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.