5 Tips Efektif yang Akan Meningkatkan Kecerdasan Finansial Anda

waspada-tantangan-bisnis-online

5 Tips Efektif yang Akan Meningkatkan Kecerdasan Finansial Anda – Meskipun banyak orang berkata bahwa uang bukanlah segalanya, tetapi Anda perlu uang agar bisa bertahan hidup dengan layak.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa lebih mudah mendapatkan apa saja dengan mudah saat memiliki uang yang cukup.

Kecerdasan finansial berperan aktif agar Anda bisa mengamankan masa depan. Hal ini sangat berhubungan erat dengan cara Anda mengelola keuangan yang baik dan berinvestasi di tempat yang tepat agar kekayaan terus bertumbuh.

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang 5 tips efektif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan finansial.

5 Tips Efektif yang Akan Meningkatkan Kecerdasan Finansial Anda

Membuat Anggaran Bulanan

catatan keuangan - rekening bank - koinworks - perencanaan keuangan - mitos anggaran keuangan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan keuangan Anda diatur dengan baik. Mulailah melacak ke mana uang tersebut pergi dan mengevaluasi kekayaan bersih secara berkala.

Melacak kondisi keuangan akan membantu Anda mengevaluasi kemajuan dan menyoroti hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki.

Baca juga: 7 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Investor Pemula, Apakah Anda Juga Melakukannya?

Jangan lupa untuk membuat anggaran pribadi dan memprioritaskan pengeluaran yang penting. Kategorikan setiap pengeluaran seperti pendidikan, perumahan, makanan, transportasi, dan tabungan.

Belajarlah mengelola keuangan dengan baik. Saat Anda memiliki sisa uang dari setiap pengeluaran, maka putuskan untuk memanfaatkannya dengan bijak.


Tabungan dan Investasi Itu Perlu

arus kas - keuangan bisnis - cashflow perusahaan

Selanjutnya Anda juga perlu menyimpan dana untuk menghadapi keadaan darurat yang tidak pernah diketahui kapan terjadi.

Mulailah menabung untuk dana pensiun sedini mungkin dan jangan menunggu sampai Anda tua.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu menginvestasikan kembali penghasilan yang didapatkan secara rutin. Semakin dini Anda berinvestasi, maka akan semakin besar potensi imbal hasil yang bisa didapatkan di masa depan.

Jangan pernah berpikir bahwa investasi harus dimulai dengan dana yang besar, sebab saat ini investasi bisa dilakukan hanya dengan modal uang Rp100.000 saja. Investasi di KoinWorks memungkinkan Anda untuk memulai investasi dengan dana yang sangat minim.

Baca juga: Memotong Anggaran Makan Hingga 50 Persen! Ini 7 Cara Termudah yang Bisa Diterapkan

Mengenai imbal hasil yang akan didapatkan,  Anda akan berpotensi untuk meraup imbal hasil mencapai 21.32% per tahun. Imbal hasil yang sangat menguntungkan daripada uang yang dimiliki hanya disimpan di dalam tabungan atau deposito saja.

Nah, saat hasil investasi yang didapatkan telah optimal, dana yang didapatkan bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang diperlukan.

Misalnya saja untuk berlibur bersama keluarga, dana pendidikan anak-anak, atau membeli gadget baru yang telah lama diinginkan.


Mengenali Inflasi Gaya Hidup

Rajin Simpan Uang Sejak Muda, Naik Gaji Setiap Bulan - program loyalitas - meningkatkan penjualan

Kecenderungan umum yang dilakukan banyak orang adalah mereka akan menghabiskan lebih banyak, saat penghasilan mereka meningkat. Fenomena seperti inilah yang dikenal dengan inflasi gaya hidup.

Jika terus mengadopsi gaya hidup seperti ini, maka Anda akan cenderung menghabiskan uang secara berlebihan dan itu akan merusak kekayaan dalam jangka panjang.


Mengidentifikasi Kebutuhan dan Keinginan

10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Wanita tentang Keuangan 3

Selanjutnya, Anda perlu memahami dengan baik apa yang dimaksud dengan kebutuhan dan keinginan.

Kebutuhan adalah hal yang harus dipenuhi agar bisa bertahan hidup, seperti makanan dan tempat tinggal. Sedangkan keinginan tidak perlu Anda miliki untuk kelangsungan hidup.

Baca juga: Investor Harus Tahu! Ini 9 Pertimbangan Penting Sebelum Investasi Properti

Misalnya saja, Anda ingin membeli mobil untuk kebutuhan transportasi. Maka, membeli mobil ekonomis jauh lebih baik daripada harus membeli mobil mahal karena keduanya akan memberikan manfaat yang sama untuk Anda.

Prioritaskan kebutuhan Anda terlebih dahulu, saat kebutuhan terpenuhi dengan baik, maka pertimbangkan untuk memenuhi keinginan.


Memiliki Dana Darurat

mempersiapkan dana darurat - emergency fund

Seperti yang telah kami sampaikan di atas bahwa Anda tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi, penting untuk mempertimbangkan sejumlah uang yang akan digunakan sebagai dana darurat.

Dana darurat sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terduga, misalnya saja saat Anda dipecat dari pekerjaan utama, mengalami kecelakaan, atau ada anggota keluarga yang sakit dan membutuhkan dana yang besar.

Dengan menerapkan 5 tips di atas, Anda akan jauh lebih baik dalam hal finansial dan mampu membuat keputusan yang lebih baik dalam hal keuangan.

Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian penghasilan yang didapatkan untuk berinvestasi sejak dini. Melalui KoinWorks, Anda bisa mulai mendanai dengan dana Rp100.000 saja.

Semoga bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.