9 Teknik untuk Meningkatkan Keterampilan Menyampaikan Pesan – Komunikasi merupakan sebuah alat yang memungkinkan Anda memberikan pemahaman kepada orang yang ada di sekitar.

Komunikasi yang dilakukan bisa dalam bentuk tulisan, memberikan presentasi, dan komunikasi yang bisa menambah produktifitas.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan pesan yang disampaikan tidak terdapat kesalahan antara pengirim dan penerima pesan.

Baca juga: 5 Kiat untuk Menjadi Pemimpin yang Persuasif

Banyak orang yang gagal dalam menyampaikan pesan baik secara tertulis dan verbal. Padahal keterampilan berkomunikasi memainkan peranan yang penting saat memilih seorang manajer. Itu artinya keterampilan berkomunikasi akan berperan penting dalam kesuksesan Anda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda semua tentang 9 teknik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menyampaikan pesan.

9 Teknik untuk Meningkatkan Keterampilan Menyampaikan Pesan

1Membuat Hal yang Rumit Menjadi Sederhana

konten - kolaborasi karyawan - kantor (5) - 7 Kesalahan yang Mampu Menghancur Efektivitas Kepemimpinan Anda - 5 Cara Terbaik Untuk Melibatkan Karyawan dalam Pelatihan yang Berkelanjutan

Saat akan menyampaikan pesan, Anda harus selalu memastikan untuk membuat pesan menjadi lebih sederhana.  Membuat pesan menjadi sederhana bermanfaat untuk menghindari ambiguitas dalam pesan yang disampaikan.

Baca juga: Belajar Bahasa Asing Lebih Efisien Berkat 6 Tips dari Para Pakar Berikut

Kalimat dan kata-kata yang sederhana memungkinkan pesan dipahami dengan lebih baik. Tidak perlu menggunakan kalimat yang rumit, jika akhirnya membuat penerima pesan sulit memahami apa yang disampaikan.


2Jadilah Seorang Pendengar yang Baik

3 Persyaratan yang Dapat Dilakukan Agar Mendapatkan Promosi Jabatan

Mendengarkan adalah aspek yang penting agar bisa menjadi seorang komunikator yang handal.

Anda hanya bisa menjadi komunikator yang handal, jika Anda mampu menjadi seorang pendengar yang baik.

Tanpa kemampuan untuk mendengarkan, maka Anda tidak akan mengetahui apa yang akan diminta.


3Hindari Kosakata yang Rumit dan Sulit Dimengerti

Perhatikan jeda saat berbicara presentasi yang baik - Merasa Diri Istimewa adalah Hal yang Berbahaya! Jangan Pernah Berpikir Seperti Ini - 6 Tips Sebelum Memulai Pidato di Hadapan Banyak Orang - seminar

Pastikan Anda tidak menggunakan kosakata yang rumit dan sulit dipahami oleh penerima pesan.

Saat penerima pesan tidak akrab dengan kata-kata tersebut, maka hal ini akan berakibat pada kesalahpahaman antara kedua belah pihak.


4Menyampaikan Pesan Secara Ringkas

6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional

Komunikasi yang baik adalah saat Anda mampu menyampaikan pesan secara ringkas dan tidak bertele-tele.

Baca juga: 4 Langkah Agar Mendapatkan Bantuan dari Orang Lain dengan Mudah

Hindari kalimat yang tidak perlu saat menyampaikan pidato atau menulis sesuatu untuk penerima pesan.


5Jangan Sampai Salah Ejaan

10 Tips dari Pengusaha Sukses Ini Dapat Meningkatkan Kemampuan Negosiasi Kamu

Pemeriksaan ejaan kata sangat penting untuk Anda perhatikan terutama saat akan menyampaikan pesan secara tertulis kepada orang lain.


6Gunakan Kata yang Jelas dan Mudah Dipahami

belajar-buku-pendidikan-kuliah - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda

Pengetahuan penerima pesan akan sangat berpengaruh terhadap pemahaman mereka atas sesuatu yang disampaikan.

Jika memungkinkan, sebaiknya Anda menggunakan kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti. Daripada menggunakan kata “domisili”, lebih baik Anda menggunakan kata pengganti yang memiliki arti yang sama yaitu “tempat tinggal”.


7Menyampaikan Pesan yang Benar

10 Tips dari Pengusaha Sukses Ini Dapat Meningkatkan Kemampuan Negosiasi Kamu

Jangan sampai Anda berkata kepada penerima pesan tentang sesuatu hal yang tidak akurat atau salah yang berkaitan dengan hal apapun.

Apa yang Anda sampaikan harus berdasarkan fakta dan data yang benar serta bukan hanya sekedar berita yang sumbernya tidak jelas dan meragukan. Jika Anda tetap melakukan hal ini, maka pesan yang Anda sampaikan akan menyesatkan penerima.


8Kelengkapan Pesan

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (16) - 5 Mitos Tentang Belajar Bahasa Asing yang Tidak Perlu Dipercaya - Cara Menggunakan Umpan Balik Demi Meningkatkan Kemampuan Belajar

Salah satu faktor yang membuat pesan sulit dipahami atau terjadi kesalahpahaman adalah karena Anda menyampaikan pesan yang tidak lengkap.

Saat akan berkomunikasi atau menyampaikan sesuatu hal, maka sangat penting untuk memastikan semua informasi relevan dan lengkap. Pesan yang lengkap sangat erat berkaitan dengan siapa, apa, di mana, kapan, dan bagaimana.


9Cara Anda Menyampaikan Pesan Kepada Orang Lain

kerja sama kantor nyaman diskusi - 7 Hal yang Tidak Dilakukan oleh Orang-orang Produktif- digital marketing

Sikap sopan dan baik sangat penting dilakukan saat Anda akan membawa pesan yang positif kepada orang lain. Saat Anda mengirim pesan dengan santun, maka pihak penerima pesan akan memahami hal tersebut dengan pola pikir yang positif.

Selain menerapkan 9 teknik di atas, Anda juga bisa meningkatkan keterampilan berkomunikasi melalui berbagai macam sumber. Bisa dengan membaca buku pengetahuan, mendengarkan podcast, mengikuti seminar, atau pendidikan dan pelatihan di bidang komunikasi.

Bagaimana dengan biaya untuk mengikuti pendidikan tersebut?

Tidak perlu khawatir, jika saat ini Anda belum memiliki dana yang cukup untuk membayar biaya pendidikan yang akan diikuti.

Sebab, saat ini telah ada solusi pinjaman dana yang disediakan oleh KoinPintar untuk Anda gunakan dalam mengikuti pendidikan.

Pendidikan yang bisa diikuti tidak terbatas pada pendidikan formal saja, tetapi juga bisa pendidikan non-formal untuk meningkatkan keterampilan apapun.

Berkenaan dengan pinjaman dana, Anda tidak perlu khawatir dengan suku bunga yang tinggi. KoinPintar menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Selanjutnya, pinjaman yang telah Anda ambil bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayarkan biaya pendidikan secara langsung di muka.

Jangan khawatir lagi dengan biaya pendidikan yang mahal!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.