4 Konsep Zen yang Bisa Membantu Anda Meningkatkan Kondisi Keuangan –  Zen adalah sebuah konsep dari Jepang yang sebenarnya bisa membantu banyak orang untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda tentang uang dan bahkan meningkatkannya.

  Pada pembahasan kali ini kami akan berusaha memaparkan konsep Zen tersebut dan caranya dalam membantu Anda meningkatkan kondisi keuangan.

4 Konsep Zen yang Bisa Membantu Anda Meningkatkan Kondisi Keuangan

1. Melawan Hawa Nafsu

12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai (3) - kartu kredit - merdeka finansial

Konsep Zen menyatakan bahwa saat seseorang terlalu menginginkan sesuatu, maka hal tersebut bisa membuat sakit, kepahitan, dan kegelisahan.

Masalah sebaliknya terjadi pada manusia di mana mereka akan merasa gelisah saat keinginan mereka tidak dapat terpenuhi.

Baca juga: 5 Hobi yang Akan Membuang Uang, Masih Tertarik untuk Melakukannya?

Untuk menghilangkan perasaan tidak bahagia tersebut, Anda harus bisa memahami hawa nafsu dengan lebih baik. Mulailah bertanya kepada diri sendiri, apakah Anda benar-benar

menginginkan barang tersebut dan selalu mempertimbangkan keinginan dan kebutuhan. Banyak dari kita selalu menginginkan sesuatu dan merasa itu seperti sebuah kebutuhan yang harus segera dipenuhi.


2. Atasi Rasa Takut

seorang pengusaha belajar berkata tidak - 4 Cara Efektif Belajar dari Kesalahan - 5 Cara Menolak Ajakan Teman Menghabiskan Uang Pada Hal yang Tidak Penting - kemampuan kerja

Rasa takut adalah perasaan wajar yang pasti dimiliki oleh semua manusia di dunia. Misalnya saja, Anda takut tidak memiliki cukup uang saat memasuki masa pensiun.

Mengetahui rasa takut yang ada di dalam diri sendiri memungkinkan Anda untuk membuat pilihan tentang cara mengatasinya. Misalnya saja, jika Anda ingin mendapatkan masa pensiun yang aman di masa depan, maka harus mulai menabung dan berinvestasi saat ini.

Baca juga: Baca 5 Artikel ini Jika Anda Tidak Ingin Terlilit Utang

KoinWorks bisa menjadi produk investasi yang dapat dipilih karena mampu menawarkan potensi imbal hasil yang sangat menguntungkan yaitu 21% per tahun.

Imbal hasil tersebut melebihi laju inflasi tahunan yang ada di Indonesia dan bunga deposito atau perbankan.

Menemukan solusi seperti contoh di atas jauh lebih baik untuk dilakukan daripada hanya merasa cemas dan takut dengan kondisi keuangan saat ini.


3. Jangan Terlalu Khawatir dengan Masa Depan

12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai - Lakukan 7 Langkah Mencapai Tujuan yang Diinginkan - berpikir positif - berteman dengan kompetitor

Penting untuk bisa fokus pada saat ini dan tidak perlu terlalu mengkhawatirkan kondisi keuangan di masa depan. Mulailah dengan berinvestasi dan menyisihkan sebagian penghasilan untuk disimpan.

Baca juga: 5 Kebohongan Untuk Menghemat Uang yang Bisa Diterapkan Sesekali

Jika saat ini Anda kehilangan pekerjaan karena berbagai penyebab, maka atasi perasaan tersebut dengan cara yang sehat dan produktif dan tidak perlu tenggelam dalam depresi. Tidak perlu terlalu mengkhawatirkan masa depan secara berlebihan.


4. Mengetahui Kondisi Keuangan yang Sesungguhnya

5 Artikel Soal Pernikahan

Konsep Zen yang terakhir adalah Anda perlu menjadi diri sendiri dan tidak perlu berpura-pura atau berbohong.

Itu artinya Anda tidak perlu hidup berlebihan dari kemampuan saat ini dan membeli barang yang benar-benar mampu dibeli. Ini adalah kebenaran yang harus dihadapi agar bisa hidup dengan lebih baik.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Semua Orang Membutuhkan Penghasilan Sampingan

Mulailah dengan membuat anggaran agar Anda menemukan kebenaran tentang keuangan. Sebab banyak orang yang tidak pernah mengetahui berapa banyak yang dimiliki dan kemana uang tersebut pergi.

Menuliskan penghasilan dan pengeluaran di dalam anggaran memungkinkan Anda memiliki gambaran yang lebih baik tentang situasi keuangan saat ini.

Hal ini juga akan membantu Anda untuk membuat keputusan yang realistis dan jujur tentang cara membelanjakan uang.

Baca juga: 5 Strategi Pilihan Mengumpulkan Tabungan Pensiun, Jangan Sampai Terlambat!

Kesimpulannya adalah konsep Zen ini bisa membantu Anda agar lebih baik dalam mengelola keuangan. Anda akan mengetahui tentang pentingnya melawan hawa nafsu, mengatasi rasa takut, dan paham dengan kondisi keuangan saat ini.

Menerapkan 4 konsep di atas memungkinkan Anda untuk lebih baik dalam mengambil keputusan yang berkaitan tentang uang.

Semoga pembahasan di atas bisa membantu Anda dan memberikan banyak inspirasi!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.