6 Pertanyaan yang Harus Dijawab Untuk Meningkatkan Produktivitas – Inilah perbedaan antara menjadi sibuk dan produktif.

Meskipun benar bahwa keduanya dapat menyelesaikan pekerjaan yang ada di daftar tugas, namun orang produktif akan menyelesaikan pekerjaan yang tepat.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Membuang Uang yang Sering Dilakukan Oleh Millennial

Alih-alih hanya melakukan sesuatu untuk menyelesaikannya, orang-orang produktif berfokus pada cara-cara yang harus dilakukan demi membuat dampak besar baik dalam kehidupan pribadi maupun professional.

Jadi, apakah kamu sibuk? Atau, apakah kamu produktif? Berikut adalah 6 cara yang dapat Anda temukan untuk menilainya:

6 Pertanyaan yang Harus Dijawab Untuk Meningkatkan Produktivitas

1. Apakah Anda Memiliki Tujuan?

tujuan hidup - tujuan investasi - tujuan keuangan - impian

Setiap individu produktif menetapkan tujuan sehingga mereka tahu persis mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan sepanjang hari.

Baca Juga: Wow! 10 Hal Berharga ini Ternyata Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis

Mereka memiliki tujuan jangka panjang yang direncanakan. Dan, mereka menciptakan tujuan jangka pendek untuk mendukung tujuan jangka panjang tersebut.

Memiliki tujuan membutuhkan disiplin untuk mencapai tujuan yang telah Anda tetapkan. Jika Anda merasa tidak memiliki tujuan, mulai bekerja untuk mengembangkan kedisiplinan dengan mengetahui prioritas Anda, belajar mengatakan “tidak,” keluar dari zona nyaman Anda dan biasakan diri dengan kegagalan. Anda akan belajar untuk bergerak lebih maju melalui kegagalan.

2. Adakah Sistem yang Ada Untuk Mendukung Tujuan Anda?

7 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Sebagai pemilik bisnis, tujuan jangka panjang Anda adalah membangun dan mempertahankan kesuksesan. Namun, dibutuhkan sebuah sistem untuk mendukung dan mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga: Agar Tidak Malah Merugi, 7 Cara Berhemat yang Salah Ini Tidak Boleh Anda Lakukan

Dalam hal ini, sistem Anda akan mencakup pemasaran, proses penjualan, operasi dan mampu tenggat waktu untuk mencapainya.

Untuk membangun sistem yang tepat, Anda harus berfokus pada ukuran kinerja harian dan mengakui kemajuan Anda sehingga Anda dapat terus bergerak maju.

3. Kapankah Waktu Kerja Produktif Anda?

cara mengatur waktu - waktu produktif

Hanya karena Anda berada di tempat kerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Tidak berarti Anda telah menjadi produktif karena kita semua memiliki produktivitas yang merosot sepanjang hari.

Baca Juga: Seperti Apa Sih Kebiasaan Kaum Millennial Dalam Mengatur Keuangan?

Hal pertama yang harus diketahui saat menentukan waktu kerja paling produktif adalah dengan menjawab, “Apakah Anda adalah seorang burung pagi atau burung hantu malam?”

Untuk meningkatkan produktivitas, cobalah untuk membuat jadwal pada pekerjaan Anda. Selalu pastikan Anda memprioritaskan tugas berdasarkan pada kepentingan dan tenggat waktunya.

Jika ada tugas yang besar pada daftar tugas Anda, kerjakan di masa Anda sedang memiliki energi yang paling besar (pada pagi hari contohnya).

Baca Juga: Bagaimana Caranya Membuat Anggaran Untuk Beragam Kebutuhan Keuangan Anda? Begini Tipsnya

Begitu Anda menjawab pertanyaan itu, Anda selanjutnya mungkin berniat untuk mencari tahu sesungguhnya apa yang menghambat Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Hal-hal seperti tidak menetapkan prioritas, perencanaan yang buruk, gangguan dari luar dan menunggu sampai menit terakhir untuk menyelesaikan sebuah tugas biasa selalu menjadi faktor pengganggu.

Dengan mengetahui informasi ini akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan kebiasaan Anda sehingga bisa menjadi lebih produktif.

Baca Juga: Krisis Keuangan? Don’t Worry Be Happy Selama Anda Melakukan 6 Tips ini

Tulislah di buku catatan apa yang telah Anda capai selama hari kerja sehingga Anda dapat mengidentifikasi pola yang paling produktif.

4. Apakah Anda Seorang yang Ragu-Ragu?

7 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Apakah Anda adalah seseorang yang membutuhkan waktu lama dalam hal membuat keputusan?

Baca Juga: Bermimpi Untuk Menjadi Miliarder? Ini 5 Kebiasaan yang Dilakukan Miliarder Supaya Cepat Kaya

Alih-alih membuat keputusan dan melangkah maju, Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengkhawatirkan apakah Anda membuat keputusan yang tepat atau tidak.

Hilangkan pikiran tersebut dan buatlah keputusan secara otomatis dengan mengajukan satu pertanyaan sederhana, “Akankah ini membantu saya mencapai tujuan saya?” Jika ya, lakukanlah.

Baca Juga: Supaya Bisa Investasi Sedari Muda, Coba Lakukan 3 Hal Ini

Pada akhirnya, satu-satunya keputusan yang buruk adalah keraguan, karena ini menyebabkan kelambanan. Dan tanpa tindakan, tidak akan ada hasil. Tanpa pengalaman dan kegagalan tidak akan ada pembelajaran.

5. Apakah Anda Seseorang yang Suka Multitasking?

multitasking

Penelitian telah membuktikan berkali-kali bahwa multitasking tidak akan berjalan dengan baik. Sebenarnya, karena Anda beralih di antara berbagai tugas, Anda mungkin kehilangan 40 persen dari produktivitas Anda.

Baca Juga: Generasi Millennial, Generasi Terkaya di Masa Depan

Dibandingkan dengan menyelesaikan beberapa tugas sekaligus, fokuslah untuk melakukan sesuatu pada satu waktu sehingga Anda bisa mengerjakannya lebih maksimal. Setelah itu selesai, Anda bisa pindah ke tugas selanjutnya.

6. Apakah Anda melacak penggunaan waktu Anda?

memanfaatkan waktu - produktif - produktivitas

Dengan melacak penggunaan waktu yang ada akan membuat Anda dapat menentukan waktu yang terbuang dengan sia-sia. Anda bisa memulai dengan melacak semua aktivitas Anda selama dua minggu.

Baca Juga: Hey Fresh Graduate, Pastikan Melakukan Hal ini Sebelum Mulai Berinvestasi

Saat Anda meninjau informasi ini, Anda mungkin menyadari bahwa Anda menghabiskan banyak waktu menonton TV, merespons email atau hanya sekedar membuka media sosial.

Dengan mengukur tingkat produktivitas Anda, sesungguhnya akan membuat Anda menyadari bahwa ada banyak waktu yang terbuang dengan sia-sia sepanjang harinya.

Setiap waktu yang terbuang seharusnya bisa digunakan menjadi lebih baik lagi, salah satunya adalah digunakan guna menambah pundi-pundi keuangan Anda.

Baca Juga: Tips Keuangan Untuk Anak Millennial: Mempersiapkan Keuangan di Masa Depan

Saat ini Anda dapat menggunakan waktu-waktu Anda untuk menjadi lebih produktif dengan belajar mengenai investasi.

Seperti yang diketahui, bahwa dengan berinvestasilah, Anda dapat menciptakan passive income di luar pekerjaan utama Anda.

Namun, sayangnya saat ini belum banyak orang yang mulai berinvestasi karena terbentur dengan sudut pandang bahwa melakukan investasi memerlukan dana yang besar.

Baca Juga: Punya Rencana Untuk Berlibur Namun Masih Bingung Dengan Biayanya? Coba 5 Tips Ini!

Namun, tahukah Anda, bahwa saat ini Anda dapat mulai berinvestasi dimulai dari nominal Rp 100 ribu? Dengan nominal ini, Anda juga akan mendapatkan bunga efektif mulai dari 18% per tahunnya.

Sangat menarik bukan? Jika Anda tertarik untuk memulainya, salah satu cara melakukan investasi tersebut adalah dengan melakukan investasi melalui peer to peer lending dari KoinWorks.



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?