Bagaimana Cara Menjadi Pembelajar Hebat Seumur Hidup?

7 Alasan Mengapa Pengajuan Aplikasi Beasiswa Gagal, Jangan Berhenti Mencoba! (5) - Pintar Bahasa Inggris: Belajar Otodidak atau Ikut Kursus? - Manfaat Terus Belajar dan Cara Menjadi Pembelajar Hebat

Bagaimana Cara Menjadi Pembelajar Hebat Seumur Hidup? – Tidak semua orang menyukai aktivitas belajar dan banyak orang yang berpikir bahwa satu-satunya sumber pembelajaran adalah sekolah formal.

Padahal pembelajaran yang Anda lakukan akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan mendukung kesuksesan serta pertumbuhan pribadi.

Pada pembahasan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda semua tentang cara menjadi pembelajar hebat seumur hidup dan aktivitas belajar apa saja yang bisa dilakukan.

Simak pembahasannya di bawah ini.

3 Langkah Agar Anda Menyukai Aktivitas Belajar

1. Ciptakan Tujuan Pembelajaran

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (14) - 5 Cara Produktif dalam Mengoptimalkan 24 Jam Sehari!

Tujuan belajar yang telah ditetapkan akan mengurangi waktu Anda bersantai dan menggantinya dengan aktivitas belajar dan meningkatkan kapasitas diri. Cara yang pertama ini masih sangat jarang dilakukan oleh seseorang.


2. Mulai dari Hal yang Kecil

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Jika Anda termasuk orang yang malas belajar dan membaca buku, maka jangan pernah memaksakan diri untuk belajar dalam waktu yang lama.

Mulailah proses belajar dari hal yang kecil terlebih dahulu, misalnya saja membaca buku setiap 15 menit setiap hari atau belajar selama 2 kali seminggu.

Jika Anda telah terbiasa dengan hal tersebut, maka lanjutkan dengan menambahkan waktu belajar menjadi lebih lama dari sebelumnya.

Baca juga: 4 Cara Efektif Belajar dari Kesalahan, Yuk Jadi Pribadi yang Lebih Baik Lagi!

Cara seperti ini jauh lebih efektif dilakukan, dibandingkan langsung belajar dalam waktu yang lama.


3. Membuat Proses Belajar Menjadi Menyenangkan

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Jangan jadikan proses belajar sebagai tugas, sebab hal ini akan membuat motivasi Anda untuk melakukannya menjadi turun. Jadikan proses pembelajaran sebagai sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan.

Misalnya saja seperti ini, Anda belajar dengan menggunakan alat peraga atau bisa juga menggunakan metode permainan agar lebih menyenangkan.

Lakukan apapun yang bisa membuat proses belajar menjadi aktivitas yang menyenangkan.


4 Cara Menjadi Pembelajar Hebat Seumur Hidup

1. Mulai dengan Membaca Buku

belajar hal yang disukai di perguruan tinggi - Mau Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Ayo Terapkan 6 Kiat Cerdas Berikut Ini - Tidak Minat Membaca Buku yang Bermanfaat? Ini 3 Solusinya

Cara belajar yang paling sederhana adalah dengan sering membaca buku yang bermanfaat. Ada banyak sekali buku berkualitas yang ditulis oleh seorang pakar dan bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas diri.


2. Mendengarkan Podcast dan Video

 Episode #3 – Cara Mendaftar di KoinWorks

Kemajuan teknologi informasi seperti saat ini sangat memudahkan banyak orang untuk melakukan pembelajaran.

Anda bisa mendengarkan podcast dari seorang ahli atau dari mentor yang Anda kagumi. Atau bisa juga dengan melihat video dari Youtube untuk belajar sesuatu hal yang sebelumnya tidak Anda ketahui.


3. Mengikuti Kelas Pelatihan

3 Strategi yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapatkan Perhatian Audiens Saat Sedang Presentasi

Seperti yang telah kami sampaikan di atas bahwa pembelajaran tidak hanya terbatas pada pendidikan formal saja, sebab Anda juga bisa mengikuti berbagai pelatihan di lembaga pendidikan non-formal.

Mulailah dengan mengikuti kursus di bidang keterampilan yang Anda sukai atau berkaitan dengan pekerjaan yang digeluti saat ini.

Baca juga: 4 Cara Efektif Belajar dari Kesalahan, Yuk Jadi Pribadi yang Lebih Baik Lagi!

Berkenaan dengan biaya yang harus dibayarkan Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar.

KoinPintar merupakan produk pinjaman dana khusus pendidikan yang ditawarkan oleh KoinWorks dengan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun

Anda juga bisa diberikan keringanan pembayaran sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka.

Berbagai kemudahan tersebut bisa terjadi karena KoinPintar bertujuan untuk membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya yang mahal.

Dengan adanya kemudahan di atas, maka jangan lagi menjadikan biaya yang mahal sebagai kendala untuk tidak mengikuti pendidikan dan meningkatkan kapasitas diri.  


4. Belajar dari Kesalahan

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (25) - 5 Alasan Mengapa Produktivitas Menurun, Ubah Kebiasaan dan Jadi Lebih Baik!

Kesalahan yang pernah Anda lakukan di masa lampau merupakan alat pembelajaran yang hebat. Jangan jadikan kesalahan yang Anda lakukan untuk menghukum dir sendiri, tetapi jadikan kesempatan tersebut untuk belajar.

Poin utama dari kesalahan yang pernah dilakukan adalah jangan sampai Anda mengulangi kesalahan yang sama secara berulang-ulang.

Baca juga: Tertarik Kuliah di Jurusan Hukum? Ini 10 Peluang Karir yang Bisa Anda Dapatkan di Masa Depan

Dengan tahapan di atas dan berbagai kiat yang telah disampaikan, kami berharap Anda bisa menjadi seorang pembelajar yang luar biasa dan hebat.

KoinPintar akan membantu Anda dengan pinjaman dana pendidikan yang bisa dibayarkan dalam jangka waktu 12 bulan ke depan. Ditambah lagi dengan bunga pinjaman yang sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan.

Teruslah meningkatkan kapasitas diri dengan belajar dan dapatkan kesuksesan karier dan pekerjaan di masa depan.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih