Menulis CV Tanpa Pengalaman, 5 Langkah Ini Akan Memudahkan Anda Diterima Bekerja – Saat Anda akan mencoba untuk mendapatkan pekerjaan pertama, menulis resume dan CV bisa menjadi langkah yang sangat penting sekaligus membingungkan untuk dilakukan. Ditambah lagi jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja yang pernah dilakukan sebelumnya.

Baca Juga: Sukses dalam Pekerjaan dengan 5 Hard Skills Ini

Jangan jadikan hambatan di atas sebagai kendala untuk tidak mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda semua tentang 6 langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk menulis CV tanpa adanya pengalaman kerja.

Simak pembahasannya di bawah ini.


1Buat CV Anda Mudah Dipahami

8 Cara Mudah Untuk Membuat Diri Anda Menjadi Calon Karyawan yang Menarik, Patut Dicoba!

Menurut penelitian, pihak perekrut hanya menghabiskan waktu sekitar 6 detik saja untuk meninjau resume yang Anda kirimkan.

Baca Juga: 3 Langkah yang Akan Membantu Anda Menjadi Seorang Pemimpin Karismatik

Oleh karena itu, penting untuk membuat CV yang menekankan informasi penting agar bisa dengan cepat dilihat oleh perekrut.


2Menetapkan Tujuan yang Jelas

5 Alasan Kenapa Pebisnis Pemula Sering Mengalami Kegagalan

Sebagai pekerja muda yang belum memiliki pengalaman, Anda harus bisa meyakinkan para perekrut bahwa Anda adalah calon karyawan yang terbaik. Cara yang bisa Anda lakukan adalah menunjukkan dengan jelas tujuan dan keinginan dalam pekerjaan.

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Menjadi Karyawan Berprestasi

Sebutkan posisi yang Anda harapkan atau bidang pekerjaan yang menarik minat Anda. Hal yang penting untuk diingat adalah keterampilan dan pendidikan Anda harus berhubungan dengan tujuan tersebut. Cara seperti ini akan membuat resume yang Anda kirimkan menjadi relevan dengan permintaan perekrut.


3Jujurlah Dengan Kekuatan Anda

7 Alasan Mengapa Pengajuan Aplikasi Beasiswa Gagal, Jangan Berhenti Mencoba! (8)

Pastikan Anda berkonsentrasi pada kekuatan dan kelebihan yang dimiliki untuk menarik minat para perekrut.

Misalnya saja, ada lowongan pekerjaan di bidang entry level IT, maka Anda bisa menekankan kemampuan komputer yang dimiliki, bisa berupa kemampuan jaringan atau bahasa pemrograman dasar.

Baca Juga: 5 Peluang Kerja yang Tersedia Untuk Lulusan Teknologi Informasi (TI), Tertarik?

Jika memungkinkan, Anda juga bisa menyebutkan berbagai pencapaian yang dimiliki pada bidang tersebut. Misalnya saja, Anda pernah mengembangkan aplikasi, membuat situs website, atau menyelesaikan masalah teknis.

Jika belum memiliki kekuatan yang bisa disampaikan, maka inilah kesempatan Anda untuk meningkatkan keterampilan dan kapasitas diri. Caranya adalah dengan mengikuti workshop, pelatihan, atau mengikuti pendidikan yang berkaitan dengan bidang tertentu.

Bagaimana dengan biaya pendidikan untuk mengikuti pelatihan tersebut?

Baca Juga: Segera Miliki 5 Keahlian Agar Bisa Sukses Berwirausaha, Segera Terapkan!

Tidak perlu khawatir, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana yang bisa Anda gunakan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan. KoinPintar merupakan salah satu produk pinjaman dana khusus pendidikan yang ditawarkan oleh KoinWorks.

Produk pinjaman dana ini sangat memudahkan karena menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Hal yang paling penting adalah pinjaman dana ini bisa Anda bayarkan dengan cara mengangsur sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Baca Juga: 7 Bidang Pekerjaan yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Sarjana Ekonomi

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena KoinPintar memiliki tujuan untuk membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan.

Keterampilan yang baik dan mumpuni menjadi salah satu pertimbangan perusahaan untuk merekrut Anda bekerja.


4Pengalaman Apapun yang Pernah Dilakukan

tulis-essay-Sudah Daftar Beasiswa LPDP 2019 Tahap 2? Ini Dia Tipsnya Agar Anda Bisa Lolos!

Bisa saja Anda pernah bekerja paruh waktu sebagai pelayan restoran atau penjaga kasir saat sedang berkuliah.

Meskipun pekerjaan ini tidak memiliki hubungan dengan pekerjaan yang dilamar, Anda tetap bisa menjadikan pengalaman pekerja tersebut sebagai nilai tambah. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengemas dan menyampaikan pengalaman kerja tersebut dengan cara yang menarik.

Baca Juga: Meningkatkan Keterampilan Bisa Meningkatkan Prospek Karir Anda, Bagaimana Bisa?

Misalnya saja seperti ini, mengemban posisi kasir membuat Anda terlatih menghadapi stres, memperhatikan detail dalam pekerjaan, dan mengasah keterampilan berkomunikasi dengan para pelanggan.


5Pengalaman Selama Menempuh Pendidikan

7 Alasan Mengapa Banyak Orang Gagal, Jadilah Seorang Pemenang! (2)

Ada banyak pengalaman yang bisa dicantumkan dalam resume atau CV Anda, bisa berupa beasiswa yang pernah didapatkan, penghargaan, partisipasi pada organisasi, dan lain sebagainya. Jika memungkinkan, setiap pengalaman tersebut berkaitan erat dengan bidang pekerjaan yang dilamar.

Dengan menerapkan 5 langkah di atas, resume dan CV Anda akan jauh lebih menarik dan menjadi pertimbangan oleh para perekrut. Hal yang paling penting dari itu semua adalah teruslah mengasah keterampilan di bidang pekerjaan yang akan dilamar.

Baca Juga: Presentasi yang Baik Itu Diawali dengan 5 Tips Berikut, Sudah Menerapkannya?

Banyak sekali perusahaan lebih fokus pada calon karyawan yang siap bekerja dan memiliki banyak keterampilan daripada mereka yang hanya memiliki nilai yang baik.

KoinPintar bisa membantu Anda dengan pinjaman dana pendidikan yang memiliki suku bunga rendah dan bisa dibayarkan dalam jangka waktu 12 bulan ke depan. Dengan adanya kemudahan tersebut, jangan jadikan biaya yang mahal sebagai kendala untuk tidak mengikuti pendidikan dan meningkatkan keterampilan menjadi jauh lebih baik.

Semoga pembahasan di atas memberikan banyak manfaat!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.