Yuk, Lakukan 5 Kegiatan Produktif Ini Saat Menunda Kuliah atau Gap Year! – Apakah di tahun ini Anda memutuskan untuk tidak mengambil kegiatan perkuliahan? Bukan berarti Anda langsung menjadi pengangguran.

Ada banyak aktivitas produktif yang bisa Anda lakukan sembari menunggu tahun berikutnya.

Berikut ini adalah 5 aktivitas produktif yang bisa Anda lakukan saat menunda kuliah atau gap year! Yuk, simak!


5 Kegiatan Produktif Saat Menunda Kuliah atau Gap Year!

1Kesempatan untuk Memahami Passion Anda

7 Karakteristik Desainer Hebat yang Bisa Anda Miliki

Tidak sedikit orang yang telah merasa salah mengambil jurusan ketika kuliah. Hal tersebut tentunya sangat disayangkan, selain karena uang kuliah tidak sedikit, ilmu yang akan didapatkan di perkulihan pun akan menjadi sia-sia jika sudah tidak ada niat lagi.

Baca juga: 6 Keterampilan Kerja Ini Membantu Anda Menghasilkan Banyak Uang

Nah! Kegiatan produktif pertama yang bisa Anda lakukan, yaitu cobalah untuk melakukan kegiatan untuk mengenal diri sendiri. Seperti melakukan atau menekuni hobi serta minat Anda.

Dengan demikian, ketika masa gap year Anda sudah selesai dan sudah saatnya masuk ke dunia perkuliahan, Anda tidak akan mengalami perasaan salah memilih jurusan kuliah.


2Persiapan SBMPTN yang Lebih Matang

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (14) - 5 Cara Produktif dalam Mengoptimalkan 24 Jam Sehari! - Ternyata, 5 Kebiasaan yang Membuat Bahagia Sangat Mudah Dilakukan - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda - 5 Kualitas Introvert Membuat Mereka Mampu Menjadi Pemimpin Besar

Gagal SBMPTN? Jangan khawatir. Anda bisa menunda kuliah atau mengambil gap year demi memepsiapkan SBMPTN tahun depan.

Baca juga: Tidak Lulus SBMPTN? Jangan Khawatir Biaya Kuliah yang Tinggi!

Sejak sekarang, Anda harus melakukan riset dan mempelajari lebih mendalam terkait jurusan yang akan Anda ambil. Apabila Anda belum lolos, coba deh cari tahu kesalahan apa yang Anda lakukan selama mengikuti SBMPTN kemarin.

Harapannya, tahun depan Anda bisa unggul dan lolos di SBMPTN tahun depan. Semangat!


3Traveling

traveling-bertualang-jalan jalan-Anda pun Boleh Boros, Asalkan...

Lakukan kegiatan traveling ketika Anda sedang menjalani masa gap year. Kegiatan traveling tidak semata-mata hanya untuk menghabiskan uang saja.

Dari kegiatan traveling, Anda bisa banyak belajar hal-hal baru. Karena Anda bisa bertemu dengan orang-orang, komunitas serta budaya yang baru.

Dengan begitu Anda tidak akan kaget ketika menemukan karakter orang yang berbeda ketika mulai memasuki dunia perkuliahan.


4Menghabiskan Waktu Lebih Banyak Bersama Keluarga

Diperbincangkan dengan Keluarga

Ketika Anda memilih universitas yang berbeda pulau bahkan berbeda negara dari tempat tinggal Anda, masa gap year adalah waktu yang tepat untuk bisa Anda luangkan dengan keluarga.

Jangan sampai Anda menyesal karena tidak menghabiskan waktu lebih banyak dan harus berangkat ke tempat perantauan.


5Coba Magang atau Kerja Paruh Waktu

kerja sampingan - freelance - kerja - pegawai

Jika Anda ingin menghasilkan penghasilan tambahan, cobalah untuk mengisi masa gap year Anda dengan kegiatan magang atau kerja paruh waktu. Pilihlah kegiatan magang atau kerja paruh waktu yang memang sesuai dengan soft skill Anda.

Selain pengalaman baru Anda dapatkan, pengalaman magang bisa menjadi hal yang sangat berguna untuk dicantumkan di Curriculum Vitae atau CV Anda.

Eitss… siapa tahu, jika Anda magang atau bekerja paruh waktu, Anda bisa menambah tabungan untuk membayar biaya pendidikan nanti.

Hmm… memang, pendidikan zaman sekarang tidak ada yang murah. Namun, hal tersebut tidak akan mematikan impian Anda untuk bisa mengenyam pendidikan di institusi pendidikan yang Anda idam-idamkan!

Oleh karena itu, KoinPintar dari KoinWorks siap membantu Anda menggapai mimpi lewat pendidikan yang ingin dijalani. KoinPintar akan membantu membiayai pendidikan Anda, tapi syarat utama yang harus dipenuhi adalah Anda sudah terdaftar di institusi pendidikan yang dituju.

Kemudian, KoinPintar akan membayarkan biaya pendidikan secara langsung ke institusi pilihan Anda, sementara Anda bisa membayar cicilan hingga 12 bulan ke depan. Bunga yang ditawakan mulai dari 0,75% per bulan. Cukup rendah bukan?

Yuk, selepas melakukan hal-hal produktif selama gap year, kini saatnya kembali mengenyam pendidikan di sekolah atau kampus impian. Jika merasa kesulitan biaya, jangan lupa, ada KoinPintar yang siap membantu!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.