Menurut Sebuah Studi, Hal Ini yang Membuat Anda Jauh Lebih Menarik – Makin sedikit utang Anda, apakah Anda akan lebih beruntung soal asmara?

Sebuah studi yang dilakukan oleh LendingTree menunjukkan bahwa hal tersebut bisa saja menjadi salah satu kemungkinan terbesar.

Dalam sebuah survei yang dilakukan terhadap 2.000 orang, baik pria maupun wanita dengan pendapatan yang signifikan melebihi utang pribadi mereka dianggap jauh lebih menarik dibandingkan dengan tingkat utang yang tinggi.

Dalam studi tersebut, pas foto pria fiktif ditunjukkan kepada responden dan mereka diminta untuk menilai penampilan pria tersebut.

Kemudian, mereka diberi informasi fiktif mengenai utang dan pendapatan masing-masing pria (yang ditunjukkan dalam foto tersebut) dan responden diminta lagi untuk menilai daya tarik mereka terhadap pria tersebut. Hal yang sama juga dilakukan dengan pas foto wanita fiktif lainnya.

Daya tarik seorang pria meningkat hanya ketika nominal utangnya tidak melebihi setengah penghasilannya. Dan ketika pendapatan dan utang seorang pria berada di tingkat yang sama, daya tariknya pun menurun drastis.

Untuk wanita, dampak utang pun cenderung kurang mempengaruhi, dan wanita yang memiliki hutang yang banyak hanya dipandang sedikit kurang menarik.

Menurut studi tersebut, 65% wanita yang disurvei menganggap bahwa status ketenagakerjaan menjadi sangat penting, dibandingkan dengan hanya 32% pria.

Selain itu, mereka yang memiliki rentang pendapatan yang lebih rendah cenderung tidak memberikan penilaian terhadap seseorang sebagai kurang menarik berdasarkan kondisi keuangannya.

Berpindah ke pendapatan yang lebih tinggi, hasil studi menunjukkan bahwa mereka yang bergaji sekitar $75,001 membuat hasil studinya hampir terbelah, dengan hanya setengah dari responden yang menganggap utang sebagai sesuatu yang mempengaruhi menarik tidaknya seseorang.

Ketika dikaitkan dengan potensi hubungan asmara jangka panjang, mayoritas responden mengatakan bahwa mereka mungkin akan berkencan dengan seseorang yang memiliki kredit macet, tetapi bila ditanya perihal apakah mereka akan menikahi seseorang dengan kredit macet tersebut, angkanya pun menurun drastis.

“Ada takeaway yang jelas; jangan menunggu hingga pernikahan untuk meningkatkan skor kredit Anda,” terang Kip Wright, salah satu anggota tim kreatif LendingTree. Ia pun menambahkan, “Dan jangan pernah merahasiakannya (utang tersebut).”

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa beberapa jenis utang yang dianggap sebagai “utang baik”, seperti pinjaman pendidikan, memiliki dampak negatif yang lebih rendah ketimbang jenis utang lainnya, katakanlah utang/tagihan kartu kredit.

Kip Wright menjelaskan bahwa membelanjakan uang dengan nominal yang lebih besar ketimbang yang dapat dihasilkan dipandang sebagai sesuatu yang lebih tidak bertanggung jawab dibandingkan dengan mengajukan pinjaman pendidikan.

Studi tersebut membawa perhatian terhadap fakta bahwa utang bagi wanita yang disurvei cenderung sebagai deal breaker. “Berdasarkan hasil studi yang dilaukan, kita tentu dapat menentukan bahwa pendapatan dan utang sangat mempengaruhi tingkat daya tarik pria dibandingkan wanita,” kata Wright menjelaskan.

“Saya tidak bisa berspekulasi mengenai apa yang ditunjukkan hasil studi ini terhadap peran kita dalam kehidupan bermasyarakat, tetapi jelas bahwa wanita sangat mempertimbangkan dan menilai pasangan mereka dari segi pendapatan dan pekerjaan.”

Eksistensi utang akan selalu membuat kondisi finansial seseorang menjadi terganggu. Hal tersebut juga dipengaruhi kebijakan seseorang dalam mengelola keuangannya.

Memang, ada berbagai hal yang membuat seseorang harus berutang, tak terkecuali ketika berbisnis. Namun, bedakan utang mana yang memang akan membuat kondisi finansial Anda justru produktif dengan yang sebenarnya tidak

Bila kita menilik hasil studi yang dilakukan oleh LendingTree, pria yang memiliki jumlah utang yang signifikan cenderung memiliki tingkat daya tarik yang lebih rendah di mata wanita, begitu pun bila dibandingkan dengan daya tarik pria terhadap wanita.

Hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti misalnya, pria cenderung menjadi ‘tulang punggung’ seturut kodratnya, dan prialah yang menjadi sandaran bagi wanita. Jika dipandang dari segi ini, hasil studi tersebut bisa dikatakan wajar.

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk segera terlepas dari lilitan utang, seperti menggunakan metode Debt Snowball atau pun menggunakan metode Debt Stacking.

Selain itu, hal-hal lain seperti investasi juga tentu akan membantu menghasilkan pendapatan tambahan yang bisa digunakan untuk melunasi segala utang Anda, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Intinya, bijaklah dalam mengelola keuangan terutama ketika hendak melunasi segala utang Anda terutama bagi para pria, sehingga daya tarik Anda di hadapan para wanita menjadi lebih tinggi lagi.

Sumber: Forbes

Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.