Merdeka Finansial Bukan Lagi Impian, Terapkan 5 Kebiasaan Ini! – Meraih kemerdekaan finansial merupakan impian semua orang, siapa sih yang tidak ingin mengalaminya? Bisa hidup tanpa ada lagi beban dari cicilan hutang, tentunya sangat menyenangkan.

Bekerja pun bukan lagi sekadar mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan tetapi hanya untuk menghabiskan waktu dan mengaktualisasi diri.

Ya, merdeka finansial seringkali menjadi cita-cita yang hampir semua orang ingin capai untuk bisa menikmati kehidupan.

Tetapi sebenarnya, apa itu merdeka finansial?

Banyak yang mengira kalau orang yang merdeka secara finansial berarti memiliki aset melimpah, tetapi sebenarnya menurut para perencana keuangan, kondisi merdeka finansial bisa ditandai ketika seseorang sudah meraih tiga tujuan keuangan, yaitu dana pendidikan anak, proteksi jiwa dan kesehatan.

Jadi, mereka yang berpenghasilan besar belum tentu lho merdeka secara finansial.

Nah, untuk bisa mencapai tiga tujuan keuangan tersebut, tentunya tidak mudah. Tapi, jika Anda membangun kebiasaan-kebiasaan berikut ini, bukan tidak mungkin merdeka finansial bisa cepat dicapai!


Merdeka Finansial Bukan Lagi Impian, Terapkan 5 Kebiasaan Ini!

1Susun Rencana Anggaran Rutin

Menghindari Inflasi Gaya Hidup - Benci Matematika? Lakukan 3 Langkah Penganggaran Sederhana Berikut Ini - merdeka finansial

Dengan membiasakan diri menyusun rencana anggaran rutin akan sangat membantu Anda untuk mengetahui kondisi keuangan. Hal ini membuat, Anda bisa lebih mengoptimalkan setiap pendapatan dengan lebih terarah.

Caranya sebenarnya mudah dan tidak sulit, kok. Anda bisa mulai membiasakan menyusun rencana anggaran setiap kali sehabis gajian. Anda bisa menuliskan poin-poin penting seperti pemasukan dan pengeluaran.

Dalam kolom pemasukan, Anda bisa memasukan sumber-sumber pendapatan begitu juga di kolom rencana pengeluaran, Anda bisa menuliskan pengeluaran apa saja yang terjadi di bulan depan.

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Gaji “10 Koma”

Pengeluaran yang Anda catat mulai dari pengeluaran kebutuhan sehari-hari, investasi, sosial, hiburan hingga asuransi.

Alternatif lain agar lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan aplikasi manajemen keuangan yang bisa di-download pada smartphone.

Memiliki rencana anggaran rutin seperti ini dapat memotivasi Anda untuk lebih teliti dalam mencatat aktivitas keuangan. Hal ini juga menghindari kebingungan ke mana saja penghasilan Anda dihabiskan.


2Menyisihkan Dana Darurat

tujuan keuangan - mempersiap dana darurat - dana darurat penting dimiliki. - merdeka finansial

Selanjutnya untuk bisa mencapai merdeka finansial, Anda harus menyisihkan sebagian penghasilan untuk dana darurat.

Dana darurat ini sangat penting lho, karena bisa membantu Anda menghadapi kondisi mendesak yang butuh dana segera.

Tentu saja, Anda bisa terhindar dari utang saat memiliki dana darurat.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Menabung Dana Darurat, Jangan Sampai Anda Berhutang!

Tidak sulit kok untuk membangun dana darurat, Anda bisa secara rutin menyisihkan minimal 10% dari penghasilan setiap bulannya.

Kumpulkan sampai setidaknya tiga hingga enak kali besar pengeluaran rutin bulanan.

Tetapi, Anda juga harus tahu kalau dana darurat ini hanya bisa digunakan dalam kondisi emergency dan urgent.

Maka dari itu, taruhlah dana darurat di instrumen yang likuid dan mudah dicairkan seperti tabungan, reksa dana pasar uang, emas dan lainnya.


3Memiliki Tujuan Keuangan yang Spesifik

4 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Jaman Sekarang Punya! - merdeka finansial- kuliah sambil kerja

Dengan memiliki tujuan keuangan spesifik, Anda tentu diharuskan untuk menyebutkan berapa target dana yang dingin dicapai secara detil, bagaimana cara mendapatkannya, dan kapan bisa menggunakannya.

Misalnya, Anda ingin mencukupi kebutuhan dana sekolah anak hingga perguruan tinggi 20 tahun lagi, maka dari itu Anda harus menghitung berapa dana yang dibutuhkan, berapa sisa waktu untuk mewujudkannya, dan pilihan instrumen yang tepat agar bisa mencapainya.

Dengan hal ini, Anda akan terbantu untuk mengetahui prioritas keuangan apa saja yang perlu dilakukan.


4Berinvestasi Sejak Dini

ahli investasi - investasi sedari muda - merdeka finansial

Menabung saja tidak cukup untuk bisa merdeka finansial. Maka dari itu, berinvestasi adalah cara efektif untuk menghadapi laju inflasi di masa depan.

Nah, untuk mulai berinvestasi setidaknya Anda mengetahui dahulu profil risiko Anda.

Setelah itu, pilih produk investasi yang cocok dan mendukung tercapainya tujuan keuangan Anda.

Baca Juga: 4 Investasi Minim Risiko Buat Investor Pemula yang Mau Kaya!

Banyak lho, jenis produk investasi yang bisa dipilih seperti reksa dana, saham, obligasi, emas, properti dan Peer-to-Peer Lending (P2P).

Beberapa tahun ini, P2P sedang sangat populer. Instrumen investasi yang berbasis fintech ini, merupakan sebuah platform online yang menghubungkan Pendana dan Peminjam dana.

Biasanya seorang Pendana atau Peminjam tersebut, ingin mewujudkan tujuan keuangan masing-masing. Entah itu untuk modal bisnis, biaya pendidikan atau melipat gandakan  uang di masa depan.

Nah, untuk bisa menjadi investor atau Pendana di P2P, Anda bisa langsung mendaftarkan diri di KoinWorks.

Hanya dengan Rp100.000 dan kelipatan selanjutnya, Anda bisa mendapatkan hasil imbal hingga 21,32% setiap tahunnya.

Tak perlu khawatir, KoinWorks sebagai salah satu perusahaan Peer-to-Peer Lending (P2P) telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bersertifikasi ISO:27001.

Jadi bukan abal-abal dan lebih terpercaya. Yuk, mulai danai sekarang! Biar lebih yakin, lihat yuk pengalaman seorang Pendana berikut ini!


5Membatasi Utang Konsumtif

12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai (3) - kartu kredit - merdeka finansial

Jika Anda belum familiar, utang konsumtif adalah segala jenis pinjaman yang tidak memiliki nilai tamah dan biasanya digunakan untuk konsumsi.

Utang ini merupakan kebalikan dari utang produktif yang meliputi, utang modal usaha di mana pinjaman diputar kembali untuk menghasilkan keuntungan lebih besar.

Lalu, apa saja yang termasuk utang konsumtif? Antara lain, pinjaman kartu kredit, KTA, belanja tanpa kartu kredit, dan lainnya.

Jadi, bila Anda ingin meraih merdeka finansial, yuk mulai sekarang biasakan untuk lebih selektif dalam berutang.

Anda harus membatasi utang konsumtif. Cara mudahnya, Anda bisa membiasakan diri untuk membayar lunas seluruh tagihan kartu kredit jadi bisa bebas dari beban bunga.


Itulah kebiasaan-kebiasaan yang bisa Anda terapkan untuk dapat mencapai merdeka finansial lebih cepat. Percayalah, jika Anda konsisten dan disiplin dalam menjalaninya, bukan hal tak mungkin untuk bisa mencapai segala tujuan keuangan Anda. Semangat terus!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.