Belajar dan Bekerja dengan Optimal Menggunakan Metode 90 Menit, Mau Mencobanya? – Otak yang Anda miliki merupakan pusat pemecahan masalah, pengelola perasaan, perilaku, kebijaksanaan, dan tempat Anda menyimpan berbagai kenangan yang pernah dilalui.

Hal yang jarang dipahami oleh banyak orang adalah tidak semua dari mereka mampu mengoptimalkan potensi otak saat bekerja atau belajar.

Baca juga: 9 Prinsip yang Membedakan Pemimpin yang Ideal dan yang Bukan

Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan kemampuan otak untuk bekerja dan belajar?

Berikut ini metode yang bisa kami bagikan agar Anda bisa mengoptimalkan kinerja otak untuk bekerja dan belajar apapun.

Belajar dan Bekerja dengan Optimal Menggunakan Metode 90 Menit, Mau Mencobanya?

1Menggunakan Ritme Ultradian

kasbon karyawan - pinjaman karyawan -cpns-tipu-penipuan-tips-cek-ricek-Ini Dia 5 Cara Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS! - Investasi untuk PNS - jenis investasi jangka panjang - resolusi tahun baru

Jika ingin membuka potensi otak secara penuh, maka Anda perlu menggunakan ritme ultradian yang terjadi pada interval waktu kurang dari 24 jam.

Ritme ini akan membuat Anda merasa bersemangat dalam 1 sampai 2 jam dan selanjutnya merasa tidak fokus dan lesu.

Sebagian besar orang menghabiskan waktu mereka untuk bekerja dengan santai dan tidak mendapatkan istirahat.

Baca juga: Ingin Lebih Mudah Memahami Pelajaran? Ikuti 5 Cara Cerdas Ini

Saat melakukan hal ini, mereka tidak produktif karena tidak bisa fokus dan tidak mampu menggunakan potensi mental secara penuh.

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan periode waktu saat energi masih tinggi untuk produktif bekerja dan belajar, selanjutnya Anda bisa bersantai, beristirahat, dan mengisi ulang energi Anda.


2Metode 90 Menit Aktivitas dan 20 Menit Beristirahat

manfaat kasbon - konten - kolaborasi karyawan - kantor (5) - tips investasi untuk PNS

Ritme Ultradian terjadi pada interval 90 -100 menit sepanjang hari dan inilah periode dimana Anda mengalami produktivitas yang tinggi.

Cara terbaik untuk memanfaatkan ritme ultradian adalah mulai mengerjakan tugas selama 90 menit tanpa adanya gangguan.

Baca juga: 5 Prinsip Kepemimpinan yang Diadopsi dari Dunia Militer

Selanjutnya, Anda bisa mengambil waktu beristirahat selama 20 menit dan selanjutnya bekerja lagi selama 90 menit tanpa gangguan.

Dengan mengikuti interval waktu seperti contoh di atas, maka Anda bisa menggunakan potensi penuh dari otak.

Kemampuan Anda melatih fokus sama seperti membangun otot, semakin banyak Anda melatihnya, maka akan semakin baik dan fokus.

Hal yang penting untuk diingat adalah jangan hanya fokus dan bekerja tanpa gangguan selama 90 menit. Anda juga harus bisa mengoptimalkan waktu selama 20 menit yang disediakan untuk beristirahat.

Manfaatkan waktu selama 20 menit tersebut untuk mengisi ulang energi dengan cara yang tepat.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat beristirahat adalah dengan melakukan suatu hal yang berbeda dari kerja otak sebelumnya. Misalnya saja berjalan-jalan, melakukan meditasi, tidur siang selama 20 menit, dan lain sebagainya.

Jangan sampai sikap Anda yang termotivasi untuk bekerja dan belajar membiarkan Anda tidak melakukan istirahat yang penting untuk dilakukan.

Baca juga: Terapkan 3 Langkah Untuk Mengatasi Masalah Suka Menunda Pekerjaan

Dengan adanya pembagian waktu yang tepat untuk beraktivitas dan beristirahat, maka Anda telah membuat komitmen pada diri sendiri untuk sepenuhnya fokus pada satu tugas yang penting.

Jika ada dorongan untuk membuka website atau memeriksa email saat sedang bekerja dan belajar, maka Anda telah mengetahui bahwa hal tersebut bisa dilakukan dalam waktu istirahat nanti.


3Pentingnya Mengelola Energi yang Anda Miliki

meeting kerja kantor pemimpin manajer

Saat Anda bekerja atau belajar, satu hal yang penting adalah berapa banyak energi yang Anda miliki agar bisa melakukannya dengan optimal.

Waktu yang Anda miliki tidak akan bisa digunakan jika Anda tidak memiliki energi untuk melakukan aktivitas.

Hal di atas menunjukkan bahwa tubuh Anda sangat membutuhkan istirahat dan jangan pernah memaksa diri melakukan aktivitas sepanjang hari tanpa adanya istirahat.

Baca juga: 5 Alasan yang Menunjukkan Bahwa e-Learning Bukan Pilihan Untuk Anda

Metode 90 menit dan 20 menit seperti contoh di atas bisa Anda lakukan saat akan bekerja atau saat akan fokus belajar suatu keterampilan.

Meskipun metode di atas bisa Anda lakukan saat akan mempelajari keterampilan dan pengetahuan baru. Jangan sampai kendala biaya menghalangi Anda untuk mengikuti pendidikan formal dan non-formal.

Jangan pernah khawatir dengan masalah tersebut, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana yang ditawarkan oleh KoinPintar untuk Anda.

Pinjaman dari KoinPintar memiliki suku bunga yang sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. 

Hal yang paling penting adalah pinjaman tersebut bisa Anda cicil selama jangka waktu 12 bulan ke depan. Tidak memberatkan, bukan?

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena KoinPintar memiliki tujuan untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya yang mahal.

Semoga informasi di atas memberikan banyak manfaat dan inspirasi!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.