4 Langkah Mewujudkan Impian dengan Berinvestasi – Kebanyakan orang berinvestasi dengan gaya yang sporadis tanpa mempertimbangkan tujuan, waktu, dan risk tolerance.

Ada juga yang berani menggelontorkan sejumlah dana besar untuk diinvestasikan tanpa benar-benar mempelajari pasar, resiko, cara kerja, bahkan bunga yang didapat.

Kebanyakan orang cenderung melihat investasi sebagai sebuah Aset. Ada juga yang melihatnya sebagai sebuah bisnis maupun sumber pendapatan.

Ada juga yang memanfaatkannya untuk mewujudkan impian. Tidak, bukan tidak mungkin setiap orang dapat mewujudkan impian dengan berinvestasi.

Baca Juga: Tips Investasi di Tahun 2017

Bila Anda memiliki berbagai tujuan finansial, bukan tidak mungkin berinvestasi bisa membantu Anda untuk mewujudkannya.

Paling tidak, 4 Langkah ini bisa Anda gunakan untuk mewujudkan impian dengan berinvestasi. Berikut selengkapnya:

4 Langkah Mewujudkan Impian dengan Berinvestasi

mewujudkan impian dengan berinvestasi

1. Cari Tahu dan Tentukan Impian/Tujuan

Entah itu financial freedom atau bisa mempersiapkan dana pensiun jauh sebelum benar-benar hari pensiun tiba, impian atau tujuan harus sudah bisa dirangkum dengan jelas jauh sebelum Anda mulai menyiapkan strategi untuk meraihnya.

Bila tujuan Anda dalam jangka panjang sudah jelas, Anda kemudian tentu harus bisa merancang strategi apa yang tepat untuk diterapkan. Satu bagian dari strategi tersebut yang kita bahas di sini  tentu adalah investasi.

Baca Juga:

Bagaimana Investasi Mempengaruhi Kehidupan Finansial?

Pilih jenis investasi yang tepat dan dalam jangka waktu berapa lama Anda bisa menggunakan keuntungan investasi tersebut dalam mewujudkan impian Anda.

Contohnya, bila Anda ingin agar bisa traveling setiap tahunnya, pilihlah jenis investasi yang memiliki jangka waktu kurang lebih setahun hingga Anda bisa menggunakan keuntungan investasi tersebut untuk traveling di tahun berikutnya.

2. Seimbangkan Beberapa Tujuan Sekaligus

Pastikan bahwa tujuan yang ditetapkan itu realistis, bisa diraih dengan strategi yang Anda rancang. Misal, Anda berencana pensiun dalam 25 tahun mendatang.

Berapa banyak dana yang bisa Anda kumpulkan dalam 25 tahun ke depan? Berapa banyak dana yang cukup untuk hari pensiun Anda?

Baca Juga:

Tips Keuangan Sebagai Bagian dari Resolusi Tahun 2017 Anda

Di sisi lain, bila Anda memiliki beberapa tujuan lain selain dana pensiun, misalnya membeli rumah dalam waktu 10 tahun mendatang dan bisa memiliki bisnis sendiri dalam 5 tahun ke depan dengan modal awal Rp 100 juta, harus berapa banyak yang Anda sisihkan setiap bulan dari pendapatan Anda untuk tiga tujuan di atas; dana pensiun, rumah, dan bisnis?

Harus berapa banyak yang Anda investasikan dan berapa jumlah keuntungan yang Anda dapat dari investasi tersebut?

Dengan begitu Anda bisa menentukan mana yang harus didahulukan menurut prioritasnya dan bisa memilih investasi yang tepat dalam jangka waktu tertentu.

3. Pertimbangkan Jangka Waktu

Beberapa impian memiliki jangka waktu sebagai acuannya, misalnya pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Bila Anda menargetkan karir yang lebih baik dan merasa membutuhkan pendidikan yang lebih tinggi lagi agar bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, berapa lama yang Anda butuhkan untuk bisa mengumpulkan dana kuliah tersebut dan berapa lama waktu yang diperlukan agar pendidikan tersebut bisa diselesaikan.

Hal ini berlaku pula ketika Anda sudah berkeluarga. Saat anak lahir, Anda kemudian memiliki waktu sekitar 18 tahun hingga anak Anda masuk ke perguruan tinggi.

Beberapa impian lain tidak memiliki jangka waktu tetap, tetapi dapat bergantung pada uang yang diperlukan misalnya kapan harus pensiun atau pindah ke rumah yang lebih besar saat keluarga Anda mulai tumbuh.

Bila Anda tidak mempersiapkan apa-apa saat berumur 35 tahun dan punya rencana untuk pensiun di umur 50 tahun, Anda harus bisa meraih 20% ROI atau bekerja lebih lama atau bahkan mundur dari jumlah tabungan semula yang sudah ditargetkan.

Baca Juga:

Di KoinWorks, Anda bisa Memilih Jangka Waktu Investasi Selama 6 Bulan Secara Otomatis

Anda harus mencari cara lain untuk mencapai tujuan Anda.

Saat berinvestasi, pertimbangkan juga pajaknya. Pertimbangkan dengan hati-hati bahwa Anda mungkin membutuhkan dana (yang harus dibayarkan menjadi pajak) tersebut untuk mewujudkan tujuan-tujuan lain sebelum benar-benar pensiun.

Selain itu, bila Anda berencana untuk mewujudkan impian dalam waktu dekat, misalnya dalam 3 bulan, bijak dalam menginvestasikan uang Anda.

Jangan investasikan seluruh dana yang Anda miliki karena dana segar tetap dibutuhkan untuk mencapai impian tersebut. Di sisi lain, cari jugalah jenis investasi yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan bunga pengembalian di saat Anda membutuhkannya untuk memenuhi tujuan.

4. Rajin Berinvestasi

Bila Anda hanya fokus menyimpan uang tanpa menggunakannya untuk berbagai kepentingan yang menghasilkan seperti berinvestasi atau berbisnis, secara perlahan nilai uang Anda akan tergerus.

Sebaliknya, bila Anda menggunakan uang untuk berbagai kepentingan produktif yang bisa menambah nilai aset Anda seperti investasi atau berbisnis, akan terjadi perputaran uang sehingga nilai uang Anda tidak tergerus, seperti misalnya tergerus inflasi.

Bila Anda rajin berinvestasi, perputaran uang Anda bisa lebih jelas tujuannya dan keuntungan pun bisa Anda maksimalkan.

Tentu dengan mempelajari risk tolerance dan cara kerja menyeluruh. Anda bisa mencoba berinvestasi di berbagai instrumen investasi, entah itu saham, emas, hingga peer to peer lending (P2P Lending).

Baca Juga:

Peraturan Peer to Peer Lending Resmi Dirilis Oleh OJK

Peer to Peer Lending Indonesia seperti KoinWorks terbilang sangat fleksibel sebab Anda bisa langsung menghitung berapa potensi keuntungan yang Anda dapatkan saat berinvestasi.

Anda juga bisa meminimalisir resiko dengan mempelajari data peminjam secara menyeluruh, berikut dengan menerapkan teknik diversifikasi atas pinjaman Anda.

Baca Juga:

Ini Alasan Kenapa Berinvestasi di KoinWorks Bisa Mulai dari Rp 100.000

Penutup

Anda bisa mewujudkan banyak hal saat berinvestasi, tentu sangat bergantung pada apa yang ingin Anda capai dan bagaimana strategi Anda untuk mencapainya.

Berinvestasi bukanlah sesuatu yang baru. Setiap orang perlu mulai berinvestasi karena manfaatnya pun memang nyata, bukan saja kepada hal yang Anda investasikan, tetapi bagi diri Anda sendiri secara finansial.

Sebagai tahap awal bila pun Anda belum pernah berinvestasi, cobalah berinvestasi online P2P Lending KoinWorks.

Selain Anda mendukung misi sosial dengan memberikan pinjaman kepada peminjam yang membutuhkan, keuntungan yang Anda dapatkan juga umumnya lebih tinggi dengan fixed rate.

Tertarik untuk mulai berinvestasi di KoinWorks?


Investasi Sekarang




  • 3
    Shares
There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?