Home Daily Lakukan 4 Hal Ini Agar Resolusi Kamu di Tahun...

Lakukan 4 Hal Ini Agar Resolusi Kamu di Tahun 2020 Bisa Tercapai!

Lakukan 4 Hal Ini Agar Resolusi Kamu di Tahun 2020 Bisa Tercapai! – Siapa di antara kamu yang masih galau dalam menentukan resolusi untuk tahun 2020?

Kebanyakan orang, membuat resolusi berdasarkan apa yang mereka inginkan. Sebenarnya, tidak ada yang melarang kamu melakukan hal itu. Bahkan kamu boleh kok membuat daftar resolusi di kategori yang tinggi.

Namun, cobalah untuk tetap berpikir realistis terhadap resolusi tahun 2020 yang kamu buat. Sehingga segala sesuatu yang telah kamu rencanakan itu bisa terwujud sesuai harapan.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana caranya?

Mari simak beberapa tips di bawah ini supaya resolusi kamu tidak hanya menjadi “resolusi”, melainkan resolusi yang mampu kamu capai di tahun 2020.


Lakukan 4 Hal Ini Agar Resolusi Kamu di Tahun 2020 Bisa Tercapai!

1
Membuat Daftar Resolusi yang Spesifik

Membuat Daftar Resolusi yang Spesifik

Pikirkan dengan matang, tujuan keuangan apa yang ingin kamu wujudkan di tahun depan. Buat daftar resolusi yang lengkap dan jelas.

Gampangnya, kamu bisa menerapkan teknik SMART dari Paul J. Meyer dalam buku Attitude is Everything untuk membantu kamu menetapkan tujuan dan resolusi di tahun 2020.

SPECIFIC berarti target resolusi bersifat spesifik dan detil. Tulis harapan dan keinginan kamu secara spesifik mencakup 5W (What, Why, Where, Who, When). Kamu harus mampu menjawab pertanyaan:

  • Apa yang akan kamu capai?
  • Mengapa kamu harus mencapainya?
  • Di mana kamu akan mencapainya?
  • Siapa yang terlibat dalam pencapaian resolusi?
  • Kapan resolusi tercapai?

Misalnya, kamu memiliki resolusi:

“Pada bulan September 2020 (when), aku harus memiliki motor (what) agar tidak kesulitan ketika bepergian (why). Aku akan membelinya di dealer motor milik teman, nanti motor tersebut akan aku letakkan di halaman depan (where). Aku akan menabung dengan istri/suami karena motor ini akan menjadi milik kita bersama (who).”

MEASURABLE berarti dapat diukur. Ini mencakup jawaban dari pertanyaan “How?” yaitu berapa lama resolusi kamu dapat tercapai dan berapa besar nominal yang harus kamu kumpulkan.

Misalnya, motor yang ingin kamu beli memiliki harga Rp18 juta. Sedangkan untuk sampai ke bulan September 2020, kamu hanya memiliki 9 bulan tersisa.

Itulah yang dinamakan measurable atau dapat diukur. Kamu bisa mengetahui bahwa target kamu telah tercapai apabila kamu berhasil memiliki motor di bulan September 2020.

ATTAINABLE berarti dapat dicapai dan realistis. Seperti yang telah disampaikan di awal, buatlah resolusi kamu serealistis mungkin. Jika memang terlalu tinggi, kamu bisa memberi kompensasi sesuai perkiraan “apakah kamu mampu atau tidak?”.

Pertanyaan “How?” juga akan terjawab di sini yaitu “bagaimana cara kamu mewujudkannya?”.

Melihat contoh semula, kamu akan membeli mobil seharga Rp18 juta dalam waktu 9 bulan. Maka yang harus kamu lakukan adalah mencicilnya Rp2 juta per bulan dan membelinya kontan di bulan September. Atau kamu akan menggunakan kartu kredit dan mencicilnya dengan bunga beberapa tahun ke depan.

Pemikiran yang sederhana bukan?

RELEVANT berarti sesuai dengan pertimbangan. Resolusi yang relevan akan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan “ya”.

  • Apakah waktunya tepat?
  • Apakah sesuai dengan kebutuhan?
  • Apakah layak diperjuangkan dan diwujudkan?

TIME-BOUND berarti kamu harus bisa berkomitmen dan mampu mewujudkannya sesuai dengan tenggat waktu yang telah kamu sepakati sendiri.

Teknik ini lebih menerangkan lebih jelas mengenai pertanyaan “when?” yaitu:

  • Kapan akan memulainya?
  • Apa yang bisa dilakukan menuju pencapaian resolusi?

2
Mencatat Setiap Kemajuan yang Dicapai

Mencatat Setiap Kemajuan yang Dicapai

Setelah menentukan daftar resolusi, jangan lupa untuk mencatat kemajuan pencapaian kamu. Jika kamu bisa mengukur seberapa besar kemajuan kamu, maka kamu pun akan bisa mengawasi prosesnya.

Saat kamu menemukan bahwa ternyata tidak ada kemajuan yang signifikan, itu artinya ada yang salah dalam proses kamu mewujudkannya. Kamu bisa langsung memperbaiki bagian yang salah agar kembali pada jalan yang semestinya.

Pencatatan ini juga bisa kamu jadikan acuan dan motivasi untuk terus bergerak maju dan menggapai resolusi kamu di tahun 2020.

Baca juga: Apa Resolusi Keuangan Anda di Tahun 2020? Tentukan Sekarang Yuk!

Seperti contoh sebelumnya, salah satu resolusi kamu di tahun depan adalah memiliki motor seharga Rp18 juta di bulan September 2020, sedangkan di bulan Agustus 2020 ternyata uang kamu baru terkumpul Rp10 juta.

Itu artinya kamu masih harus mengumpulkan Rp8 juta untuk membeli motor tersebut secara kontan. Entah meminjam atau membayar pakai kartu kredit berbunga, kamu berkomitmen untuk tetap membelinya di bulan September 2020.

Nah, dengan mengetahui prosesnya, kamu bisa dengan mudah mencari solusi yang tepat untuk mewujudkannya.


3
Minta Dukungan Orang Terdekat

Minta Dukungan Orang Terdekat

Dalam mewujudkan sebuah resolusi, sudah pasti kamu membutuhkan dukungan yang lebih banyak dari orang-orang terdekat di sekitar kamu. Apalagi, resolusi yang kebanyakan orang merasa kesulitan untuk mencapainya.

Dengan adanya orang terdekat, seperti adik, orangtua, pacar, atau suami/istri, yang mendukung serta memotivasi kamu, kamu jadi lebih semangat untuk bergerak lebih maju.

Ambillah contoh lain, misalnya kamu ingin sekali menjalani studi S1 di tahun 2020, namun kamu tidak memiliki dana yang cukup untuk mewujudkannya.

Mau tidak mau, kamu harus mengajukan pinjaman dana pendidikan dengan bunga rendah yang tidak membebankan kamu sendiri.

Tenang saja, KoinWorks akan mendukung kamu dengan salah satu produk pinjaman pendidikan kami yang terbaik yaitu KoinPintar.

KoinWorks menyediakan program DEKADE (Dana Edukasi Masa Depan), yaitu program pinjaman biaya pendidikan kuliah D3 dan S1 (termasuk e-learning) dari KoinPintar dengan tenor cicilan 3-10 tahun.

Kamu bisa meminjam dana mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar dengan bunga yang terjangkau, 0,75% – 1,25% per bulannya.

Sebagai informasi tambahan, KoinWorks adalah perusahaan fintech pertama di Indonesia yang secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kini, kamu bisa langsung mengunduh Super Finansial App KoinWorks untuk melakukan aktivitas peminjaman dan pendanaan secara bersamaan dalam satu aplikasi.

Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk mewujudkan resolusi kamu, karena #SiapapunBisa melakukannya.


4
Tetap Fokus Pada Resolusi

Tetap Fokus Pada Resolusi

Tips terakhir yang perlu kamu tanamkan dalam pikiran yaitu selalu fokus pada tujuan awal. Jangan sampai arah langkah kamu terdistraksi oleh berbagai hal yang sebenarnya masih bisa dikesampingkan.

Dengan banyaknya daftar resolusi yang ingin kamu capai, bukan tidak mungkin kamu bisa kehilangan fokus. Itulah mengapa, kamu harus meyakinkan diri bahwa kamu bisa melakukannya.

Jika kamu merasa tidak sanggup mencapainya, tetap lakukan tapi nanti. Karena sebesar apa pun harapan kamu, jika kamu memiliki niat yang kuat maka semuanya akan terasa mudah dijalankan.

Intinya adalah fokus, percaya diri, dan yakin. Ingatlah, #SiapapunBisa mewujudkan resolusi di tahun 2020, termasuk kamu.

Yuk, semangat!



Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X