[Event Recap] Millenial Berpotensi Menjadi Roda Penggerak Ekonomi Indonesia  -Perkembangan teknologi saat ini telah membawa banyak perubahan pada gaya hidup anak muda yang lahir di tahun 1980-an hingga 2000-an,atau yang biasa disebut generasi millenial.

Generasi millenial membuat digital sebagai panduan gaya hidup sehari-hari. Hal ini dikarenakan mereka tumbuh bersamaan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Berdasarkan penjelasan Metta Anggriani, selaku Certified Financial Planner, efek dari perkembangan teknologi juga bisa mempengaruhi millenial memiliki kecenderungan melakukan pengeluaran yang besar untuk gaya hidup, yang dijelaskan pada acara #MoneyDiaryTalks, Selasa (23/07/19).

MDT KoinWorks - [Event Recap] Millenial Berpotensi Menjadi Roda Penggerak Ekonomi Indonesia

Ia menjelaskan, bahwa berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan dan survey yang telah dilakukan, millenial mengeluarkan pengeluaran berkisar Rp 3.266.000 perbulannya. Adapun biaya tersebut dihabiskan untuk hangout, nonton, belanja, internet dan Travelling.

Namun, Metta kembali menjelaskan berdasarkan survey yang ada, 60% masyarakat Indonesia adalah usia produktif. Hal tersebut berpotensi bahwa millenial juga memiliki peran yang penting dengan kemajuan ekonomi Indonesia.

MDT KoinWorks - [Event Recap] Millenial Berpotensi Menjadi Roda Penggerak Ekonomi Indonesia

Debby Devina, Senior Financial Consultant KoinWorks juga menjelaskan alasan millenial bisa berpotensi sebagai roda yang bisa memajukan ekonomi Indonesia “Pemberi dana pinjaman pada Peer-to-Peer Lending, 69,53 persennya adalah dari kalangan usia 19-34 tahun”.

“Hal ini memperlihatkan bahwa millenial tidak semata-mata hanya berfokus pada gaya hidup saja, namun juga mereka sudah melek dengan manfaat investasi”. kata Debby.

Lalu, apa itu Peer-to-Peer Lending (P2P) yang sekarang ini mulai menjadi perhatian kaum millenial?

Peer-to-Peer Lending (P2P) adalah online platform marketplace. P2P Lending menghubungkan pemilik dana dan peminjam untuk memperluas bisnis melalui layanan keuangan.

Berbeda dengan bank, P2P Lending tidak mengambil selisih bunga sehingga masing-masing pihak dapat memperoleh lebih banyak manfaat. Bahkan P2P Lending menurunkan suku bunga untuk peminjam dan memberikan tingkat pengembalian hasil yang lebih tinggi untuk pendana.

Metta menjelaskan beberapa faktor yang membuat millenial tertarik dengan P2P Lending yang dibagi menjadi beberapa poin :

  1. Bukan pasar yang volatile, bukan perjudian investasi
  2. Memiliki Kendali yang tinggi
  3. Penurunan bunga di pasar yang telah ada
  4. Alternatif investasi yang dapat dimulai kapan saja dan untuk siapa saja
  5. Tingkat pengembalian yang stabil

Kemudian, bagaimana millenial bisa menentukan penyedia Peer-to-Peer Lending (P2P) yang terbaik?

Debby memberikan penjelasan mengenai beberpa poin untuk memilih P2P Lending yang terbaik :

  1. Mulai dari yang kecil, kemudian buat portofolio Anda
  2. Ketahui jenis dan ketentuan pinjaman
  3. Diversifikasi adalah kunci utama
  4. Perhatikan Dana proteksi

Salah satu penyedia platfrom P2P Lending yang memiliki 4 poin diatas, adalah KoinWorks. KoinWorks adalah perusahaan Fintech Lending Indonesia yang melayani pendanaan online P2P Lending dengan machine learning yang inovatif.

Millenial yang ingin melakukan investasi pada platform Peer-to-peer Lending bias memulai pendanaan hanya dengan Rp 100.000.

MDT KoinWorks - [Event Recap] Millenial Berpotensi Menjadi Roda Penggerak Ekonomi Indonesia

Sesi ini berlangsung dengan atraktif, bagi para peserta #MoneyDiaryTalks  yang memang masih bingung terhadap materi yang disampaikan, diberikan kesempatan untuk bertanya. Kedua pembicara pun menjawab dengan jelas dan detail.

Harapan diadakannya  acara #MoneyDiaryTalks ini yaitu untuk kembali membuka padangan millennial, bahwa peran mereka sangatlah penting untuk turut membantu perkembangan ekonomi kreatif Indonesia.

Dengan berinvestasi, pengeluaran yang mereka keluarkan tidak hanya untuk gaya hidup, berinvestasi juga bisa menjadi jaminan kesejahteraan di hari tua.

Pada acara ini, Koinworks juga memberikan promo khusus yang sangat menarik untuk para peserta, lho!

Untuk ke depannya, KoinWorks akan kembali menyelenggarakan acara yang tidak kalah seru dan bermanfaat bagi yang ingin belajar seputar finansial dan investasi.

Sampai jumpa di #MoneyDiaryTalks berikutnya!

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.