Home Event KoinGO Vol. 2: Millennial Having an Emergency Fund

[Event Recap] KoinGO Vol. 2: Millennial Having an Emergency Fund

•

[Event Recap] KoinGO Vol. 2: Millennial Having an Emergency Fund – Di saat-saat seperti ini, penting bagi masyarakat untuk memiliki dana darurat, terutama bagi milenial yang berada di usia produktif.

Sebagian para pebisnis merasa takut menghadapi dampak dari pandemi COVID-19 ini. Bahkan, bukan pemilik bisnis saja yang was-was akan hal ini, masyarakat biasa pun mulai merasakan kekhawatiran yang cukup tinggi.

Terlebih lagi, bagi mereka yang memiliki perekonomian menengah ke bawah. Itulah mengapa, keberadaan dana darurat sangat penting untuk mengatasi permasalahan yang juga ‘darurat’ seperti sekarang.

Melalui programnya yaitu KoinGO, KoinWorks mengangkat tema Millenial Having an Emergency Fund melalui webinar yang diselenggarakan pada tanggal 8 April 2020.

KoinWorks berharap, dengan adanya program edukasi finansial tentang dana darurat untuk milenial ini bisa menambah wawasan secara mendalam.

Sehingga mereka yang hadir dalam program tersebut mampu menjaga kondisi keuangan mereka agar tetap stabil di tengah-tengah pandemi COVID-19 pada saat ini.


[Event Recap] KoinGO Vol. 2: Millennial Having an Emergency Fund

[Event Recap] KoinGO Vol. 2: Millennial Having an Emergency Fund

Pada sesi webinar kali ini, Willy Sanjaya (Head of Financial Consultant KoinWorks), memaparkan beberapa hal terkait dengan sikap para milenial dalam menanggapi perekonomian Indonesia yang kerap terganggu akibat dari wabah corona.

Siap atau tidaknya milenial menghadapi situasi genting seperti ini, tergantung pada bagaimana kebiasaan mereka dalam mengelola finansial.

Ternyata, masih banyak milenial yang mengabaikan perencanaan keuangan, termasuk sulit membedakan antara kebutuhan dan keinginan, takut berpengalokasian dana, sampai pada ketidakpunyaan dana darurat.

Lalu, apakah di saat situasi sulit seperti ini, kekuatan finansial akan menurun? Jawabannya lagi-lagi tergantung pada perencanaan keuangan yang dikelola.

Mulai dari pembuatan anggaran, pengurangan biaya yang tidak dibutuhkan, pelunasan utang, pengalokasian dana jangka pendek maupun jangka panjang, hingga perlindungan diri dari ketidakpastian (dalam hal ini adalah asuransi).

Kembali lagi pada dana darurat, yang merupakan salah satu komponen yang harus dimiliki oleh seorang milenial.

Menilik definisinya, dana darurat adalah dana khusus yang digunakan untuk menghadapi berbagai kondisi tidak terduga dalam kehidupan. Adapun situasi darurat yang cocok dengan saat ini, seperti terjadinya PHK, penjualan bisnis menurun, dan sebagainya.

Maka dari itu, siapkan dana darurat mulai dari sekarang.

Ketahui jumlahnya dengan menyesuaikan dengan kondisi personal, apakah kamu masih lajang, sudah menikah, seorang pengusaha, atau pensiunan. Secara kasar, jumlah dana darurat sebesar 4x sampai 12x dari pendapatan bulanan.

Ada pula tahapan yang bisa ditempuh untuk mempersiapkan dana darurat, yaitu:

    • Memahami profil dan kondisi keuangan.
    • Menentukan jumlah dana darurat sesuai kategori.
    • Membuat rekening khusus.
    • Bersikap bijak dalam pengeluaran.

Sebisa mungkin pisahkan dana darurat ke rekening lain yang berbeda, yaitu berupa rekening pengalokasian dana. Kalau bisa, pengalokasian dana tersebut bersifat likuid (mudah dicairkan). Sehingga jika suatu saat diperlukan, bisa langsung dicairkan dengan mudah.

Komposisinya yaitu 50% dialokasikan ke pengalokasian dana yang bisa dicairkan dalam 1 – 3 hari, seperti pengalokasian dana emas atau logam mulia. Sementara 50% sisanya bisa dialokasikan ke berbagai pengalokasian dana yang pencairannya 1 – 3 bulan seperti deposito dan P2P Lending.

Banyak instrumen pengalokasian dana yang bisa dicoba sebagai sarana penyimpanan dana darurat, yaitu pasar modal (jangka panjang), pasar uang, reksa dana, serta P2P Lending.

Apa yang terjadi jika tidak memiliki dana darurat?

Tentu saja, dampak yang paling terasa adalah merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendadak dan tidak terprediksi. Ujung-ujungnya, terpaksa berutang pada keluarga atau kerabat dekat.

Semakin malas menyimpan dana darurat, maka semakin besar kemungkinan kamu untuk berutang di kemudian hari. Jadi, berhati-hatilah!

Kita tidak bisa mengendalikan dunia, tetapi mengendalikan diri sendiri adalah awal merubah dunia.

– Willy Sanjaya, Head of Financial Consultant KoinWorks –

Selama memiliki perencanaan keuangan yang baik dan matang, serta sudah memiliki dana darurat, tidak perlu lagi ada yang dikhawatirkan. Bersikaplah bijak dalam mengelola keuangan walaupun berada di dalam situasi yang sulit seperti sekarang.

Demi kondisi yang lebih baik di tengah pandemi yang belum kunjung mereda ini, yuk miliki dana darurat sekarang!


Acara pada program KoinGo Vol. 2 ini berlangsung cukup atraktif, para peserta yang masih merasa bingung diizinkan untuk mengajukan pertanyaan di akhir sesi. Pembicaranya pun, Willy Sanjaya, menjawab dengan jelas dan mudah dipahami.

Tetap semangat dan terus pertahankan kondisi keuangan kamu ya. Jangan lupa juga untuk mulai menyisihkan tabungan dana darurat!

Sampai jumpa kembali di acara KoinGO selanjutnya!


Jadwal Event KoinWorks

<
>
MondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturdaySunday
        1Dialokal x J-ExpressDialokal x J-ExpressTime: 4:00 PM - 5:00 PM
"Jualan Pintar & Delivery Lancar Selama Masa PSBB Nasional" Dialokal (Diskusi Wirausaha Lokal) merupakan sebuah forum untuk teman-teman pemilik bisnis yang berfokus dalam membangun & mempromosikan Spirit of Entrepreneurship dan juga memberikan ide-ide baru dalam pengetahuan bisnis.
Ketika berbicara bisnis, membuka cabang merupakan salah satu langkah besar yang kita lakukan dalam entrepreneurial journey kita. Pastinya anda membutuhkan strategi khusus untuk mempersiapkan langkah tersebut. Mulai dari anggaran yang harus dipersiapkan, langkah operasional apa yang harus dipilih, menganalisa pasar yang akan ditangkap di cabang baru tersebut, dan juga menyesuaikan langkah bisnis/campaign brand kita dengan musim yang sedang berlangsung di sekitar kita.
Dengan sistem yang mendukung, tentu kita bisa melakukan proses tersebut dengan cepat & tepat. Hal tersebut juga didukung dengan Teknologi Digital yang membuat kita sekarang bisa melakukan semua nya serba real time jadi, kita bisa lebih efisien & efektif secara waktu dan anggaran finansial kita.
Online Webinar
2 3
4 5What E-commerce Sellers Can Expect During PandemicWhat E-commerce Sellers Can Expect During PandemicTime: 3:00 PM - 4:00 PM
KoinWorkshop x BLIBLI akan membahas keadaan pandemi COVID-19 saat ini menciptakan kekhawatiran warga dunia karena berdampak negatif pada berbagai lini kehidupan, termasuk aktivitas ekonomi. Penyebaran virus yang masif juga menghambat pertumbuhan kinerja usaha kecil dan menengah (UKM). Bagaimanakah strategi para pelaku usaha online yang bermain di e-commerce?
6MDT Rabuburit | Women & Money Management StrategyMDT Rabuburit | Women & Money Management StrategyTime: 3:00 PM
MoneyDiary Talks Rabuburit ini akan membahas tentang sudut pandang hingga strategi wanita dalam memaksimalkan keuangan pribadi.
ZOOM Online Webinar
7 8Homepreneur "Toffin" supported by KoinWorksHomepreneur "Toffin" supported by KoinWorksTime: 2:00 PM - 3:00 PM
SEBUAH PROGRAM MENCETAK WIRAUSAHA BAGI KORBAN PHK DENGAN MEMBUAT, MENGKREASIKAN, DAN MEMASARKAN ANEKA MINUMAN YANG DIBUAT SENDIRI DARI RUMAH SEHINGGA DIHARAPKAN DAPAT MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI TENGAH PANDEMIK COVID-19”
Webinar Online Community - Zoom App
KoinWorks x SNKI: Teknologi Keuangan di Tengah PandemiKoinWorks x SNKI: Teknologi Keuangan di Tengah PandemiTime: 2:00 PM
ZOOM Online Webinar
9 10
11Strategi Menjalankan Bisnis Di Kala Social DistancingStrategi Menjalankan Bisnis Di Kala Social DistancingTime: 3:00 PM - 4:00 PM
Dialokal the series kali ini menggandeng salah satu borrower Mookies bersama dengan UKM Indonesia untuk berbagi strategi dalam menjalankan bisnis di masa "new normal" social distancing.
Online Webinar
12 13MDT Rabuburit | Turning Negativity Into Positive ActionsMDT Rabuburit | Turning Negativity Into Positive ActionsTime: 3:00 PM - 4:00 PM
ZOOM Online Webinar
14 15 16 17
18The Ultimate Guide To Playing P2P GamesThe Ultimate Guide To Playing P2P GamesTime: 2:00 PM - 3:00 PM
ZOOM Online Webinar
19#Koinworkshop AFTECH X INDOESTRI : The New Normal of Economi#Koinworkshop AFTECH X INDOESTRI : The New Normal of EconomiTime: 3:00 PM - 4:00 PM
Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia saat ini menciptakan kekhawatiran bagi seluruh masyarakat karena telah berdampak negatif bagi berbagai lini kehidupan, termasuk didalamnya aktivitas perekonomian. Penyebaran virus yang masif, membuat pemerintah mengharuskan melakukan pembatasan-pembatasan sosial berskala besar sehingga menciptakan dampak pada turunnya daya beli masyarakat dan pertumbuhan pada sektor usaha kecil dan menengah (UKM). Peduli akan hal tersebut, KoinWorks melalui “KoinWorkshop” membuat sebuah diskusi bertajuk “The New Normal of Economic and SMEs Disruption” guna memberikan dukungan dan pembekalan khususnya untuk para pelaku usaha dalam meningkatkan usaha dan jaringan usaha mereka agar dapat mempertahankan bisnis mereka di tengah pandemi ini.
Online Webinar via Zoom App
20MDT Rabuburit | Life After COVID-19MDT Rabuburit | Life After COVID-19Time: 3:00 PM - 4:00 PM
ZOOM Online Webinar
21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
Kategori
 Bazaar
 Bersama Mitra
 Fintech Days
 Komunitas KoinWorks
 Sosialisasi dan Edukasi
 Umum

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Pengalokasian Dana

Hitung Efek Compounding Pengalokasian Dana Anda

Pengalokasian Dana Awal:
Pengalokasian Dana Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Pengalokasian Dana:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.