[Event Recap] KoinGO Vol. 2: Millennial Having an Emergency Fund

[Event Recap] KoinGO Vol. 2: Millennial Having an Emergency Fund

KoinGO Vol. 2: Millennial Having an Emergency Fund – Di saat-saat seperti ini, penting bagi masyarakat untuk memiliki dana darurat, terutama bagi milenial yang berada di usia produktif.

Sebagian para pebisnis merasa takut menghadapi dampak dari pandemi COVID-19 ini. Bahkan, bukan pemilik bisnis saja yang was-was akan hal ini, masyarakat biasa pun mulai merasakan kekhawatiran yang cukup tinggi.

Terlebih lagi, bagi mereka yang memiliki perekonomian menengah ke bawah. Itulah mengapa, keberadaan dana darurat sangat penting untuk mengatasi permasalahan yang juga ‘darurat’ seperti sekarang.

Melalui programnya yaitu KoinGO, KoinWorks mengangkat tema Millenial Having an Emergency Fund melalui webinar yang diselenggarakan pada tanggal 8 April 2020.

KoinWorks berharap, dengan adanya program edukasi finansial tentang dana darurat untuk milenial ini bisa menambah wawasan secara mendalam.

Sehingga mereka yang hadir dalam program tersebut mampu menjaga kondisi keuangan mereka agar tetap stabil di tengah-tengah pandemi COVID-19 pada saat ini.


KoinGO Vol. 2: Millennial Having an Emergency Fund

 KoinGO Vol. 2: Millennial Having an Emergency Fund

Pada sesi webinar kali ini, Willy Sanjaya (Head of Financial Consultant KoinWorks), memaparkan beberapa hal terkait dengan sikap para milenial dalam menanggapi perekonomian Indonesia yang kerap terganggu akibat dari wabah corona.

Siap atau tidaknya milenial menghadapi situasi genting seperti ini, tergantung pada bagaimana kebiasaan mereka dalam mengelola finansial.

Ternyata, masih banyak milenial yang mengabaikan perencanaan keuangan, termasuk sulit membedakan antara kebutuhan dan keinginan, takut berinvestasi, sampai pada ketidakpunyaan dana darurat.

Lalu, apakah di saat situasi sulit seperti ini, kekuatan finansial akan menurun? Jawabannya lagi-lagi tergantung pada perencanaan keuangan yang dikelola.

Mulai dari pembuatan anggaran, pengurangan biaya yang tidak dibutuhkan, pelunasan utang, investasi jangka pendek maupun jangka panjang, hingga perlindungan diri dari ketidakpastian (dalam hal ini adalah asuransi).

Kembali lagi pada dana darurat, yang merupakan salah satu komponen yang harus dimiliki oleh seorang milenial.

Menilik definisinya, dana darurat adalah dana khusus yang digunakan untuk menghadapi berbagai kondisi tidak terduga dalam kehidupan. Adapun situasi darurat yang cocok dengan saat ini, seperti terjadinya PHK, penjualan bisnis menurun, dan sebagainya.

Maka dari itu, siapkan dana darurat mulai dari sekarang.

Ketahui jumlahnya dengan menyesuaikan dengan kondisi personal, apakah kamu masih lajang, sudah menikah, seorang pengusaha, atau pensiunan. Secara kasar, jumlah dana darurat sebesar 4x sampai 12x dari pendapatan bulanan.

Ada pula tahapan yang bisa ditempuh untuk mempersiapkan dana darurat, yaitu:

  • Memahami profil dan kondisi keuangan.
  • Menentukan jumlah dana darurat sesuai kategori.
  • Membuat rekening khusus.
  • Bersikap bijak dalam pengeluaran.

Sebisa mungkin pisahkan dana darurat ke rekening lain yang berbeda, yaitu berupa rekening investasi. Kalau bisa, investasi tersebut bersifat likuid (mudah dicairkan). Sehingga jika suatu saat diperlukan, bisa langsung dicairkan dengan mudah.

Komposisinya yaitu 50% dialokasikan ke investasi yang bisa dicairkan dalam 1 – 3 hari, seperti investasi emas atau logam mulia. Sementara 50% sisanya bisa dialokasikan ke berbagai investasi yang pencairannya 1 – 3 bulan seperti deposito dan P2P Lending.

Banyak instrumen investasi yang bisa dicoba sebagai sarana penyimpanan dana darurat, yaitu pasar modal (jangka panjang), pasar uang, reksa dana, serta P2P Lending.

Apa yang terjadi jika tidak memiliki dana darurat?

Tentu saja, dampak yang paling terasa adalah merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendadak dan tidak terprediksi. Ujung-ujungnya, terpaksa berutang pada keluarga atau kerabat dekat.

Semakin malas menyimpan dana darurat, maka semakin besar kemungkinan kamu untuk berutang di kemudian hari. Jadi, berhati-hatilah!

Kita tidak bisa mengendalikan dunia, tetapi mengendalikan diri sendiri adalah awal merubah dunia.

– Willy Sanjaya, Head of Financial Consultant KoinWorks –

Selama memiliki perencanaan keuangan yang baik dan matang, serta sudah memiliki dana darurat, tidak perlu lagi ada yang dikhawatirkan. Bersikaplah bijak dalam mengelola keuangan walaupun berada di dalam situasi yang sulit seperti sekarang.

Demi kondisi yang lebih baik di tengah pandemi yang belum kunjung mereda ini, yuk miliki dana darurat sekarang!


Acara pada program KoinGo Vol. 2 ini berlangsung cukup atraktif, para peserta yang masih merasa bingung diizinkan untuk mengajukan pertanyaan di akhir sesi. Pembicaranya pun, Willy Sanjaya, menjawab dengan jelas dan mudah dipahami.

Tetap semangat dan terus pertahankan kondisi keuangan kamu ya. Jangan lupa juga untuk mulai menyisihkan tabungan dana darurat!

Sampai jumpa kembali di acara KoinGO selanjutnya!


<
>
SeninSelasaRabuKamisJumatSabtuMinggu
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12GET2KNOW; Kickstart Your P2P Lending | Batch 5GET2KNOW; Kickstart Your P2P Lending | Batch 5Time: 7:00 PM - 8:00 PM
Free Event
ZOOM Online Webinar
13KoinWorks x Investashe: I Am A Financially Independent WomanKoinWorks x Investashe: I Am A Financially Independent WomanTime: 7:00 PM - 8:00 PM
Free Event
ZOOM Online Webinar
14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26MoneyDiary Talks Premium: Shaping Family Financial FutureMoneyDiary Talks Premium: Shaping Family Financial FutureTime: 7:00 PM - 8:00 PM
Exclusive Paid Event
ZOOM Online Webinar
27MoneyDiary Talks: Winning The Economic UncertaintyMoneyDiary Talks: Winning The Economic UncertaintyTime: 7:00 PM - 8:00 PM
Paid Event
ZOOM Online Webinar
28 29 30
31            
Kategori
 Bazaar
 Bersama Mitra
 Fintech Days
 Komunitas KoinWorks
 Sosialisasi dan Edukasi
 Umum
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih