Mindset Pinjaman Uang Gratis tanpa Agunan yang Harus Diubah

·
3 menit
waspada-tantangan-bisnis-online

Pinjaman uang gratis atau tanpa agunan memang menarik perhatian, siapa saja bisa mengajukan jika memang membutuhkan. Pilihan ini tentunya akan sangat membantu masyarakat untuk membantu mereka keluar dari permasalahan pembiayaan. Namun tak semua masyarakat percaya akan hal ini, mengapa? Ini dia alasannya.

Masih Percaya Rentenir

Meski sudah banyak cerita yang tak mengenakkan atas sikap rentenir dan bunganya yang mencekik, namun masih banyak saja yang percaya akan jasa satu ini meski kredit tanpa agunan (KTA) menawarkan opsi yang lebih mudah dan cepat. Masih banyak orang yang berpikir jika kita melakukan pinjaman uang gratis atau KTA di bank itu syaratnya sangat ribet. Mindset seperti ini yang secara tak langsung menyuburkan praktik rentenir yang justru menyusahkan masyarakat.

Pada kenyataannya, rentenir itu tidak menyelesaikan masalah terutama masalah keuangan. Justru ini akan menambah masalah kepada Anda dan memasukkan Anda ke lubang hutang yang lebih dalam dan menjerat. Bank memang memberikan beberapa aturan dan juga kebijakan bagi Anda yang hendak mengajukan KTA. Namun syarat umum yang diajukan kepada Anda pun tidak bisa dibilang masuk ke kategori sederhana, karena Anda harus menyediakan: KTP, NPWP, slip gaji, kartu kredit dan sebagainya. Pada sejatinya, Bank memang tidak ingin hal yang tak diinginkan terjadi ke depannya atau dengan sembarangan dan mudahnya mencairkan pinjaman. Ini bertujuan untuk meminimalisir risiko gagal bayar dari nasabah yang bisa memengaruhi jalannya sebuah perekonomian.

Namun saat ini sudah banyak pinjaman uang gratis melalui KTA yang memberikan persyaratan simpel hanya menggunakan KTP dan juga slip gaji. Jadi dengan fasilitas ini, sudah tidak ada lagi cerita di mana Anda terjerat oleh rentenir.

  1. Bunga yang mencekik Banyak yang juga menyimpulkan seperti ini. kesimpulan yang menyesatkan ini memang menjadi pagar di mana tidak semua orang tahu akan pinjaman KTA ini. Bahkan orang yang mengeluarkan alasan ini juga belum tentu telah membandingkan bunga dari seluruh bank. Setinggi-tingginya bunga pada pinjaman uang gratis dengan bentuk KTA, masih lebih tinggi bunga pinjaman yang diberikan oleh rentenir yang mencapai 1% per harinya. Bahkan beberapa bank yang menawarkan KTA ada yang menawarkan bunga per bulannya hanya 0,99%. Jadi lebih mencekik mana? Rentenir atau bank?
  2. Tidak Memiliki Kartu Kredit: Tidak semua orang Indonesia memiliki kartu kredit karena ini bukan opsi pembayaran yang populer. Banyak alasan mengapa tidak menggunakan kartu kredit, alasan ini beragam, banyak yang menganggap kartu kredit merupakan kartu yang menyesatkan dan memiliki bunga tinggi, juga sering ditolak terus oleh bank. Pada kenyataannya Kartu kredit memang penting, ada pun tujuannya adalah agar memudahkan urusan perbankan terutama untuk soal pinjam meminjam seperti kredit pemilikan rumah (KPR), kredit kendaraan bermotor (KKB) dan juga pinjaman uang gratis seperti KTA. Kebanyakan bank akan mewajibkan calon nasabahnya yang ingin mengajukan KTA untuk menyertakan kartu kredit yang masih aktif minimal 1 tahun. Lantas bagaimana jika Anda memang tidak memiliki kartu kredit namun ingin mengajukan pinjaman kepada bank dengan segera? Tak perlu khawatir, karena saat ini sudah ada bank yang tidak mewajibkan nasabah untuk memiliki kartu kredit aktif. Asalkan Anda memiliki penghasilan tetap, maka KTA bisa dicairkan tanpa syarat yang bertele-tele.

KTA Selalu Diidentikkan dengan Keadaan Kepepet

Kebanyakan orang mungkin dianggap dalam keadaan susah ketika mengajukan pinjaman uang gratis atau KTA. Pikiran ini yang selalu menjadikan stigma KTA di masyarakat sedikit terpagari. KTA memang masih identik dengan orang yang dalam keadaan kepepet. Namun pada kenyataannya, tidak semuanya hutang itu selalu identik dengan hidup susah.

Ada juga beberapa nasihat yang mengatakan bahwa kita jangan berutang pada saat kondisi keuangan sedang terpuruk, tapi berutanglah saat keuangan sedang fit. Alasannya masuk akal, karena bank sendiri bisa melihat kondisi keuangan dari seorang nasabah, apakah utang melebih proporsi ideal? Atau apakah ada histori kredit macet dan sebagainya? Jika keuangan Anda berantakan karena utang yang menumpuk, maka sudah bisa dipastikan bank bakal menolak aplikasi yang Anda ajukan.

 

Jonathan
Head of Marketing at KoinWorks
0 0 vote
Article Rating

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Petronela luruk
5 bulan yang lalu

Bilang ini benar atau tidak

Petronela luruk
5 bulan yang lalu

Bilang ini bebar atau tidak

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​