Home Nasional Langkah KoinWorks Dalam Mitigasi Risiko Selama Pandemi COVID-19

Langkah KoinWorks Dalam Mitigasi Risiko Selama Pandemi COVID-19

Langkah KoinWorks Dalam Mitigasi Risiko Selama Pandemi COVID-19 – Pandemi virus Corona yang dialami hampir di seluruh dunia saat ini, memang mempengaruhi keberlangsungan dari banyak industri bisnis.

Maka dari itu, supaya bisnisnya bisa bertahan menghadapi ancaman ini, para pelaku bisnis harus pintar dan cepat tanggap dalam beradaptasi, menciptakan strategi-strategi yang tepat di kondisi saat ini.

Memang, keadaan saat ini bukanlah hal yang mudah, dan sangat luar biasa sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi banyak bisnis untuk dapat bertahan.

Maka dari itu, banyak bisnis yang menjadikan pendanaan khususnya pendanaan non-bank sebagai solusi untuk membantu keberlangsungan arus kas finansial mereka tetap sehat.

Melalui sistem kerja peer-to-peer lending, KoinWorks sendiri melalui KoinP2P, KoinRobo dan KoinBisnis, menjadi solusi untuk para pelaku bisnis dalam mendapatkan modal tambahan Sekaligus, membuat para pendana bisa membantu UKM Indonesia, dan mendapatkan imbal hasil dari situ.

Baca Juga: Pengaruh Pandemi COVID-19 Terhadap Pendanaan di KoinWorks

Namun, di keadaan seperti sekarang bagaimana caranya KoinWorks mitigasi risiko?

Bagaimana pun, walaupun KoinWorks mempermudah akses pendanaan bagi para pelaku bisnis khususnya UKM, tapi di tengah pandemi saat ini, gagal bayar tentu akan rawan terjadi karena keadaan finansial bisnis yang tidak stabil.

Lalu, apa saja langkah yang dilakukan KoinWorks untuk mitigasi risiko yang ada sehingga dapat melindungi kedua belah pihak, yaitu Pendana dan Peminjam?


Langkah KoinWorks Dalam Mitigasi Risiko Selama Pandemi COVID-19

1
Menyesuaikan Standar Risk Profile

cBagaimana Cara Meningkatkan Credit Score?

KoinWorks melakukan adjustment terkait standard risk profile dengan situasi dan kondisi yang ada.

Proses credit scoring juga lebih diperketat dengan menghindari industri yang memiliki dampak langsung dengan adanya pandemi ini.

Baca Juga: Ini Cara KoinWorks Memperketat Credit Scoring

Selain itu, KoinWorks juga melihat track record dari pembayaran bagi peminjam yang hendak melakukan Top Up pinjaman.

2
Melakukan Extra Mitigasi

berani ambil risiko - mitigasi risiko

Langkah selanjutnya, KoinWorks melakukan ekstra mitigasi dengan dengan melakukan phone interview dan live video call bila diperlukan untuk mengetahui dan memastikan strategi bisnis yang dijalankan selama masa pandemi.

3
Mengaplikasikan Data Digital Modern

mitigasi risiko - koinworks

KoinWorks menggunakan data digital modern yang dikombinasikan dengan sistem perbankan tradisional dalam melakukan credit scoring.

4
Menjalin Kemitraan 

mitigasi risiko - bisnis-sukses-tips-bersama temann-

Dalam melakukan mitigasi risiko, KoinWorks juga menjalin kerjasama dengan ekosistem digital dari UKM untuk mendapatkan data yang lebih akurat. Adapun ekosistem yang ada berasal dari beragam online store seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan sebagainya.

5
Memberlakukan Restrukturisasi

mitigasi risiko - credit score - cara mengatur waktu - waktu produktif - Sukses Berkat Pendekatan 5 Jam ala Michael Simmons, Apa Itu?

Langkah terakhir yang dilakukan untuk mitigasi risiko, mengacu pada kebijakan yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait relaksasi pembayaran, KoinWorks melakukannya dalam bentuk restrukturisasi pembayaran.

Hal ini dilakukan untuk membantu meringankan para pelaku UKM dalam menghadapi masa pandemi ini.

Baca Juga: Prioritaskan Keberlangsungan Pendana Selama Pandemi, KoinWorks Ambil Langkah Ini 

Selain itu, dari sisi pendana hal ini bisa menjaga dana mereka untuk tetap aman dan tidak terjadi gagal bayar.


Langkah-langkah di atas, dilakukan KoinWorks untuk membuat kedua belah pihak yaitu Pendana dan Peminjam, tetap merasa nyaman dan aman dalam melakukan pendanaan di KoinWorks.

Tak hanya saat pandemi, tetapi nantinya setelah pandemi ini berakhir, KoinWorks akan selalu berkomitmen dalam memberikan layanan pendanaan berkualitas untuk masyarakat Indonesia

Semoga pandemi ini cepat berlalu dan kamu berserta keluarga diberi kesehatan.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Pengalokasian Dana

Hitung Efek Compounding Pengalokasian Dana Anda

Pengalokasian Dana Awal:
Pengalokasian Dana Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Pengalokasian Dana:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.