Jangan Percaya Mitos Investasi SUN (Surat Utang Negara) Berikut Ini! – Sudah pernah dengar mengenai investasi SUN atau Surat Utang Negara? Bagi Anda yang seringkali berurusan dengan investasi, pasti topik berikut ini sudah tidak asing lagi bagi Anda.

Baca juga: Apa itu SUN (Surat Utang Negara)? Yuk Kenali Istilah dan Jenisnya!

Banyak mitos tentang investasi SUN yang marak diperbincangkan. Namun, kembali lagi, mitos bukan sesuatu yang bisa dipercaya jika tidak ada bukti yang kuat.

Oleh karena itu, simak ulasan berikut ini tentang mitos investasi SUN (Surat Utang Negara) sekaligus fakta-fakta yang perlu Anda ketahui.


Jangan Percaya Mitos Investasi SUN (Surat Utang Negara) Berikut Ini!

1Investasi SUN Tidak Berguna

seorang pengusaha belajar berkata tidak - 4 Cara Efektif Belajar dari Kesalahan - 5 Cara Menolak Ajakan Teman Menghabiskan Uang Pada Hal yang Tidak Penting - kemampuan kerja

Kebanyakan orang masih berpikir bahwa melakukan pendanaan di berbagai produk keuangan termasuk Surat Utang Negara tidak ada gunanya. Alasannya karena tidak ada bukti pembelian atau investasi SUN dalam bentuk fisik.

Baca juga: 5 Keuntungan Berinvestasi Surat Utang Negara (SUN) yang Harus Anda Ketahui

Padahal pada kenyataannya, investasi SUN bentuknya sudah scriptless (tanpa warkat). Pendana hanya akan menerima kupon (bunga) sebagai imbalan dari pembelian Surat Utang Negara. Itu artinya Anda tidak membuang-buang uang, justru Anda akan mendapatkan uang dengan jumlah yang lebih besar dalam jangka waktu tertentu.


2Butuh Modal Besar

akibat-tidak bayar-kartu kredit-utang-stress-nunggak

Mitos kedua, investasi SUN membutuhkan modal yang besar. Mitos ini tidak sepenuhnya salah karena seperti yang kita ketahui bahwa anggaran negara tergolong sangat besar. Jadi, bukan tidak mungkin Anda berinvestasi dalam jumlah yang besar pula.

Baca juga: 4 Langkah Mendapatkan Arti Sukses Keuangan yang Sesungguhnya

Namun, sebenarnya keputusan tetap ada di tangan Anda. Kini, Anda bisa membeli SBR (salah satu jenis SUN) mulai dari harga Rp 1 juta per unitnya. Cukup terjangkau kan?


3Terbatas Untuk Kalangan Tertentu

womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis - 7 Langkah Mendapatkan Karier Lebih Cemerlang - 5 Langkah Mengembangkan Karier agar Tidak Stagnan - cara ekspansi bisnis ke luar negeri

Banyak juga anggapan bahwa investasi SUN hanya untuk kalangan yang memiliki intelektual tinggi, ini karena prosesnya yang ‘katanya’ rumit. Sehingga tidak bisa sembarang orang melakukannya.

Baca juga: Ingin Membeli SBR (Savings Bound Ritel)? Pahami Dulu Istilah-istilahnya!

Tentu saja mitos ini salah besar. Investasi SUN bisa dilakukan Anda yang merasa awam juga kok. Itulah mengapa pemerintah menerbitkan SBR (Savings Bound Ritel).

Selain modal investasi Anda kembali, Anda juga akan mendapatkan kupon secara rutin tiap bulan selama masa investasi.


4Hanya Ada di Kota Besar

Kota Terbaik Untuk Berbisnis di Indonesia - anggaran yang ketat - sentra ukm

Benarkah untuk investasi SUN, Anda harus datang ke kantor cabang bank yang ada di kota-kota besar? Dan apakah setelah itu, Anda juga harus mengisi formulir berlembar-lembar banyaknya? Pasti Anda akan langsung mengurungkan niat untuk melakukannya bukan?

Baca juga: Investasi SBR vs Deposito, Lebih Untung Mana?

Jangan khawatir, zaman sekarang sudah banyak aplikasi fintech (seperti KoinWorks) yang menyediakan jasa ini. Kemenkeu juga telah menerbitkan Surat Berharga Negara secara online (e-SBN).

Sehingga bagi Anda yang tidak tinggal di kota besar juga bisa berinvestasi dengan mengakses aplikasi menggunakan internet.


5Berisiko Tinggi

agar tidak menyesai di masa depan

Segala jenis bisnis termasuk investasi tentu memiliki risiko, mulai dari rendah, sedang, dan tinggi. Konon katanya, investasi SUN (Surat Utang Negara) sangat berisiko tinggi karena dana yang diinvestasikan nominalnya cukup besar.

Baca juga: Mulai Sekarang! Ini 5 Investasi untuk Ibu Rumah Tangga yang Patut Dicoba

Wajar saja jika Anda merasa takut dan khawatir apabila uang Anda tidak kembali saat jatuh tempo. Namun, perlu diketahui, investasi SUN ini dijamin oleh negara seperti tercantum dalam UU No. 19 Tahun 2008 dan UU tentang APBN yang menjamin pembayaran pokok dan kupon SBR.

Selain investasi SUN, Anda juga bisa mendapatkan untung berlipat dalam pendanaan di alternatif investasi lain yaitu Peer-to-Peer Lending (P2P) dari KoinWorks. Bukan tidak mungkin, di KoinWorks, Anda akan mendapat imbal hasil hingga 21,32% per tahun.

Bagi Anda yang belum tahu, Peer-to-Peer Lending (P2P) adalah sebuah marketplace tempat terhubungnya pendana dan peminjam yang ingin mewujudkan tujuan keuangannya masing-masing. Entah itu untuk modal bisnis atau pun dana pendidikan.

Dengan menjadi pendana di P2P, Anda akan berkesempatan untuk mendanai suatu pelaku bisnis.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di Peer-to-Peer Lending (P2P), KoinWorks bisa menjadi platform pilihan bagi Anda. Di KoinWorks Anda bisa langsung menjadi pendana hanya dengan Rp100.000.

Namun, tetap jangan khawatir jika Anda masih ingin investasi SUN. Selain terjamin keamanannya, investasi SUN juga merupakan investasi mumpuni untuk masa depan Anda.


Artikel Lainnya: 


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.