Mobil vs Rumah vs Investasi P2P Lending, Pilih yang Mana? – Jika Anda adalah seorang profesional muda yang pekerja keras maka akan tiba saatnya Anda akan menuai hasil kerja keras Anda dan memutuskan di manakah tempat untuk memporsikan uang Anda.

Memutuskan untuk membeli sepasang sepatu dan celana jins adalah pilihan yang mudah untuk dibeli. Akan tetapi, bagaimana jika harganya sama dengan memilih antara mobil dan rumah Anda sendiri?

Tentunya memilih di antara mobil atau rumah bukanlah keputusan yang mudah untuk dibuat. Apakah Anda telah membuat pilihan yang bijak?

Baca Juga: Membeli Rumah, Apartmen, atau P2P Lending: Investasi Apa yang Lebih Untung?

Atau adakah sebenarnya opsi lain di luar kedua pilihan tersebut? Untuk lebih jelasnya, mari kita analisi setiap opsi yang ada di bawah ini:

Mobil vs Rumah vs Investasi P2P lending, Mana yang Harus Dimiliki Dahulu?

mobil-vs-rumah-vs-investasi-p2p-lending-koinworks

 

1. Mobil Impian

mobil - gadai mobil

Keuntungan

  • Mengingat keadaan transportasi umum yang masih sedikit berantakan di Indonesia, maka memiliki mobil sendiri akan memberi Anda kebebasan bergerak dari satu tempat ke tempat lain, tanpa harus menghadapi keramaian transportasi umum dan tindak kejahatan seperti penjambretan.
  • Memiliki mobil sendiri juga berarti Anda menghilangkan masalah logistik setiap kali bepergian secara ramai.
    Anda bisa menjemput teman atau keluarga dan langsung menuju ke tempat tujuan, dan menikmati waktu bersama yang lebih berkualitas sembari mengobrol diperjalanan.
  • Mobil adalah sebuah simbol kemampuan di masyarakat. Memiliki mobil berarti setidaknya Anda memiliki kemampuan ekonomi tingkat menengah. Apakah tanggapan orang sekitar adalah sesuatu yang penting bagi diri Anda?

Kekurangan

  • Selain dari asuransi mobil yang lumayan mahal, Anda juga akan mengeluarkan uang untuk biaya perawatan dan perbaikan. Biaya-biaya ini tentunya wajib menjadi pertimbangan saat membeli mobil.
  • Kecuali Anda memiliki supir sendiri dan kesabaran untuk terjebak macet, mengendarai mobil sendiri akan membuat Anda terjebak macet, dan mungkin kehilangan banyak waktu di tengah kemacetan.
  • Harga sebuah mobil pastinya akan mengalami depresiasi dari waktu ke waktu. Jumlah uang yang Anda keluarkan  pastinya akan berbeda dengan jumlah uang yang akan kembali saat Anda berniat menjual kembali mobil tersebut.

2. Rumah Impian

rumah - gadai rumah - investasi properti

Keuntungan

  • Saat ini kaum muda merasa sangat kesulitan untuk membeli rumah karena kenaikan inflasi yang sangat luar biasa.
    Dengan membeli rumah berarti Anda mampu satu langkah di depan orang-orang sekitar Anda yang belum mampu secara finansial untuk membelinya.
  • Rumah yang Anda beli tentu akan menjadi milik Anda selamanya. Bukan itu saja, Anda bisa menyerahkannya kepada anak-anak Anda dan anak-anak masa depan mereka. Ciptkakan warisan Anda secara turun-menurun.
  • Tidak seperti mobil, harga rumah diapresiasi seiring berjalannya waktu. Sebuah properti yang Anda beli hari ini mungkin bisa dihargai lebih dari tiga kali lipat setelah selang beberapa tahun, jadi menjualnya berarti menguangkan sesuatu jauh lebih besar dari yang Anda beli sebelumnya.

Kekurangan

Saat membeli rumah, sangat penting untuk memilih developer yang dapat dipercaya dan berpengalaman. Developer yang baik akan membuat kawasan rumah masa depan Anda menjadi nyaman di tempati dengan pengembangan wilayah yang terus berkembang.

Di samping itu, harga rumah juga pastinya akan naik lebih cepat jika developer terus melakukan pembangunan wilayah sekitar dengan baik.


3. Investasi P2P Lending

Peer-to-Peer Lending - P2P

Keuntungan

  • Jika membeli mobil berarti uang mengalami depresiasi, sedangkan membeli rumah berarti Anda harus menunggu beberapa tahun, maka melakukan investasi melalui peer to peer lending akan membuat Anda menghasilkan penghasilan pasif melalui keuntungan investasi dengan cepat. Jangka waktunya keuntungan yang didapatkan cenderung dihitung dalam skala pertahun.
  • Berbeda dengan mobil dan rumah yang membutuhkan modal besar, investasi p2p lending di KoinWorks dapat Anda mulai hanya dengan Rp 100 ribu saja. 
  • Bunga efektif yang diberikan mulai dari 18% per tahun loh! Dengan keuntungan yang didapatkan inilah Anda kemudian dapat terus mengembangkan uang kembali dengan efek bunga berbunga.
    Membeli rumah dan mobil impian sekaligus dari keuntungan investasi pastinya akan lebih mudah, kan?

Kekurangan

Untuk masalah kerugian, sepertinya minim kerugian yang akan terjadi jika Anda menginvestasikan uang melalui peer to peer lending, karena pastinya setiap UKM atau borrower yang mengajukan pinjaman pastinya telah mengalami seleksi ketat sebelumnya. Jadi, risiko untuk gagal bayar itu sangat kecil sekali untuk terjadi dalam investasi jenis ini.

Baca Juga: Strategi Investasi di KoinWorks: 5 Cara Memaksimalkan Bunga Keuntungan

Di tambah lagi, saat ini salah satu platform penyedia peer to peer lending yaitu KoinWorks merupakan platform yang telah terdaftar dan diawasi resmi oleh OJK dalam praktiknya.

Tentunya sekarang sudah tidak ada yang harus diragukan lagi kan? Jadi, manakah yang harus dimiliki dahulu? Yuk pilih sekarang juga!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.



Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.