Terapkan 8 Keterampilan Non-Finansial untuk Menjadi Money Master Menjadi seorang yang ahli di bidang keuangan tidak selalu harus menguasai metematika, bisnis, atau sekolah di jurusan ekonomi.

Ada beberapa keterampilan sederhana yang perlu diterapkan secara konsisten agar membuat Anda menjadi seorang money master.

Apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini.


Terapkan 8 Keterampilan Non-Finansial untuk Menjadi Money Master

1Kesadaran Diri

perempuan-investasi-berhati-hati-risiko

Ingatlah kalimat yang pernah dikatakan oleh Socrates yaitu mengenal diri sendiri merupakan awal dari kebijaksanaan.

Sadar terhadap diri sendiri adalah kunci untuk lebih memahami tingkat resiko investasi, situasi yang bisa memicu perilaku konsumtif, dan kekuatan yang bisa dibangun untuk menjadi lebih sukses dalam hal finansial.


2Pengendalian Diri

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9) - Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain dengan 3 Cara Ini

Seorang money master akan menolak pembelian impulsif, tidak suka menggunakan kartu kredit secara berlebihan, dan tetap pada anggaran keuangan yang telah ditetapkan sebelumnya.


3Percaya Dengan Diri Sendiri

5 Alasan Perlunya Mengajarkan Anak Mengelola Uang Sejak Dini - aturan keuangan untuk usia 30 tahun - 3 Keputusan Emosional tentang Keuangan yang Harus Dihindari - 6 Alasan Mengapa Anda Perlu Memenuhi Kebutuhan Sendiri Terlebih Dahulu

Salah satu ciri dari orang yang tidak percaya diri adalah mereka sangat suka mengikuti orang lain.

Padahal melakukan perbandingan diri dengan orang lain hanya akan menghabiskan waktu, energi, dan juga uang.

Tumbuhkan sikap percaya diri dan tidak perlu membandingkan diri Anda dengan orang lain.


4Memiliki Gambaran Besar

Manfaat Pengembangan Diri

Mereka yang mampu mengelola keuangan dengan baik pasti memiliki gambaran besar di dalam pikiran.

Mereka menghindari pinjaman yang tidak diperlukan, tidak menggunakan kartu kredit secara berlebihan, menabung untuk pensiun, dan mempersiapkan dana darurat.

Baca Juga:

Hal tersebut dilakukan karena mereka ingin mendapatkan keamanan finansial dalam jangka panjang dan tidak hanya berpikir untuk hari ini saja.


5Sikap Sabar

handphone jalan pergi sendiri

Jika Anda bukan berasal dari keluarga kaya raya, maka mencapai keamanan finansial membutuhkan kesabaran yang lebih.

Anda harus bisa menunda kepuasan, mengambil keputusan investasi yang dilakukan secara berkala, dan mengumpulkan kekayaan sedikit demi sedikit.

Tanpa adanya kesabaran, maka Anda akan selalu tergoda dengan skema cepat kaya.

Baca Juga:

Anda bisa memulai investasi dengan menyisihkan uang sebesar Rp100.000 di KoinWorks. Dengan uang yang sangat terbatas tersebut, Anda berpotensi mendapatkan imbal hasil lebih dari 21,32% per tahun.

Jika dilakukan dalam jangka panjang dan konsisten, maka uang yang berjumlah sangat sedikit tersebut akan terakumulasi menjadi uang yang berjumlah besar.


6Berpikir Kritis

5 Pikiran Beracun yang Mampu Merusak Kehidupan Anda Sendiri

Seorang money master akan selalu mempertimbangkan pengeluaran dengan sangat hati-hati.

Mereka akan mengambil keputusan tentang uang dengan sangat bijaksana dan tidak gegabah.


7Kreatif

Berpikir kreatif bisa diterapkan dalam banyak hal, misalnya saja berpikir kreatif untuk menghemat uang, kreatif untuk mendapatkan tambahan penghasilan, dan kreatif menemukan cara agar tidak boros.


8Mengasah Teknik Komunikasi

5 Alasan Kenapa Anda Harus Senantiasa Mengembangkan Diri (8) - 7 Cara Mudah Membangun Keberagaman di Tempat Bekerja - 5 Manfaat yang Akan Didapatkan Saat Melakukan Hal yang Tidak Terpikirkan Sebelumnya - 4 Langkah Menjadi Bos yang Baik Agar Para Karyawan Betah Bekerja

Hampir setiap sisi kehidupan membutuhkan proses komunikasi yang baik, begitu juga bagi Anda yang ingin menumbuhkan kekayaan di masa depan.

Kemampuan komunikasi akan membantu Anda untuk melakukan negosiasi dan berdiplomasi.

Saling berbagi pengetahuan dengan orang lain, dan mengajukan pertanyaan tentang permasalahan keuangan yang sedang dihadapi dengan ahli.

Baca Juga:

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memanfaatkan kemampuan komunikasi untuk memasarkan produk atau jasa yang sedang ditawarkan kepada orang lain.

Kesimpulannya adalah menjadi seorang ahli dalam mengelola keuangan tidak harus dengan pendidikan formal atau sekolah bisnis yang mumpuni.

Cukup mengasah keterampilan dasar kehidupan seperti yang dicontohkan di atas. Belajar untuk berpikir kreatif, mengasah kemampuan komunikasi, mengetahui gamaran besar, mau bersabar, percaya dengan diri sendiri, dan mampu mengendalikan diri.

Semoga pembahasan di atas memberikan banyak manfaat untuk Anda!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 250.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.