Home Gaya Hidup 10 Negara Paling Murah dan Aman untuk Pensiun, Ada...

10 Negara Paling Murah dan Aman untuk Pensiun, Ada yang Dekat Indonesia

β€’

10 Negara Paling Murah dan Aman untuk Pensiun, Ada yang Dekat Indonesia – Pensiun di luar negeri, pernahkah terpikirkan di benak kamu? Mungkin memang mayoritas orang Indonesia, menganut kepercayaan untuk lahir dan mati di tanah sendiri.

Tapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa sebagian warga negara kita, ingin merasakan nikmatnya pensiun di luar negeri. Termasuk kamu, bukan?

Menikmati masa tua dengan pemandangan yang berbeda, merasakan pengalaman baru di negera paling aman dan murah, tentu sangat menarik untuk dilakukan.

Tentu saja, untuk menikmati masa pensiun dengan nyaman, tinggal di negara dengan biaya hidup paling murah saja tidak cukup, faktor keamanan juga harus diperhatikan.

Oleh karena itu, berikut adalah 10 negara paling murah dan aman untuk pensiun yang bisa kamu jadikan tujuan masa pensiun nanti.


10 Negara Paling Murah dan Aman untuk Pensiun,
Ada yang Dekat Indonesia

1
Austria

negara paling murah dan aman - austria

Negara paling murah dan aman pertama adalah Austria. Tempat ini menduduki urutan ke-4 untuk negara paling aman dan memiliki indeks harga konsumen 71,79.

Austria dikenal sebagai alternatif dari negara Swiss, namun dengan biaya hidup yang lebih murah.

Baca Juga: Bagaimana Bisa Pensiun dan Menjadi Jutawan di Usia 50?

Jika kamu tertarik untuk pensiun di sini, paling tidak kamu harus menguasai bahasa Jerman, karena mayoritas warga di sini menggunakannya untuk komunikasi sehari-hari.

Perihal visa, kamu memerlukan izin tinggal jika berada di sana lebih dari 6 bulan.

Kamu juga harus menunjukan bukti penghasilan, kependudukan, asuranasi kesehatan dan juga kemahiran dalam bahasa Jerman.


2
Australia

negara paling murah dan aman - australia

Menduduki urutan 13 dalam GPI, dengan Cost of Living Index 73,54 Australia menduduki negara kedua sebagai negara paling murah dan aman untuk pensiun di dunia.

Di sini negara kanguru ini, kamu bisa menikmati cuaca hangat, dengan banyaknya pantai tersebar di setiap sudut kota.

Jika tertarik untuk pensiun di sini, kamu atau pasanganmu harus berusia lebih dari 55 tahun. Selain itu, kamu juga dituntut untuk memiliki tanggungan.

Sebelumnya, kamu harus mengajukan retitement visa yang standar terlebih dahulu untuk mendapatkan visa sementara, berlaku selama 4 tahun.


3
Republik Ceko

negara paling murah dan aman - ceko

Ceko memasuki urutan ke-10 dalam GPI dan memiliki Cost of Living Index 46,15.

Jika pensiun di negara ini, kamu akan banyak menemukan 2000 kastil yang tersebar di seluruh tempat.

Salah satunya, Kastil Praha yang merupakan kastil terbesar abad pertengahan di Eropa.

Bersantai sambil melihat megahnya kastil yang penuh sejarah bersama pasangan pensiun kamu, tentu menjadi suatu hal yang menarik.

Perihal visa, kamu tidak memerlukan visa pensiun di negara ini. Tapi, izin tinggal dalam waktu panjang akan diberikan dalam situasi tertentu dengan syarat kamu memiliki bukti asuransi kesehatan.


4
Portugal

negara paling murah dan aman - portugal

Tempat ini menjadi sangat menarik bagi orang-orang di seluruh dunia yang ingin pensiun di luar negeri.

Alasannya? karena Portugal masuk sebagai salah satu negara dengan biaya hidup paling murah, dengan Cost of Living Index 50,39.

Selain itu, negara ini juga masuk ke urutan 10 sebagai negara paling aman di dunia.

Negara ini cocok bagi kamu yang menyukai suasana pantai. Kamu bisa dengan mudah menikmati makanan laut sembari menyeruput wine bersama pasangan di pinggir sungai yang tersebar di seluruh kota atau pantai Lisbon.

Supaya bisa pensiun di negara ini, kamu dapat mengajukan permanent residency visa dengan menunjukan bukti keuangan milikmu.


5
Slovenia

negara paling murah dan aman - slovenia

Negara kecil yang berapa di bagian Eropa Timur ini masuk dalam urutan ke-8 di GPI 2019 dan memiliki cost of living index 53,43.

Di Slovenia, banyak lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi hanya dengan berjalan kaki, misalnya Kastil Ljubljana.

Kastil kuno ini berasa di pusat ibukota dengan nama sama, yang pada 2016 ternyata memenangkan European Green Capital award, karena standar lingkungannya tinggi.

Banyak keindahan yang bisa kamu nikmati di sini, mulai dari pegunungan, danau, sungai dengan area hijau di sekitarnya hingga kastil-kastil megah bersejarah.

Jika kamu ingin pensiun di salah satu negara paling murah dan aman ini, kamu harus mengujukan visa izin tinggal setelah 90 hari berada di sana, dengan memperlihatkan bukti asuransi keseharan, penghasilan dan juga alamat permanen.


6
Spanyol

negara paling murah dan aman - spanyol

Selain menjadi negara yang memiliki bahasa paling seksi di dunia, Spanyol juga menjadi tempat rekomendasi pensiun, lho.

Salah satu negara paling murah dan aman ini, menduduki peringkat ke 30 dalam GPI 2019 dan memiliki indeks biaya hidup 54,70.

Baca Juga: 5 Bisnis Menguntungkan untuk yang Mau Pensiun Dini!

Cuaca yang hangat, pendudukan yang ramah dan juga makanannya yang cenderung masuk untuk semua lidah, menjadikan Spanyol sebagai surganya para turis.

Kamu bisa tinggal dan pensiun di negara ini, dengan memiliki visa tinggal yang didapatkan dari kedutaan Spanyol di Indonesia.


7
Malaysia

negara paling murah dan aman - malaysia

Selanjutnya ada negara tetangga yaitu Malaysia. Ya, Malaysia masuk sebagai negara paling murah dan aman untuk pensiun karena berada di urutan 35 dalam GPI 2019, dengan indeks biaya hidup 39.38.

Negara-negara di asia tenggara kecuali Singapura, bisa dibilang menjadi tempat yang terjangkau untuk pensiun namun tingkat keamanannya rendah.

Nah, Malaysia menjadi pemegang urutan pertama untuk negara paling aman dan murah di asia pertama, disusul dengan negara kita, Indonesia.

Baca Juga: Mau Pensiun di Jepang? Ini 4 Hal yang Harus Kamu Tahu!

Tentu saja, jika kamu pensiun di sini tidak perlu terlalu khawatir akan budaya dan bahasa, karena kurang lebih akan sama seperti negara kita.

Jika berlibur, kamu akan mendapatkan bebas visa tetapi kalau berniat untuk tinggal dan pensiun di sini, kamu harus menikuti Malaysia My Second Home (MM2H) pogram, yang memberikanmu visa dengan masa tinggal 10 tahun, selama kamu memenuhi syarat finansial.


8
Chili

negara paling murah dan aman - chili

Walaupun negara ini memiliki potensi besar untuk terkena gempa, namun persiapan mereka dalam menghadapi hal ini lebih baik dari tempat manapun.

Maka dari itu, Cili bisa berada di urutan 28 dalam GPI 2019, dengan indeks biaya hidup 47,73.

Sebagai salah satu negara paling murah dan aman untuk pensiun, kamu bisa mengajukan visa pensiun di sini dengan menujukan bukti bahwa kamu mampu membiayai dirimu di sini.


9
Costa Rica

negara paling murah dan aman - costa rica

Berada di urutan 40 dalam GPI 2019, dengan indeks biaya hidup 50,89 menjadikan Costa Rica menjadi negara paling murah dan aman selanjutnya.

Pensiun di negara ini tergolong murah, jika dengan $1,300 – $1,600 per bulan kamu sudah bisa tinggal dengan nyaman.

Baca Juga: 4 Langkah Tepat Menyiapkan Pensiun Dini di Usia 40 Tahun

Jika kamu berniat untuk pensiun di sini, ikutilah Pensionado Program, di mana kamu secara otomatis akan mentransfer, paling tidak $1,000, dana pensiun dari penghasilanmu ke sistem finansial Costa Rican setiap bulannya.


10
Uruguay

negara paling murah dan aman - uruguay

Negara yang berada di Amerika bagian selatan ini, berada di urutan 37 dalam GPI 2019, dengan indeks biaya hidup 57,31.

Di negara ini, kamu bisa menikmati iklim yang hangat, tidak terlalu dingin atau panas, pantai indah dan juga budaya beragam.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati program kesehatan nasional yang berlaku untuk semua orang, temasuk warga asing.

Uruguay menjadi salah satu negara terbaik untuk pensiun.


Bagaimana, sudah menentukan ingin pensiun di negara apa? Eits, tapi sebelum itu tentunya kamu harus memiliki perencanaan dana pensiun yang tepat dulu.

Kamu tidak perlu menunggu cukup berumur, untuk menyiapkan dana pensiun. Walaupun saat ini kamu masih berusia 20-an, dan bahkan belum menikah serta memiliki keluarga, juga menyiapkan dana pensiun sedini mungkin justru sangat direkomendasikan.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan?

Kamu bisa mengikuti program pensiun, menabung, dan juga berinvestasi. Ketiganya menjadi hal penting karena bisa saling melengkapi. Jika kamu menabung saja, pasti tidak akan cukup karena menabung tidak bisa mengatasi inflasi di tahun mendatang.

Maka dari itu, kamu juga perlu berinvestasi. Bisa melalui instrumen saham, reksa dana, deposito dan juga mendanai mulai dari Rp100,000 di KoinP2P dari KoinWorks.

Dengan KoinWorks, kamu bisa mendapatkan imbal hasil efektif mulai dari 18% per tahun. Selain itu, kalau kamu memanfaatkan efek compounding, bisa memperbesar keuntungan yang kamu terima.

KoinWorks adalah Super Financial App, yang bisa membantu kamu mengembangkan aset sekaligus meminjam dana dalam satu dasbor dan sudah berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk jangan menunda lagi, mulai siapkan dana pensiun mulai dari sekarang! Semoga berhasil.

Referensi: investopedia.com, numbeo.com, statisticstimes.com


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di: Β 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di: Β 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X