Tidak hanya berkaitan dengan fashion, dalam olahraga pun ada yang disebut dengan trend, salah satunya adalah Triathlon yang lekat dengan gaya hidup masyarakat modern perkotaan. Bagi Anda yang belum pernah mendengar tentang jenis olahraga ini, Triathlon adalah kejuaraan olahraga atletik yang mengombinasikan tiga jenis olahraga yang dilakukan secara terus-menerus dalam satu waktu. Tiga jenis olahraga tersebut adalah lari, renang, dan bersepeda. Pertandingan ini dimulai dengan berenang, bersepeda, dan terakhir adalah berlari.

Sesuai dengan jarak yang telah ditetapkan oleh The International Triathlon Union (ITTU), pertandingan ini dibagi menjadi 4 kategori yaitu Sprint Distance, Intermediate, Long Course, dan Ultra Distance. Tak hanya berkaitan dengan olahraga ini, event sport tourism yang turut menjadi bagian juga banyak diminati oleh banyak traveller. Bagi penghobby Triathlon mereka rela bepergian jauh-jauh baik di sekitar Indonesia atau bahkan ke luar negeri demi turut ambil bagian dalam berbagai event perlombaan.

Yang menjadi alasan bagi para traveller ini adalah ingin merasakan suasana dan pengalaman yang berbeda-beda pada setiap pertandingan. Ambisi untuk menyelesaikan pertandingan hingga akhir juga tentu menjadi salah satu faktor pendorong yang paling besar. Dengan banyaknya event lomba semacam ini termasuk di tanah air, memang telah terjadi fenomene sport tourism yang selalu menarik perhatian para pelancong. Selain menyehatkan tubuh, pikiran akan turut menjadi santai karena pemandangan yang dilalui saat menempuh track-track triathlon tersebut tentu sangat indah dan memberikan pengalaman liburan yang berkesan.

Berlibur memang sangat menyenangkan, dan satu-satunya hal yang tidak menyenangkan dari liburan adalah Anda harus mengeluarkan dana untuk melakukannya apalagi bila lokasinya cukup jauh atau hingga ke luar negeri. Bila Anda baru saja mengetahui bahwa suatu event sport tourism akan diadakan dan ingin sekali berpartisipasi tetapi sedang tak mengalokasikan dana khusus mungkin pinjaman pribadi perorangan bisa menjadi solusi. Sebelum mempersiapkan segala jenis dokumen yang memang dibutuhkan, sebaiknya tentukan terlebih dahulu jenis kredit yang hendak Anda ajukan.

Secara umum di tanah air pinjaman pribadi terbagi menjadi dua yaitu pinjaman dengan jaminan atau agunan dan pinjaman dengan agunan. Lalu apa bedanya? Berikut ini adalah ulasannya bagi Anda.

Kredit dengan agunan

Bila Anda ingin mengajukan kredit dengan metode ini Anda harus menyerahkan jaminan kepada bank yang biasanya berupa aset seperti kendaraan atau properti. Jaminan ini merupakan bentuk keamanan atas pinjaman tersebut. Bila sang debitur mengalami gagal bayar atau tak dapat mengembalikan pinjaman sesuai kesepakatan maka resikonya aset yang diserahkan tersebut akan menjadi milik bank. Untuk itu Anda harus sangat memperhitungkan kemampuan finansial Anda sebelum mengajukan pinjaman semacam ini. Kelebihan dari metode kredit ini adalah bunga pinjaman yang menjadi beban debitur lebih ringan daripada pinjaman tanpa agunan.

Kredit tanpa agunan

Pinjaman pribadi perorangan jenis kedua adalah kredit tanpa agunan dan banyak diminati mayoritas masyarakat Indonesia. Hal ini karena jenis KTA atau Kredit Tanpa Agunan menetapkan persyaratan yang lebih minimal bila dibandingkan kredit yang menyertakan jaminan. Persyaratan agar pinjaman ini mendapat persetujuan adalah calon debitur harus bisa meyakinkan bank bahwa mereka layak diberi kredit atau mempunyai kemampuan finansial yang baik.

Salah satu bukti kelayakan kredit ini adalah catatan transaksi serta pembayaran kartu kredit selama paling sedikit satu tahun. Meskipun demikian Anda juga harus memperhitungkan resiko gagal bayar kredit ini yaitu pihak bank bisa melayangkan tindakan hukum bila tak berhasil menagih angsuran pinjaman sebagaimana kesepatakan kedua belah pihak. Pada umumnya untuk memulihkan kerugian pihak bank, pengadilan akan melakukan penyitaan aset milik debitur.

Setelah mengetahui lebih jauh tentang ragam pinjaman pribadi, Anda juga sebaiknya memperkaya wawasan akan jenis-jenis suku bunga yang dibebankan kepada peminjam atau kredit pribadi tersebut. Jenis suku bunga pinjaman yang biasanya diberlakukan adalah:

Pinjaman pribadi dengan bunga tetap

Suku bunga tetap adalah tingkat suku bunga dalam jumlah yang sama dan terus berlaku hingga seluruh angsuran terbayar. Dengan demikian saat terjadi fluktuasi suku bunga tak turut terombang-ambing.

 Pinjaman pribadi dengan bunga variabel

Arti dari bunga variabel ini, suku bunga yang dibebankan kepada peminjam berubah-ubah sesuai suku bunga di pasar.

Semoga ulasan ini bisa menjadi rekomendasi yang berharga bagi Anda.

 

 


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.