Bersama Sleekr dan Moka, KoinWorks Meluncurkan Komunitas Bertajuk ‘Pahlawan UKM’- Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan tulang punggung perekonomiaan nasional.

Meski saat ini tercatat ada 55.6 juta pelaku UKM di Indonesia, tetapi sayangnya hanya 8% dari mereka yang mengoperasikan usahanya secara daring. Padahal teknologi komunikasi ini sangat berguna bagi mereka untuk mengembangkan usahanya.

Berangkat dari keresahan tersebut, KoinWorks bersama Sleekr dan Moka meluncurkan komunitas bernama ‘Pahlawan UKM’ pada 16 Agustus 2018 kemarin.

Bertempat di Jakarta Creative Hub, Tana Abang, Jakarta pusat, peluncuran komunitas ini dihadiri oleh 70 pelaku UKM.

Baca Juga:Ā [Event Recap] Pentingnya Permodalan Usaha untuk Memperkuat Branding Bisnis

Tiga perusahaan digital ini bertekad untuk memberi literasi kepada UKM agar lebih melek teknologi. Literasi tersebut mulai dari bagaimana mengeoperasikan bisnis secara daring sampai bagaimana melakukan pemasaran digital.

Achmad Ja’far Alfakhry, Ketua Operasional Komunitas Pahlawan UKM, menuturkan kalauĀ platform digital dapat menguntungkan banyak UKM.

“Pada dasarnya, penerapan dariĀ platform digital dapat memberikan keuntungan yang variatif bagi UKM, tidak hanya dari cakupan tetapi juga hingga ke aktivitas operasional hingga pendanaan,” tutur pria yang juga bekerja sebagaiĀ Head of Community and EventĀ di Moka ini.

Ada pun beberapa program yang ditawarkan oleh komunitas ini.

Pertama adalah konten edukatif dalam bentuk seminar dan berbagai acara mengenai penggunaan fitur digital di berbagai industri UKM Indonesia.

Kedua adalah dalam bentukĀ support program. Melalui program ini, Pahlawan UKM akan bertindak sebagai pendukung untuk acara-acara yang diselenggarakan oleh pihak ketiga.

Para pelaku UKM diharapkan mendapatkan keuntungan nyata dari layanan yang ditawarkan oleh tiga perusahaan ini.

Moka sendiri menyediakan layanan sistem kasir secara daring, Sleekr menawarkan platform bisnis manajemen keuangan dan sumber daya manusia, sementara KoinWorks memberikan akses bagi pelaku UKM untuk mendapatkan modal secara daring untuk mengembangkan bisnis mereka.

Baca Juga:Ā [New Event] Online Seller Meetup: Is Instagram Ads More Valuable than Google Ads?

Diana Octavia, yang merupakanĀ Marketing ManagerĀ di Sleekr, menyampaikan kalau bukti nyata dari komunitas Pahlawan UKM adalah diberikannya akses kepada seluruh UKM yang tergabung.

“Nantinya setiap anggota dapat menggunakan produk yang memang dibutuhkan bisnis mereka saat ini dengan akses yang lebih mudah dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis mereka,” terangnya.

Harapannya, dengan adanya komunitas ini, 55.6 juta UKM di Indonesia dapat memiliki sarana edukatif untuk mengembangkan usaha mereka.

“Sebagai komunitas bisnis yang berfokus pada literasi digital mau punĀ offline, kami hadir sebagai pendukung utama dalam perkembangan bisnis mereka,” papar Debby Lufiasita,Ā Head of CommunicationĀ KoinWorks.

Sumber: Swa.co.id

Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.