Investor Pemula? Baca Panduan Investor Pemula Untuk Investasi di Fintech Lending KoinWorks Ini – Menjelang akhir tahun, KoinWorks sudah hadir beberapa bulan dan terus memunculkan terobosan baru dalam mencakup kemudahan berinvestasi. Sebagai pionir Fintech Lending Indonesia, KoinWorks sudah cukup berpengalaman dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, tak terkecuali bagi Anda.

Mungkin, sebagai investor pemula, atau investor pemula dalam konsep Fintech Lending, Anda tentu masih bingung bagaimana sistemnya bekerja, sehingga Anda mungkin ragu untuk mencoba Fintech Lending ini.

Perlu diketahui, Fintech Lending merupakan salah satu instrumen investasi yang masih baru di Indonesia yang bisa digunakan sebagai investasi alternatif.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Investasi di Fintech Lending

Sistem ini sama halnya seperti sebuah marketplace online yang mempertemukan Pendana dengan Peminjam dalam sebuah platform berbasis internet. Selengkapnya mengenai investasi Fintech Lending bisa Anda baca di artikel ini.

Meski Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) belum menerbitkan sebuah aturan menetap yang mengikat, skema Fintech Lending ini sudah diawasi perkembangannya secara menyeluruh. Dan perlu diketahui, Bank Indonesia bahkan sudah membuat kantor khusus Fintech Indonesia di Jakarta.

Baca Juga:

Peraturan Peer to Peer Lending Resmi Dirilis Oleh OJK

Nah untuk peraturannya sendiri baru akan hadir pada akhir tahun 2016 ini hingga Januari 2017, jadi skema Fintech Lending ini dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti arahan OJK dan peraturan yang ada.

Baca Juga: Alasan OJK di Balik Regulasi Peer to Peer Lending

Bagi Anda investor pemula namun masih ragu dengan sistem investasi ini, maka lepaskanlah keraguan Anda dengan memilih platform investasi Fintech Lending yang tepat seperti KoinWorks.

Di KoinWorks, setiap dana yang masuk diawasi dengan ketat untuk menjamin dana investor sepenuhnya, dimulai dari seleksi yang ketat terhadap Peminjam hingga tersedianya Dana Proteksi yang hanya dimiliki oleh KoinWorks.

Baca Juga: Ini 4 Hal Penting dari Peraturan OJK untuk Regulasi Peer to Peer Lending

Selain itu, Allianz juga meningkatkan keamanan dengan memberikan asuransi jiwa jika saja Peminjam meninggal dunia.

Untuk semakin meningkatkan kepercayaan Anda untuk mulai berinvestasi di KoinWorks, berikut panduan investor pemula untuk investasi di Fintech Lending KoinWorks yang bisa Anda pahami dan sambil diterapkan ketika berinvestasi.

Panduan Investor Pemula Untuk Investasi di Fintech Lending KoinWorks

Daftarkan Sebuah Akun

1. Mulai Buat Akun Anda

Untuk memulai proses pendaftaran, masuk ke halaman Daftar di KoinWorks.

KoinWorks pendaftaran

Akan ada dua formulir yang harus Anda isi:

  • Formulir pertama merupakan keterangan login Anda. Selanjutnya data yang Anda isi di formulir ini akan berfungsi sebagai keterangan login Anda ke dalam Dashboard Pendana.
  • Formulir kedua berisi keterangan pribadi Anda. Isi selengkap-lengkapnya dengan benar. Siapkan juga scan KTP yang masih berlaku (direkomendasikan e-KTP) dan Anda harus berusia minimal 21 tahun untuk menjadi investor di KoinWorks:

2. Konfirmasi Email

Konfirmasi Pendaftaran Email di KoinWorks

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan konfirmasi terhadap email yang Anda gunakan ketika mendaftar. Keterangan konfirmasi akan dikirimkan guna mengkonfirmasi data yang tadi Anda masukkan, terutama email.

3. Proses Verifikasi Data

proses verifikasi data KoinWorks

Di tahap ini Anda hanya perlu menunggu hingga seluruh data yang Anda masukkan diverifikasi oleh tim KoinWorks.

Di hari biasa proses verifikasi hanya memakan waktu kurang lebih 1 hari saja, namun di hari Jumat hingga akhir pekan bisa memakan waktu 2 hingga 3 hari.

4. Login

KoinWorks Login

Setelah seluruh data Anda selesai diproses, Anda sudah resmi bergabung sebagai Pendana di KoinWorks. Anda bisa mulai login ke dalam Dashboard akun Pendana Anda di KoinWorks.

5. Deposit Dana

Lakukan deposit pertama Anda. Saat ini seluruh dana yang didepositkan ke KoinWorks hanya akan diproses melalui transfer bank ke rekening yang tertera di Dashboard Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Masuk ke Halaman Transfer

KoinWorks Transfer

Dari halaman Dashboard akun Anda, klik menu Transfer di bagian menu.

Lakukan Deposit Dana

KoinWorks Deposit

Selengkapnya, Anda bisa mengikuti tutorial dengan video tutorial di bawah ini:

Anda bisa melakukan deposit dana dengan cara transfer dana ke rekening yang sudah ditetapkan di halaman ini. Jangan lupa untuk menyimpan bukti transfer karena akan diperlukan di tahap selanjutnya.

Lakukan Konfirmasi

KoinWorks Konfirmasi Deposit

Setelah melakukan transfer, lakukan konfirmasi dana Anda dengan mengisi deskripsi yang tersedia, mengupload bukti transfer, dan submit.

Mulai Berinvestasi

1. Mulai dari yang Kecil

investasi 100 ribu koinworks

Untungnya, tidak seperti platform Fintech Lending lainnya, di KoinWorks Anda bisa mulai berinvestasi dengan Rp 100.000,-. Untuk berinvestasi jumlah ini tentu terhitung kecil atau setidaknya affordable.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Investasi di KoinWorks

Jumlah ini juga dengan mudah (dan murah) memungkinkan Anda untuk mencoba sistem investasi yang ada di KoinWorks, tentu akan semakin membantu Anda dalam memahami konsep Peer to Peer Lending atau Fintech Lending secara keseluruhan.

Untuk lebih mudah memahami bagaimana caranya untuk mulai berinvestasi di KoinWorks, silahkan ikuti langkah-langkahnya melalui video tutorial berikut ini:

2. Diversifikasi

Kata terpenting ketika berinvestasi adalah Diversifikasi. Metode ini terbilang sangat umum ketika berinvestasi. Diversifikasi merupakan salah satu metode investasi favorit bahkan bagi para ahli.

Baiknya, karena banyaknya peminjam yang ada di KoinWorks, Anda bisa langsung menerapkan metode diversifikasi ini dengan mudah.

Ketika Anda masuk ke dalam menu Telusuri, Anda akan langsung melihat banyaknya terdapat peminjam yang siap untuk didanai.

Diversifikasikan dana investasi Anda ke masing-masing peminjam yang ada. Juga, buat variasi dalam portofolio Anda dengan berinvestasi ke peminjam dengan suku bunga, tujuan pinjaman, dan jangka waktu yang berbeda-beda.

Baca Juga: 5 Tips Agar Bisa Berinvestasi Setiap Bulan

Misalnya, seperti pada gambar di atas, terdapat tiga peminjam yang belum terdanai sepenuhnya. Anda telah mendepositkan dana sebanyak Rp 300.000 maka Anda bisa mendiversifikasikan dana investasi Anda sebesar Rp 100.000 ke masing-masing peminjam.

Ini juga bisa mempengaruhi portofolio investasi Anda, di mana masing-masing peminjam memiliki suku bunga dan credit scoring yang berbeda-beda. Dalam hal ini keuntungan dan resiko yang Anda dapatkan juga akan bervariasi.

Manakala ada peminjam yang gagal bayar, kerugian Anda dapat ditutupi melalui keuntungan yang Anda dapat dari investasi Anda di peminjam lain. Inilah satu dari sekian banyak keuntungan diversifikasi yang bisa Anda dapatkan, dan bisa diterapkan dengan sangat mudah di KoinWorks.

Selengkapnya mengenai teknik diversifikasi:

Begini Teknik Diversifikasi Investasi di Fintech Lending KoinWorks

3. Pahami Resiko, Credit Scoring & Suku Bunga

Terdapat 5 grade yakni A hingga E, dan masing-masing grade terdiri dari lima level yang berbeda, seperti A1 hingga A5, di mana A1 merupakan yang paling dianggap mampu untuk membayar pinjaman dan E5 dengan grade yang paling rendah dalam hal ini.

Investasi fintech lending KoinWorks

Di titik aman, misalnya A1, suku bunga yang dikenakan mulai dari 0,75%, sementara di E5 bisa mencapai 4%.
Bagi Anda Pendana, berinvestasi di E5 akan memberikan keuntungan yang lebih besar namun memiliki resiko yang lebih tinggi pula.

Sementara di A1, dana Anda akan jauh lebih aman namun keuntungan akan lebih minim. Di sinilah gunanya Anda berdiversifikasi sembari memahami suku bunga dan credit scoring. Selengkapnya mengenai hal ini bisa Anda temukan dalam artikel ini.

4. Baca Semua Informasi Tentang Peminjam

Hal ini tentu merupakan langkah penting untuk dilakukan demi mengenali kepada siapa dana Anda akan diinvestasikan. Baca semua informasi tentang peminjam yang tersedia mulai dari tujuan pinjaman, latar belakangnya secara pribadi, pendapatan tahunan, mitra, reputasi dan sebagainya.

Khusus untuk tujuan pinjaman, KoinWorks menyertakan tiga jenis tujuan pinjaman yakni Pinjaman Bisnis, Pinjaman Kesehatan, hingga Pinjaman Pendidikan. Untuk masing-masing tujuan pinjaman terdapat detil selanjutnya, misalnya pada tujuan bisnis, peminjam mengajukan pinjaman untuk memperbanyak inventori produk bisnisnya.

Anda juga bisa mengunduh segala informasi yang diperlukan mengenai masing-masing peminjam dalam bentuk Factsheet berformat PDF.

borrower data koinworks

5. Manfaatkan Media Sosial

KoinWorks memiliki sebuah fitur Social Media Connect yang memungkinkan Anda untuk melihat seberapa dekat Anda dengan peminjam berdasarkan data-data dari media sosial yang Anda hubungkan. Kedekatan tersebut berdasarkan data di media sosial akan dikonversi menjadi bentuk skor, dari 1 hingga 9, dari yang tinggi hingga terendah.

KoinWorks social connect 2

Selengkapnya mengenai fitur ini bisa Anda baca lewat artikel berikut:

Ingin Tahu Seberapa Dekat Hubungan Dengan Peminjam? Gunakan Fitur Social Connect di KoinWorks

6. Pertimbangkan Untuk Mencoba Fitur Auto-Purchase

Anda bisa menyaring tipe pinjaman untuk diinvestasikan secara otomatis, bahkan Anda bisa mendanai pinjaman sesuai kriteria Anda secara otomatis. Fitur Auto-Purchase yang disediakan KoinWorks memudahkan Anda untuk mengotomasi investasi Anda berdasarkan suku bunga, tipe pinjaman, jangka waktu hingga bid per loan.

Setelah menentukan detil-detil dalam fitur Auto-Purchase, Anda kemudian bisa memasukkan bid per loan untuk diinvestasikan secara otomatis.

Untuk lebih lengkap mengenai fitur Auto-Purchase dan memanfaatkannya secara maksimal, Anda bisa membaca artikel berikut untuk informasi lebih lengkapnya:

KoinWorks Meluncurkan Fitur Auto Purchase, Kini Mendanai Semakin Mudah

7. Berinvestasi Secara Perlahan

investasi di KoinWorks

Sebagai investor pemula Anda mungkin akan sangat bersemangat untuk memulai pengalaman berinvestasi Anda dan itu wajar. Namun, jangan langsung menggelontorkan seluruh dana Anda untuk berinvestasi, melainkan miliki strategi kapan harus berinvestasi dan kapan harus mengambil jeda.

Anda juga bisa menjadwalkan maupun menyisihkan dana hingga ketika Anda perlu berinvestasi Anda bisa mulai langsung berinvestasi.

Jangan langsung memaksakan untuk berinvestasi meskipun pilihan peminjam yang tersedia tidak sesuai dengan analisa atau perhitungan Anda, atau pun tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Ada baiknya tahan dana investasi Anda hingga peminjam baru muncul di dalam platform. Di KoinWorks, beberapa peminjam bisa hadir setiap hari dan siap untuk didanai.

8. Investasikan Kembali Bunga yang Telah Anda Dapat

re-invest di koinworks

Dalam investasi Fintech Lending, dana yang Anda investasikan kepada beragam peminjam akan menghasilkan bunga sebagai pendapatan Anda. Bunga ini bisa Anda tarik untuk langsung dibelanjakan atau bisa diinvestasikan kembali.

Rekomendasinya adalah menginvestasikan kembali bunga yang telah Anda dapatkan untuk memaksimalkan keuntungan sebab bunga yang Anda investasikan kembali akan berkesempatan mendapatkan bunga yang lebih tinggi lagi, jadi keuntungan Anda bisa lebih maksimal.

Penutup

Nah, bagaimana? Dengan seluruh langkah di atas apakah Anda masih menemukan kesulitan? Berinvestasi di Fintech Lending KoinWorks tidaklah rumit, bahkan terhitung sangat sederhana.

Anda bahkan bisa memulainya dengan mudah meskipun Anda masih merupakan investor pemula, terutama di bidang Fintech Lending. Jika masih ada pertanyaan mengenai hal ini jangan sungkan untuk bertanya ke call center kami atau melalui email di halaman Hubungi Kami.

Siap untuk mulai berinvestasi di KoinWorks?

Daftar Sekarang



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?