Home Investasi Dapatkan Passive Income dengan Pendanaan Online P2P Lending

Dapatkan Passive Income dengan Pendanaan Online P2P Lending

Dapatkan Passive Income dengan Pendanaan Online P2P Lending – Mendapatkan passive income memang selalu menyenangkan dan menenangkan kondisi keuangan.

Passive Income dapat membantu Anda untuk mendapatkan aset berharga dan mengekspansi aset lain sebagai sumber penghasilan baru.

Baca Juga: Mendorong Perekonomian Indonesia dengan P2P Lending

Di sisi lain, passive income akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan waktu luang demi mengembangkan aset lain sebagai sumber penghasilan tambahan, dan Anda pun bisa berkonsentrasi pada keperluan-keperluan lain.

Baca Juga:

Apa Itu Peer to Peer Lending (P2P Lending)? Cari Tahu Selengkapnya!

Di sekitar Anda mungkin sudah banyak sekali orang yang berhasil mendapatkan passive income. Dengan pendanaan online P2P Lending, Anda pun bisa menciptakan passive income untuk Anda sendiri.


Bagaimana Cara Kerja Pendanaan Online P2P Lending (Peer to Peer Lending)?

Memulai pendanaan online P2P Lending tidaklah susah dan di KoinWorks sendiri sudah banyak sekali panduan yang bisa Anda manfaatkan untuk segera memulai investasi.

Di KoinWorks, Anda bisa langsung mendaftarkan diri secara online dengan mengisi informasi dasar mengenai email dan nama lengkap Anda sesuai KTP hingga mengunggah foto KTP Anda untuk keperluan validasi data.

Setelah akun Anda diperiksa dan diterima sepenuhnya, Anda bisa langsung menelusuri pinjaman. Atau, untuk memudahkan proses, terlebih dahulu silahkan melakukan deposit pertama Anda.

Karena pendanaan online P2P Lending KoinWorks dimulai dari nominal Rp100.000 dan berlaku kelipatannya, Anda bisa langsung melakukan deposit dan mulai mencari pinjaman untuk didanai.

Mulai dari Rp 100.000 Anda sudah bisa mendanai berbagai kebutuhan peminjam mulai dari pinjaman bisnis, pinjaman kesehatan hingga pinjaman dana pendidikan.

Anda juga bisa memilih pinjaman berdasarkan tingkat risiko, dari A hingga E. Semakin tinggi risiko semakin besar pula potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Potensi bunga keuntungan di KoinWorks mulai dari 18% per tahun, dan akan semakin tinggi lagi bila memutuskan untuk mendanai kembali keuntungan yang telah Anda dapatkan.

Cara kerja KoinWorks selengkapnya bisa Anda baca di artikel berikut:

Cara Kerja KoinWorks: Pendanaan Online P2P Lending


1
Potensi Keuntungan yang Anda dapatkan dari Pendanaan Online P2P Lending

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda berpotensi mendapatkan bunga keuntungan efektif mulai dari 18% per tahun dan akan semakin besar lagi bila Anda mendanai kembali keuntungan Anda.

Semakin tinggi tingkat risiko pinjaman yang Anda danai, semakin besar pula potensi keuntungan Anda.

Misal, Anda mendanai pada pinjaman dengan tingkat risiko D5 dan A3. Potensi keuntungan yang Anda dapatkan dari pinjaman D5 akan lebih tinggi dibanding A3.

Anda bahkan berkesempatan untuk mendapatkan bunga efektif sebesar 38% per tahun. Semakin Anda rajin berinvestasi, berdiversifikasi dan menginvestasikan kembali keuntungan Anda, maka semakin besar pula keuntungan investasi online P2P Lending yang akan Anda dapatkan.


2
Bagaimana dengan Risikonya?

Selalu ada risiko dalam pendanaan. Ada kalanya peminjam akan mengalami gagal bayar. Bila itu terjadi, keuntungan dari pendanaan Anda akan terganggu dan besar kemungkinan dana yang Anda salurkan tidak akan kembali.

Untuk mengatasinya, penting sekali untuk melibatkan metode diversifikasi ke dalam strategi pendanaan Anda. KoinWorks menyarankan untuk memulai dari nominal kecil terlebih dahulu. Bila Anda sudah memahami cara kerja dan risikonya, Anda kemudian bisa menambah dana secara perlahan.

Sebarkan dana Anda ke banyak pinjaman sehingga portofolio pendanaan Anda pun meluas. Sebagai permulaan, coba seimbangkan portofolio Anda, baik untuk pinjaman yang lebih aman dan pinjaman yang lebih berisiko. Dengan begitu, risiko yang ada bisa diminimalisir.

Setelah Anda memiliki portofolio yang lebih luas, coba danai lagi untuk pinjaman yang lebih dominan ke pinjaman yang lebih aman atau pun pinjaman yang lebih berisiko.

Tidak ada jaminan mutlak apakah pinjaman dengan tingkat risiko yang lebih rendah akan pasti selalu mencicil pinjamannya tepat waktu setiap bulannya.

Dalam sistem pendanaan online P2P Lending, apa yang dicicil oleh peminjam itulah yang diterima oleh pendana. Oleh karena itu, pertimbangkan juga kemungkinan bahwa peminjam akan telat mencicil atau bahkan gagal bayar.

Ada kalanya pula peminjam melunasi pinjamannya jauh lebih awal dibandingkan tenor pinjaman yang sudah ditentukan sebelumnya. Contoh kasusnya seperti ini, misalnya peminjam tersebut pada awalnya meminjam dengan tenor 12 bulan.

Pada bulan ke-7, peminjam tersebut melunasi seluruh pinjamannya. Bila itu terjadi, artinya pada bulan ke-8 dan seterusnya Anda sudah tidak mendapat keuntungan dari hasil pengembalian lagi.

Sisa pinjaman yang dibayarkan pada bulan ke-7 akan dibagi rata kepada seluruh pendana yang turut mendanai, namun pada bulan ke-8 dan seterusnya menurut tenor, pengembalian tidak lagi Anda terima.

Baca Juga: Bagaimana Investasi Mempengaruhi Kehidupan Finansial?

Bila terjadi gagal bayar, besar kemungkinan bahwa Anda tidak akan mendapatkan dana Anda kembali. Namun di KoinWorks, terdapat Dana Proteksi yang berfungsi untuk mengganti rugi uang para pendana bila peminjam gagal bayar.

Dana Proteksi itu merupakan komisi yang didapat KoinWorks dari layanan P2P Lending yang diberikan dan dikumpulkan khusus sebagai dana ganti rugi. Dana Proteksi dari KoinWorks merupakan fitur satu-satunya yang dimiliki oleh platform P2P Lending lokal.


3
Mendapatkan Passive Income dengan Pendanaan Online P2P Lending

Bila Anda rajin melakukan pendanaan online P2P Lending setiap bulan maka Anda berkesempatan untuk menciptakan passive income sendiri.

Pendanaan online P2P Lending akan memberikan Anda keuntungan tetap sesuai dengan bunga keuntungan yang ditetapkan dari masing-masing grade peminjam.

Semakin Anda sering mendanai, nilai uang Anda pun terus akan bertambah ketimbang dibiarkan diam dalam tabungan karena akan terus terpotong biaya administrasi dan nilainya pun akan tergerus inflasi.

Misalnya, bila Anda mendanai sebesar Rp1.000.000 pada pinjaman dengan tingkat risiko rendah, dalam setahun, nilai uang Anda akan bertambah menjadi Rp1.108.000.

Bila Anda menginvestasikan kembali setiap keuntungan yang didapat, potensi keuntungan Anda bisa menjadi Rp1.190.000.

Atau bila dana sebesar Rp1.000.000 disalurkan pada pinjaman berisiko tinggi, dalam setahun dana Anda akan menjadi Rp1.168.000, dan akan menjadi Rp1.310.000 bila Anda mendanai keuntungannya kembali.

Baca Juga: Peraturan Peer to Peer Lending Resmi Dirilis Oleh OJK

Anda juga bisa langsung mendiversifikasikan dana Anda sebanyak Rp1.000.000 untuk mendanai 10 pinjaman, dengan masing-masing Rp 100.000 untuk masing-masing pinjaman.

Meski persentase keuntungan akan sangat berpengaruh pada tingkat risiko dan bunga masing-masing, Anda bisa berdiversifikasi untuk mengetahui tipe pinjaman mana yang memberikan Anda keuntungan maksimal.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan setiap bulannya. Dengan menciptakan passive income, Anda bisa lebih memokuskan diri ke urusan lain seperti karir dan bisnis, sembari tetap mendanai hingga di sisi lain Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang maksimal.



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

6 KOMENTAR

    • Halo, Pak Untung, terima kasih atas tanggapannya atas artikel ini.
      Menanggapi pertanyaan bapak, langkah pertama dan yang paling utama adalah melakukan follow-up terhadap peminjam.
      Bila peminjam tetap tidak bisa mengembalikan pinjamannya, KoinWorks akan menggunakan Dana Proteksi (dana yang disisihkan khusus untuk menjadi dana ganti rugi bila peminjam gagal bayar) dan akan diberikan kepada setiap investor menurut resiko.
      Bila peminjam memiliki credit scoring A, maka akan diganti 100%, bila B akan diganti 80% begitu seterusnya hingga grade E sebesar 20%.
      Semakin tinggi resiko investasi maka semakin kecil pula Dana Proteksi yang meng-cover.

      Semoga bisa menjawab pertanyaan Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X