Mau Jadi Pebisnis yang Sukses? Ketahui 3 Kunci Penting Ini – Terkadang di dalam perjalanan karier, Anda pasti pernah merasa jenuh.

Jam kerja yang mengikat dan kebebasan waktu yang sedikit membuat kita cenderung berpikir untuk menjadi seorang pebisnis. Menjadi seorang pebisnis dianggap sebagai suatu profesi yang menyenangkan, karena pebisnis dapat mengatur sendiri jam kerjanya.

Baca Juga: Untuk Bisnis Baru, Coba Ikuti 10 Tips Mengembangkan Bisnis Ini

Biasanya sebagai langkah awal atau sekedar mencoba, kebanyakan orang akan mulai menjadi pebisnis online terlebih dahulu. Anda tentunya tetap harus mengeluarkan usaha terbaik jika ingin berhasil kan?

Nah, berikut ini adalah 3 kunci yang telah dirangkum dari para pebisnis baik online maupun offline yang telah berhasil di dalam bisnisnya:

Mau Jadi Pebisnis yang Sukses? Ketahui 3 Kunci Penting Ini

1. Perencanaan

catatan keuangan - rekening bank - koinworks - perencanaan keuangan

Kemana arah bisnis saya akan bergerak? Apa yang menjadi tujuan utama dari bisnis saya? Pertanyaan-pertanyaan dibatas mungkin terlihat sangat biasa, namun seringkali dilalaikan oleh pemilik bisnis. Pebisnis seringkali terjun ke sebuah bidang dengan satu tujuan yaitu berhasil.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tidak Memberikan Diskon Terlalu Berlebihan

Akan tetapi, berhasil seperti apa yang diinginkan? Bagaimana strategi pemasarannya? Siapa target pasar utamanya?

Seringkali pebisnis tidak mengetahui hal ini, namun secara nekat terjun mengikuti arus.Perencanaan yang matang adalah bagian terpenting guna kelancaran bisnis.

Cobalah untuk rencanakan bagaimana arus bisnis Anda 6 bulan hingga 1 tahun ke depan. Rencanakan dan observasi juga setiap strategi pemasaran yang dibuat.

Akan tetapi, ingat bahwa Anda tidak perlu membuat sebuah rencana yang terlalu bertele-tele dan rumit, karena masa depan bisnis tidak dapat diprediksi.

Baca Juga: Jangan Lakukan! 5 Kesalahan yang Melanggar Etika Berbisnis (Dengan Melakukan Spamming)

Dalam hal ini, Anda cukup membuat sebuah perencanaan kunci dan utama yang bisa dijalankan dan dapat dijadikan patokan bagi pengembangan bisnis kedepannya.

2. Kerja Keras

Renaldy Philipus borrower story koinworks - 3

Rencana sebaik apapun tentunya tidak akan memberikan dampak yang besar bagi perkembangan bisnis Anda bila tidak ada tindakan nyata yang dilakukan.

Seringkali orang berpikir terlalu panjang dalam perencanaan, dan terlalu takut untuk bertindak. Dalam hal ini biasanya dipengaruhi banyak faktor, seperti malas untuk bekerja keras, takut tidak berhasil, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 4 Evaluasi Bisnis yang Wajib Dilakukan Agar Bisnis Berkembang

Anda sebagai seorang pebisnis harus memiliki kepercayaan terlebih dahulu bahwa kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil. Setiap kerja keras yang dibayarkan pasti akan membuahkan hasil yang sepadan.

Contohnya: Apakah Anda mengenal inspirator muda Merry Riana? Jika membaca buku dan belajar dari film beliau, ia menunjukan kerja keras yang begitu ulet tanpa menyerah sedikitpun sebelum menjadi berhasil.

Siapkah Anda mengikuti kerja keras yang dilakukan beliau untuk diaplikasikan ke bisnis Anda? Tidak ada kesuksesan yang didapat dalam satu malam, kerja keras mutlak harus Anda lakukan di masa awal membangun bisnis.

3. Pembelajaran dari Kesalahan

Apakah Anda mengetahui satu tokoh sukses manapun di dunia ini yang tidak pernah melakukan kesalahan? Pastinya hampir semua orang pernah melakukan kesalahan, baik kecil maupun besar.

Baca Juga: Mau Membuat Feedback Negatif Menjadi Profit? Baca Tips Berikut!

Kesalahan akan membuat Anda belajar dan mengetahui sesuatu secara lebih mendalam. Contoh: Apabila Anda adalah seorang pebisnis di bidang gadget, kemudian ada orang yang ingin membeli barang dengan utang, walaupun baru kenal Anda tetap memberikan barang dengan metode hutang.

Kemudian, di saat pembeli tidak membayar hutang dan membuat Anda merugi maka pastilah Anda akan lebih berhati-hati dalam memberikan hutang kepada seseorang. Jika tidak hati-hati, hal ini dapat menyebabkan usaha Anda mengalami gulung tikar.

Nah, dari peristiwa ini kita ketahui bahwa pada akhirnya Anda akan belajar dari kesalahan yang ada. Jadi, jangan pernah takut di saat melakukan kesalahan.

Baca Juga: 7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar

Pembelajaran dari praktik dilapangan adalah sesuatu yang mahal harganya. Pastikan Anda belajar dari setiap kesalahan yang dibuat baik secara disengaja maupun tidak.

Nah, sekarang cobalah untuk merenungkan dan tanyakan pada diri Anda. Apakah selama ini Anda telah memenuhi ketiga syarat di atas sebagai seorang pebisnis?

Jika belum, maka mari kita kembangkan lebih lagi. Disaat Anda berhasil mempraktikan ketiga hal di atas, maka bisnis Anda akan bertumbuh dengan sangat cepat pastinya seiring dengan kerja keras yang terus menerus dilakukan dengan terencana. Pastikan Anda konsisten dalam mengambil langkah demi langkah di dalam bisnis.

Nah, itulah 3 kunci penting untuk jadi pebisnis yang sukses. Apabila kemudian di dalam perjalanan bisnis, Anda membutuhkan modal dalam proses pengembangan, atau hal-hal lain yang mendukung kemajuan dari bisnis Anda, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Saat ini, KoinWorks  hadir sebagai platform P2P Lending yang dapat memberikan Anda pinjaman modal usaha dengan mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Tentunya, sangat terjangkau-kan untuk bisa membuat bisnis Anda semakin bertumbuh?


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.



Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.