Masih Ragu Mendanai di Peer to Peer Lending? Baca Ini Dulu!

koinworks fintech lending fleksibel - investasi di peer to peer lending - investasi untuk freelancer

Masih Ragu Mendanai di Peer to Peer Lending? Baca Ini Dulu! – Perkembangan industri Financial Technology atau yang disingkat dengan FinTech berkembang semakin pesat di kalangan masyarakat.

Hal ini membuat pemenuhan kebutuhan finansial menjadi lebih mudah terpenuhi dibandingkan sebelumnya.

Salah satu industri terpanas di FinTech adalah adanya peer to peer lending (P2P Lending), dan setiap masyarakat kini bisa turut memanfaatkan pendanaan di peer to peer lending.

Model bisnis ini memungkinkan masyarakat luas untuk dapat membiayai individu atau bisnis melalui layanan keuangan berbasis online. Pendana dapat memilih bisnis atau individu mana yang ingin dibiayai. Pendana pun akan mendapatkan keuntungan darinya.

Konsep yang dimiliki sebenarnya sangat sederhana, namun seiring dengan berkembangnya popularitas Fintech P2P Lending selama beberapa tahun terakhir, turut juga menyebar beberapa mitos yang ada. Inilah beberapa mitos yang sering Anda dengar yang dilengkapi dengan fakta sebenarnya:


Mitos yang Salah Tentang Mendanai di Peer to Peer Lending

“Pendanaan P2P Lending Berisiko dan Tidak Terproteksi”

mewujudkan impian dengan berinvestasi - tips investasi untuk pemula - pendanaan online p2p lending

Setiap pembiayaan P2P Lending memiliki sistem keamanan dan proses penilaian yang berbeda, namun satu hal yang tetap sama; model bisnis ini menawarkan Anda sebuah layanan pendanaan beserta layanan pembiayaan.

Jika menyangkut pendanaan, tentunya risiko akan selalu ada. Bahkan pilihan yang lebih aman, seperti deposito berjangka juga turut memiliki risiko. Tapi melalui P2P Lending, risiko mendanai datang dengan tingkat pengembalian yang jauh lebih baik.

Baca Juga: Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Peer to Peer Lending (P2P Lending)

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat meminimalkan risiko pendanaan P2P Lending dengan melakukan diversifikasi portofolio Anda.

Pastikan Anda memilih platform yang andal dan terpercaya, dengan tata operasional yang tepat. Anda juga dapat memilih platform P2P Lending yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, salah satunya adalah KoinWorks.


“Butuh Banyak Uang untuk Mulai Mendanai P2P Lending”

mengelola arus kas bisnis keuangan - investasi

Semakin dalam Anda mengenal model peer to peer lending, maka Anda akan semakin mengerti bahwa pernyataan tersebut adalah suatu pernyataan yang salah.

Salah satu keuntungan mendanai di pembiayaan P2P Lending adalah hambatan masuk yang rendah, karena Anda dapat mulai mendanai dengan nominal yang kecil.

Baca Juga: Apa Itu Efek Compounding Dalam Investasi dan Seperti Apa Manfaatnya?

Sementara beberapa investasi membutuhkan banyak uang (seperti properti), pembiayaan P2P Lending merupakan alternatif pendanaan yang terjangkau.

Anda dapat memulai pendanaan Anda melalui platform P2P Fintech Lending KoinWorks dengan hanya Rp 100.000 dan kelipatannya. Melalui uang yang didanai tersebut, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dengan bunga efektif mulai dari 18% p.a.


“Pendanaan P2P Lending Tidak Berbeda dengan Crowdfunding”

komisi royalti investasi - investasi untuk bisnis - bisnis adalah - Tips Investasi Dengan Dana Terbatas - 5 Tips Dasar untuk Para Pemula yang Ingin Belajar Berinvestasi

Sebelum menilai lebih lanjut, maka sudah seharusnya Anda mengerti terlebih dahulu sesungguhnya apakah perbedaan diantara pembiayaan P2P Lending dengan Crowdfunding.

Crowdfunding adalah praktik mendanai sebuah proyek atau usaha dengan meningkatkan kontribusi uang dari sejumlah besar orang. Jika proyek berhasil, pencipta proyek akan memberi penghargaan kepada pendana dengan hadiah atau ucapan terima kasih.

Baca Juga: 5 Tips Agar Bisa Berinvestasi Setiap Bulan

Sementara pembiayaan P2P Lending juga meningkatkan pembiayaan bagi individu atau bisnis melalui banyak pendana, peminjam yang mengajukan pembiayaan P2P Lending akan membayar kembali pendana ditambah sejumlah bunga yang telah disepakati sebelumnya. Secara jelas tentunya kedua hal ini memiliki konsep yang berbeda yang perlu dipahami.


“Tidak Ada Peraturan Hukum untuk P2P Lending”

RoboLending - pendanaan online p2p lending

Pembiayaan P2P Lending mungkin masih terbilang baru di industri keuangan, tapi bukan berarti bahwa P2P Lending tidak memiliki dasar aturan hukum.

Secara internasional, platform P2P Lending telah mendirikan P2P Lending Finance Association yang mengatur praktik bisnis P2P Lending, dan sebagai wadah yang juga turut melindungi pendana.

Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah menerbitkan peraturan yang secara khusus meregulasi aktivitas pinjam meminjam uang berbasis teknologi (Fintech P2P Lending) lewat Peraturan OJK POJK Nomor 77/POJK.01/2016 yang diterbitkan pada 29 Desember 2016 silam.

Baca Juga: Peraturan Peer to Peer Lending Resmi Dirilis Oleh OJK

Saat ini, KoinWorks sebagai salah satu penyedia platform P2P Lending pun telah berhasil menjadi salah satu perusahaan yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi anggapan bahwa pembiayaan P2P Lending tidak memiliki dasar hukum yang jelas tentunya hanyalah pernyataan yang salah.

Baca Juga: KoinWorks Resmi Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Nah, itulah mitos dan fakta yang beredar terkait pembiayaan P2P Lending. Jadi jangan ragu lagi untuk mulai melakukan pendanaan Anda melalui pembiayaan P2P Lending!


Kesimpulan

Selain memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pinjaman yang lebih terjangkau dan mudah, masyarakat pun berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan ikut terlibat sebagai pendana.

Dari sekian banyak platform P2P Lending yang kini eksis, KoinWorks hadir dengan menyediakan potensi keuntungan bunga efektif sebesar 18% p.a. yang dapat dimulai dari Rp100.000.

Di KoinWorks pun berlaku efek compounding, di mana setiap bunga yang didapatkan bila didanai ulang akan kembali menghasilkan bunga. Konsep ‘bunga berbunga’ tersebut dapat dimaksimalkan apabila Anda rajin mendanai, paling tidak aktif sebulan sekali.

Coba hitung potensi keuntungan pendanaan di peer to peer lending dengan efek compounding yang bisa Anda dapatkan dengan kalkulator berikut ini:


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Bila Anda rajin mendanai setiap bulan, dalam jangka panjang Anda bisa mendapatkan keuntungan yang memuaskan.

Karena P2P Lending pada dasarnya hadir sebagai alternatif pendanaan untuk jangka pendek, Anda bisa mendanai kembali bunga yang Anda dapatkan terus-menerus hingga bunga yang Anda dapatkan terus menghasilkan bunga keuntungan.

Bagaimana menurut Anda?


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih