Home Bisnis 30 Pelajaran Bisnis ala Milyarder Jack Ma yang Bisa...

30 Pelajaran Bisnis ala Milyarder Jack Ma yang Bisa Jadi Panduan Kamu!

30 Pelajaran Bisnis ala Milyarder Jack Ma yang Bisa Jadi Panduan Kamu! – Saat ini mungkin kamu tengah kebingungan menghadapi permasalahan bisnis yang tak kunjung mendapat jalan keluar.

Kamu tahu Jack Ma? Seorang pria asal Cina yang lahir tanggal 10 September 1964 ini mengalami banyak kesulitan saat memulai bisnis besarnya yaitu Alibaba Group. Jack Ma dijadikan simbol semangat dan motivasi bagi warga Tiongkok, bahkan masyarakat di seluruh dunia.

Kesuksesan pada diri Jack Ma membawa segudang pelajaran bisnis yang sering kali dijadikan panutan bagi seluruh umat manusia di dunia ini.

Mau sukses? Coba ikuti pelajaran bisnis ala milyarder Jack Ma berikut ini!


30 Pelajaran Bisnis ala Milyarder Jack Ma yang Bisa Jadi Panduan Kamu!

30 Pelajaran Bisnis ala Milyarder Jack Ma yang Bisa Jadi Panduan Kamu!
img source: itl.cat

1
Mencari Peluang Seluas-luasnya

Gagal adalah mereka yang malas mencari peluang, padahal peluang itu ada di dekatnya bahkan sedekat urat nadi.

Lihat ke segala penjuru, kumpulkan peluang tersebut menjadi satu, lalu pertimbangkan semua kemungkinannya. Cari di setiap sudut, setiap celah, untuk sebuah peluang potensial yang bisa kamu ambil.


2
Manfaatkan Setiap Peluang yang Ada

Sebesar apa pun peluang yang muncul di hadapan kamu, peganglah erat-erat dan manfaatkan sepenuh hati. Jangan mendiskriminasi, jangan pula meremehkan peluang yang kecil jika kamu menginginkan hasil yang besar.


3
Mencari Pemahaman

Berusahalah untuk memahami posisi Anda saat ini dan posisi yang Anda cita-citakan. Apa tepatnya yang Anda kerjakan? Mengapa? Apa yang diperlukan untuk membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan?


4
Bertindak Cepat

Bukan, cepat di sini tidak harus seperti balapan motor liar di sirkuit. Melainkan, cepat untuk bangkit kembali dari kegagalan dan cepat menangkap peluang yang muncul secara tiba-tiba.


5
Lihat Kemampuan Kamu

Tidak peduli kondisi, situasi, di mana kamu dilahirkan, atau seberapa tinggi pendidikan yang kamu tempuh, kamu memiliki peluang untuk berhasil dalam bisnis yang kamu pilih. Sebab, semangat, kesabaran, dan kerja keraslah yang berperan penting bagi kesuksesan bisnis kamu.


6
Salurkan Ambisi Kamu

Bertindaklah visoner. Fokus pada tujuan kamu, bergeraklah ke satu arah dan jangan pernah melepaskan ambisi kamu. Namun, jangan sampai mengabaikan saran yang diberikan orang lain. Pada intinya, tetaplah berpikir cerdas.


7
Beranilah!

Ketika Jack Ma mendirikan perusahaannya, Alibaba Group. Ia mengawalinya dengan keberanian dalam mengejar ambisinya menjadi seorang pengusaha sukses. Hadapi segala hal yang menyerang kamu, jangan takut ya!


8
Ambil Kesempatan di Masa Muda

Kata Jack Ma, “jika kamu tidak kaya pada usia 35 tahun, maka kamu telah menyia-nyiakan kesempatan di masa muda kamu“.

Nah, mulai sekarang, manfaatkan masa muda kamu sebaik mungkin dan jangan menyerah pada ambisi kamu.


9
Satukan Tujuan Bersama Tim Kamu

Tidak dapat dipungkiri, menyatukan anggota tim memang sulit dan jarang ada yang berhasil. Jack Ma memperkirakan, akan ada 30% orang yang tidak setuju dengan pendapat kamu.

Oleh karena itu, satukan anggota tim kamu atas dasar ide, tujuan, dan misi yang mereka miliki. Manfaatkan kekuatan tim untuk membangun kesuksesan bisnis kamu.


10
Jangan Menggantungkan Diri Kamu

Cara menyatukan anggota tim, salah satunya yaitu dengan mengurangi adanya ketergantungan pada individu tertentu, termasuk pimpinan/bos. Sebab, siapa pun berhak menyalurkan ide dan berhak pula menjadi yang terbaik di antara yang lainnya.


11
Rekrut Pegawai yang Lebih Ahli dari Kamu

Jika ada seorang pimpinan/bos yang memiliki keahlian teknis lebih baik daripada pegawainya, maka mereka telah merekrut orang yang salah.

Seorang pegawai harus menjadi ahli teknis. Kamu bisa berdayakan seluruh pegawai kamu untuk melakukan hal-hal teknis sesuai dengan kemampuan terbaik mereka.


12
Pimpin dengan Visi, Keuletan dan Keberanian

Seorang pemimpin harus visioner, mampu melihat peluang di saat yang lain tidak melihatnya.

Seorang pemimpin juga harus ulet, mampu bertahan di saat yang lain tumbang. Lalu harus berani dan selalu bekerja keras melakukan sesuatu di saat yang lain tidak bisa melakukannya.


13
Tekun dan Giat

Tantangan akan terus ada, dari kamu mulai mendirikan sebuah bisnis sampai kamu sukses memiliki banyak karyawan.

Untuk melewatinya, ingatlah visi dan tujuan yang telah kamu buat. Pertahankan di tempat yang semestinya. Tindakan kamu itu akan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama, seperti Jack Ma yang telah menginspirasi banyak orang.


14
Menjunjung Tinggi Sikap

Sikap kamu menentukan personality kamu. Saat di masa-masa sulit, para pemimpin yang sukses akan tetap tenang dan percaya diri menjalankan visi misi mereka, serta fokus pada tujuan yang diinginkan.


15
Mengambil Keputusan dengan Cerdas

Pintar belum tentu cerdas.

Pemimpin yang sukses harus cerdas dalam mengatasi segala hal, termasuk dalam membuat keputusan. Tidak asal menentukan, melainkan dengan cara mempertimbangkan segala sesuatunya dengan bijak sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.


16
Uang dan Kekuatan Politik Tidak Bisa Disejajarkan

Antara uang dan kekuatan politik, keduanya saling mempengaruhi. Anggaplah salah satunya itu korek api, dan yang lainnya sumbu kompor. Jika disatukan, maka akan terjadi ledakan.

Oleh karena itu, kalau kamu tertarik pada keduanya, kejarlah keduanya secara berurutan, bukan bersamaan.


17
Ketangguhan Kamu Dapat Terlihat Setelah Kamu Alami Kesulitan

Ketahanan atau ketangguhan seseorang hanya dapat dilihat setelah orang tersebut mengalami kesulitan. Di sana akan nampak, bagaimana kamu mengatasi masalah hingga akhirnya mampu bertahan di tengah kesulitan dan tantangan yang muncul tanpa prediksi.


18
Jadilah Pekerja yang Rajin dan Ambisius

Jack Ma memiliki formula sederhana untuk sukses, yang mungkin bisa menjadi acuan kamu berbisnis. Rajin, bekerja keras, dan jangan pernah melupakan ambisi kamu. Apa pun bentuk usaha kamu untuk sukses, prinsip tersebut berlaku.


19
Bersaing dengan Sehat

Jangan menganggap pesaing kamu sebagai musuh. Selalu hormati pesaing kamu dan lakukan penyerangan secara sehat, jangan lewat jalan brutal apalagi sampai masuk kategori kriminal.

Lagipula, bersaing secara sehat dapat mengurangi tingkat depresi yang timbul dalam diri kamu saat tengah merencanakan ekspansi bisnis kamu sendiri.


20
Tanggapi Seluruh Pesaing dengan Serius

Pesaing bukan musuh, mereka hanya tantangan yang harus kamu lewati. Semua orang memiliki peluang untuk sukses ketika berada di dalam sebuah kompetisi.

Kamu maupun pesaing-pesaing kamu berhak untuk sukses dengan cara masing-masing. Maka, jangan anggap remeh dan fokus saja pada rencana bisnis kamu ke depannya.


21
Lihatlah Dirimu Sebagai Orang yang ‘Besar’

Jika digambarkan dalam konferensi meja bundar, kamu dan pesaing-pesaing bisnis kamu akan berada di dalam satu meja bundar dan berlomba-lomba untuk meraih predikat terbaik.

Jangan ciut! Lakukan apa yang ingin kamu lakukan tanpa termakan pengaruh dari pesaing-pesaing lain yang tengah memperhatikan kamu.


22
Pemenang Tidak Akan Mengeluh

Jangan banyak mengeluh apalagi merengek seperti anak bayi yang belum bisa apa-apa. Kebanyakan mengeluh merupakan pertanda kegagalan.

Seorang pemenang tidak akan pernah mengeluh tentang hal-hal yang dialami. Proses naik dan turun itu ibarat roda yang terus berputar. Tergantung kamu, mau lama berada di atas atau lama berada di bawah?


23
Pelanggan Adalah yang Pertama

Sebagai pemimpin, kamu hanya mempunyai waktu dan energi. Pasrahkan kegiatan bisnis kamu pada mereka yang berpengaruh, seperti customer, pegawai, lalu pemegang saham.

Posisikan pelanggan di urutan pertama. Selanjutnya ada pegawai, mereka yang membuat bisnis kamu berjalan dengan keahlian yang mereka miliki. Urutan ketiga adalah para pemegang saham (investor).


24
Lupakan Tentang Uang

Segalanya butuh uang, tapi uang bukan segalanya. Kamu tidak memulai bisnis kamu semata-mata karena uang, tapi karena keinginan untuk mengisi waktu luang atau memperbaiki gaya hidup. Bukan begitu?

Kamu boleh menginginkannya, tapi kamu tidak boleh diperbudak olehnya. Fokus pada tujuan awal kamu, maka uang akan datang dengan sendirinya.


25
Temukan Orang yang Tepat

Ubah cara pandang kamu sekarang. Orang yang tepat belum tentu orang yang memiliki banyak keahlian super. Resume yang kamu lihat bagus itu, tidak bisa dijadikan patokan bahwa ia adalah ‘orang yang tepat’.

Berhati-hatilah, di luar sana banyak sekali musang berbulu domba. Yuk, lebih selektif dalam memilih!


26
‘Gratis’ Adalah Kata yang Sangat Mahal

Ketika kamu meluncurkan produk dengan embel-embel kata ‘gratis’, ingatlah bahwa itu tidak benar-benar gratis.

Keuntungan yang kamu berikan kepada orang banyak itu berasal dari pengorbanan dan usaha, implementasi, serta ide-ide yang dibentuk dari sumber daya manusia yang kamu miliki. Oleh karena itu, pikirkan baik-baik sebelum kamu menjalankan promosi.


27
Orang Pintar Menggunakan Otak untuk ‘Berbicara’

Libatkan pikiran kamu ketika berbicara. Jangan asal terlontar, namun tidak ada isinya alias ‘tong kosong nyaring bunyinya’. Pada intinya, manfaatkan kecerdasan otak kamu sebelum mengeluarkan pendapat yang didengar semua orang.


28
Orang Bijak Menggunakan Hati untuk ‘Berbicara’

Tidak hanya pikiran, kamu juga harus menggunakan hati saat berbicara dengan orang lain. Sebelum memutuskan untuk berbicara, cobalah untuk memilah kata-kata yang tidak menyakiti lawan bicara kamu.


29
Kita Dilahirkan Untuk Menikmati Hidup, Bukan Untuk Bekerja

Kamu dilahirkan tidak hanya untuk bekerja, melainkan untuk bahagia. Biarkan tubuh jasmani dan rohani kamu menikmati indahnya hidup, bersantai, bermain, dan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar kamu.

Perbaiki gaya hidup kamu sekarang, atau kamu akan menyesalinya di kemudian hari. Ingat, kamu tidak bisa kembali ke masa lalu, kecuali ada pintu kemana saja milik Doraemon.


30
Menyerah Adalah Kegagalan Terbesar

Kamu tidak akan pernah tahu apa yang selanjutnya terjadi sebelum kamu mencobanya. Kamu tidak akan tahu bisnis kamu akan sukses atau tidak, apabila kamu menyerah untuk melewatinya. Jangan pernah berpikir untuk menyerah. Sebab, menyerah adalah kegagalan terbesar yang pernah ada.

Nah, bagaimana? Sudah terbuka kah pikiran kamu sekarang?

Beberapa pelajaran bisnis dari Jack Ma di atas bisa kamu jadikan pertimbangan di saat kamu kebingungan mengatasi permasalahan bisnis kamu di dunia nyata.

Tidak terkecuali permasalahan tentang modal. Kamu tetap bisa mengembangkan bisnis kamu dengan satu cara langkah mudah!

Cukup ajukan pinjaman di KoinBisnis persembahan KoinWorks dan tunggu pencairannya 1 sampai 3 hari kerja. Di KoinWorks, kamu bisa meminjam dana usaha mulai dari Rp10 juta – Rp 2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau sebesar 0,75% – 1,67% per bulan.

Selain itu, kamu tidak perlu lagi khawatir terjebak pinjaman abal-abal, KoinWorks sudah berizin secara resmi dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aman kok!

Yuk, ubah kebiasaan buruk kamu dalam berbisnis dan kembangkan bisnis kamu bersama KoinWorks!



Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X