Home Daily Catat! 3 Pelajaran Finansial Penting dari Film Knives Out!

Catat! 3 Pelajaran Finansial Penting dari Film Knives Out!

Catat! 3 Pelajaran Finansial Penting dari Film Knives Out! – Di akhir tahun 2019 ini, banyak film seru yang tayang di Indonesia. Salah satunya, Knives Out yang sampai dengan kamu baca artikel ini, masih bisa ditonton di bioskop.

Film yang disutradarai oleh Rian Johnson memang menarik karena berkisah tentang seorang penulis novel misteri kaya raya, Harlan Thrombey, yang tewas dengan misterius sehari setelah ulang tahun ke-85.

Kamu yang menyukai film dengan genre misteri pasti akan sangat menikmati jalan ceritanya. Pasalnya, banyak adegan-adegan yang akan membuatmu berdecak kagum dan memancing adrenalin saat menontonnya.

Nah bagi pecinta film, seusai menonton biasanya banyak hal-hal yang bisa diambil dan dijadikan pelajaran untuk menjalani kehidupan, tak terkecuali di film Knives Out ini.

Setelah ditelaah, film yang dimainkan oleh banyak pemain terkenal seperti Daniel Craig, Chris Evans dan Toni Collette, ternyata memiliki pelajaran finansial yang bisa kamu ambil untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, lho.

Lalu, kira-kira apa saja pelajaran finansial yang bisa kamu ambil dari film Knives Out? Berikut ulasannya!

[SPOILER ALERT!!]


Catat! 3 Pelajaran Finansial Penting dari Film Knives Out!

1
Warisan Bukan Segalanya

pelajaran finansial film knives out - 1
img source: austin.culturemap.com

Harlan Thrombey yang diperankan oleh Christopher Plummer merupakan seorang penulis novel terkenal yang sangat kaya raya. Maka dari itu, ia mampu membiayai seluruh keluarganya, mulai dari anak, cucu hingga menantu.

Di lain sisi, hal ini ternyata menyebabkan mereka yang dibiayai menjadi tidak mandiri, hingga sampailah kepada kematian Harlan. Warisan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota keluarga, ternyata tidak diwariskan kepada seluruh anggota.

Mereka yang sudah biasa dibiayai tentu saja kalang kabut, bertengkar dengan sesama anggota keluarga bahkan sampai melakukan hal yang membahayakan orang lain.

Dari kisah ini, kita mampu mengambil pelajaran finansial penting bahwa warisan bukanlah segalanya.

Mungkin kamu memang berasal dari keluarga kaya yang memiliki banyak warisan menunggu di masa depan. Tapi, alangkah baiknya untuk tidak terlalu bergantung dengan warisan tersebut.

Baiknya jadikan warisan sebagai privileges tambahan, yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan aset lebih besar lagi.

Nah, untuk bisa melakukannya kamu harus menerapkan pelajaran finansial yang ada di poin selanjutnya.


2
Harus Mandiri Secara Finansial

pelajaran finansial film knives out - 2
img source: bostonherald.com

Menyambung dengan poin sebelumnya, bahwa seluruh anggota keluarga Harlan berseteru karena perebutan warisan.

Tentu saja hal ini tidak akan terjadi kalau setiap anggota keluarga mampu mandiri secara finansial dan tidak bergantung dengan Harlan saat ia masih hidup.

Maka dari itu, bagi kamu yang masih muda mulailah untuk melakukan hal-hal yang bisa membuatmu mandiri secara finansial.

Setidaknya, ada 2 hal penting yang harus kamu lakukan yaitu, menabung dan investasi. Walaupun terlihat seperti hal yang sama tetapi kedua hal ini merupakan hal sangat berbeda.

Menabung adalah kegiatan kamu menyimpan uang yang nantinya bisa kamu pakai untuk memenuhi suatu kebutuhan atau membiayai keadaan darurat.

Investasi artinya kamu menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu, di mana nilai uang tersebut akan bertambah karena adanya bunga yang didapatkan.

Kamu baru bisa dibilang mandiri secara finansial ketika sudah memenuhi kedua hal tersebut.

Lalu bagaimana caranya? Untuk cara menabung kamu bisa lihat artikel ini, sedangkan untuk berinvestasi kamu bisa memilih KoinWorks sebagai alternatif.

KoinWorks merupakan Super Financial App yang memudahkan kamu untuk bisa menjadi Pendana ataupun Peminjam dalam satu Aplikasi.

Ketika menjadi Pendana, kamu akan mampu mendanai suatu individu atau pebisnis yang membutuhkan modal untuk mencapai tujuannya melalui KoinP2P atau KoinRobo hanya dengan dana awal sebesar Rp100.000 saja.

Sebagai gantinya, kamu akan mendapatkan imbal hasil setiap bulannya sesuai mulai dari 18% per tahun.

Yuk mulai mendanai sebagai langkah supaya kamu mulai mandiri secara finansial karena #SiapapunBisa!

Download langsung aplikasinya di Google Play atau Apple App Store.


3
Cek Kesehatan Finansial Secara Berkala

pelajaran finansial film knives out - 3
img source: ew.com

Sebagai orang yang sudah kaya raya, Harlan mempekerjakan seseorang untuk mengecek finansialnya. Dari situlah, Harlan tahu bahwa selama ini menantunya, Joni, melakukan kebohongan perihal biaya pendidikan kuliah Meg, anak Joni.

Sejak itulah, Harlan memutuskan untuk tidak lagi membiayai kuliah Meg dan merasa membuat suatu kesalahan karena sudah terlalu banyak membiayai anggota keluarganya, sehingga mereka tidak bisa mandiri.

Walaupun bukan seorang yang kaya raya seperti Harlan, cara ia yang melakukan pengecekan finansial secara berlaka bisa kamu jadikan pelajaran finansial.

Baca Juga: Tips Memutus Rantai “Generasi Sandwich” Dengan Mudah

Lewat pengecekan finansial ini, kamu memang tidak akan mengalami kasus finansial seperti Harlan, tetapi bisa jadi kamu menemukan pengeluaran pada pos-pos keuangan tertentu yang bisa kamu kurangi. Sehingga, kehidupan finansial kamu akan lebih efektif dan terkontrol dengan baik.

Tidak ada lagi momen di mana kamu harus kehabisan uang, padahal baru saja di pertengahan bulan.

Itulah pelajaran finansial penting yang bisa kamu terapkan dari film Knives Out. Semoga artikel ini bermanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.