4 Pelajaran Tentang Produktivitas dari Mark Zuckerberg, Bill Gates, dan Warren Buffet – Menjadi produktif bukan hanya sekedar duduk dan mulai bekerja.

Lebih dari itu, banyak orang yang mudah kehilangan fokus dan berkonsentrasi pada hal yang salah dan pada waktu yang juga salah.

Di sisi yang lain, banyak orang yang berpengaruh di dunia mampu mengembangkan, memelihara, dan meningkatkan produktivitas mereka.

Beberapa tokoh yang kami maksudkan disini adalah Mark Zuckerberg, Bill Gates, dan Warren Buffet yang menguasai keterampilan ini untuk selalu produktif dan mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Apa saja yang bisa dipelajari dari orang-orang hebat tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

4 Pelajaran Tentang Produktivitas dari Mark Zuckerberg, Bill Gates, dan Warren Buffet

1Lakukan Komunikasi Secara Efektif

10 Tips dari Pengusaha Sukses Ini Dapat Meningkatkan Kemampuan Negosiasi Kamu

Terlalu sering berkomunikasi merupakan salah satu penghambat produktivitas, dimana Anda mencurahkan energi di tempat yang salah dan membuat banyak waktu terbuang.

Bill Gates lebih suka berkomunikasi melalui email, begitu juga dengan Elon Musk yang menjelaskan bahwa ini merupakan salah satu cara bisnis agar tetap produktif.

Anda bisa meminimalisir komunikasi melalui telepon dan pertemuan yang bisa membebaskan waktu untuk berkonsentrasi pada hal-hal yang jauh lebih penting.


2Mengoptimalkan Setiap Waktu yang Anda Miliki

perempuan-investasi-berhati-hati-risiko

Elon Musk menyarankan untuk selalu mempertanyakan produktivitas Anda. Mulai dengan bertanya pada diri sendiri tentang bagaimana Anda bisa melakukan sesuatu dengan lebih efisien dan lebih baik dari sebelumnya.

Mengoptimalkan waktu juga dilakukan oleh Mark Zuckerberg yang lebih suka berbagai hal yang sederhana. Sikap ini ditunjukkannya dengan memilih baju yang sederhana dengan warna yang sama dalam setiap kesempatan.

Cara seperti ini akan mengurangi waktu yang diperlukan hanya untuk memilih busana dan pakaian saat akan pergi ke tempat kerja atau menemui rekan. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus pada hal-hal yang jauh lebih produktif dan berkonsentrasi pada hal tersebut.


3Waspada Terhadap Multitasking

multitasking - 4 Alasan Utama yang Membuat Banyak Orang Mengubur Impian Mereka -7 Tanda Anda Bekerja Berlebihan, Yuk Utamakan Kesehatan Anda!

Penelitian telah menunjukkan bahwa otak manusia tidak bisa melakukan banyak hal secara bersamaan dengan beralih dari satu tugas ke tugas yang lainnya.

Fokus Anda akan terpecah saat melakukan banyak hal sekaligus dan menghabiskan banyak energi saat beralih dari satu tugas ke tugas yang lainnya.

Biasakan diri Anda untuk menghilangkan multitasking agar bisa meningkatkan produktivitas. Berkonsentrasilah pada satu tugas tertentu akan jauh lebih baik daripada Anda melakukan banyak hal sekaligus.

Agar Anda tidak terbebani dengan banyak tugas dan pekerjaan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendelegasikan pekerjaan dan berkolaborasi dengan orang lain.


4Menguasai Satu Keterampilan yang Membuat Anda Luar Biasa

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya! (1) - 3 Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum - Mengapa Belajar Bersama Mentor akan Memberikan Manfaat Lebih Banyak? - 5 Skill Komunikasi yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin di Bidang Apapun

Coba Anda perhatikan orang-orang yang sukses dalam bidang olahraga, bisnis, dan pekerjaan. Semua orang tersebut pasti berfokus untuk melakukan suatu hal dan terus mengasah hal tersebut sampai mereka bisa menjadi yang terbaik di bidang yang ditekuni.

Salah satu contohnya adalah Bill Gates yang mampu menjadi salah satu orang terkaya di dunia karena fokus bisnis yang ia lakukan di bidang software atau perangkat lunak.

Berfokus pada tujuan memungkinkan Anda untuk lebih mudah mencapai tujuan yang diinginkan di masa depan. Hal ini juga bisa diterapkan pada keterampilan yang akan Anda kuasai dan akan diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Anda bisa menemukan jenis keterampilan atau keahlian yang disukai dan mulailah tekun untuk belajar dan mengasah keterampilan tersebut sampai menjadi orang yang terbaik dan ahli. Belajar dengan mengikuti sebuah pelatihan atau pendidikan non-formal untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang harus dikeluarkan untuk mengikuti pendidikan tersebut.

Saat ini telah tersedia pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar dengan bunga yang sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lainnya.

Hal yang tidak kalah menarik adalah pinjaman tersebut bisa Anda cicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini jauh lebih ringan daripada harus membayarkan biaya pendidikan secara langsung di muka.

Tidak hanya itu saja, setiap beban dan bunga akan diinformasikan secara transparan kepada Anda dan tidak ada yang disembunyikan. Dengan begitu, tidak akan ada bunga yang tiba-tiba bertambah atau cicilan yang tiba-tiba berubah.

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena KoinPintar memiliki tujuan untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan.

Kami berharap pembahasan di atas bisa membuat Anda menjadi orang yang jauh lebih produktif dari sebelumnya.

Semoga bermanfaat dan memberikan banyak inspirasi!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.