Kenali Peluang dan Tantangan Bisnis di Era Digital, Yuk!

bisnis di era digital

Apa saja peluang dan tantangan bisnis di era digital? Cari tahu, yuk!

Munculnya internet, ponsel, laptop, dan sejenisnya membuat kita masuk dalam era digital. Perubahan ini turut mengubah sistem yang sudah ada menjadi sebuah sistem digital. 

Hal tersebut bisa menjadi peluang apabila kamu pandai mencari celah. Akan tetapi, hal tersebut juga bisa menjadi tantangan, termasuk bagi kamu seorang pebisnis

Untuk itu, sebagai pebisnis kamu harus adaptif terhadap perubahan maupun keinginan masyarakat akan produk dan layanan yang serba cepat dan praktis. Jika pebisnis tidak mampu beradaptasi dengan kondisi ini, maka konsekuensinya bisnis akan ditinggalkan oleh konsumen secara perlahan. 

Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? 

Oleh karena itu, yuk, simak ulasan lengkap mengenai peluang dan tangan bisnis di era digital!


Peluang Bisnis di Era Digital

1. Munculnya Peluang Bisnis Baru

Saat ini, internet sudah seperti kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat. 

Misalnya dalam hal berbelanja. Sejak pandemi Covid-19, terjadi perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung memilih berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Mulai dari kebutuhan sandang hingga pangan.

Cara ini dianggap lebih mudah, praktis, dan efisien dilakukan sebab kita tak perlu berinteraksi dan berhadapan dengan orang banyak. Cukup dengan sentuhan layar ponsel, berbagai kebutuhan dapat dikirim ke rumahmu.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa era digital bisa memunculkan beragam usaha baru

20 tahun lalu, siapa coba yang kepikiran kalau belanja sayuran bisa dilakukan secara online?


2. Memperluas Target Pasar

Masih memasarkan produk bisnis secara offline

Sebenarnya, sah-sah saja sih apabila kamu lebih memilih pemasaran produk secara offline. Namun, tahukah kamu?

Berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan, akibat pandemi Covid-19 terjadi perubahan pola belanja masyarakat yang dibuktikan dengan kenaikan penggunaan platform e-commerce dari 11% menjadi 25.5% pada 2021 lalu, lho. 

Sangat disayangkan banget apabila kamu tidak memanfaatkan peluang ini. Cobalah untuk memasarkan produk secara online juga. Harapannya, kamu bisa mendapatkan konsumen baru yang tidak terbatas pada lokasi geografis tempatmu berjualan saja. Bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan konsumen dari luar kota, pulau, bahkan luar negeri. 


Tantangan Bisnis di Era Digital

1. Transformasi Digital

Dunia digital terus mengalami perubahan ke arah yang lebih maju setiap harinya. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan manfaat, termasuk dalam perkembangan dunia bisnis

Dengan teknologi, pebisnis bisa menghemat waktu, tenaga, serta biaya dengan hasil yang cukup maksimal. 

Akan tetapi, transformasi digital juga bisa menjadi sebuah tantangan apabila bisnis tidak dapat mengikutinya, lho. Misalnya, ketakutan pebisnis untuk mengubah cara-cara lama yang bisa menimbulkan kegagalan. 

Lalu, gimana cara menyikapi hal tersebut? 

Hal tersebut dapat disikapi dengan rasa optimis yang tinggi dan pantang menyerah. Selain itu, bisnis juga harus mampu menyesuaikan diri dengan teknologi yang terus berkembang. Tak semudah kedengarannya, untuk mewujudkan hal tersebut pemilik bisnis harus memiliki keinginan untuk terus meningkatkan skill bisnis.


2. Perubahan yang Cepat

Selain teknologi, perubahan selera, keinginan, dan kebutuhan dari konsumen pun menjadi tantangan bisnis di era digital. Sebab, saat ini konsumen mudah sekali bosan dengan satu hal dan mempunyai keinginan yang cukup kompleks. 

Apabila pemilik bisnis tidak mampu memenuhi keinginan tersebut, konsekuensinya bisnis akan ditinggalkan oleh konsumen secara perlahan. 

Untuk itu, pemilik bisnis bisa mencoba untuk berkolaborasi dengan teknologi. Sebab, bisnis yang dipadukan dengan teknologi dapat melaju lebih pesat karena mengikuti perkembangan pasar. Misalnya, mencoba untuk berpikir out of the box dalam membuat inovasi.


3. Sumber Daya Manusia

Sudah ada biaya untuk pembaharuan teknologi, tapi sumber daya manusia bisnis kamu masih belum mampu menggunakannya?

Sebelum hal tersebut terjadi pada bisnis kamu, ada baiknya kamu merekrut sumber daya yang benar-benar memiliki kemampuan yang dibutuhkan bisnis. 

Sebab, sayang juga apabila kamu telah mengadopsi teknologi dalam bisnis namun hal tersebut tidak berjalan optimal akibat sumber daya manusia yang belum mampu mengoperasikannya. 

Selain merekrut sumber daya manusia yang kompeten, sebagai pemilik bisnis kamu juga perlu memberikan pelatihan tambahan serta melakukan upgrade skill secara berkala pada karyawan kamu supaya lebih update dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. 


4. Persaingan Semakin Tinggi

Tantangan bisnis di era digital yang selanjutnya adalah persaingan yang semakin tinggi. 

Teknologi yang canggih, akan mampu mengintegrasi saluran bisnis sehingga dapat dilakukan tanpa batasan ruang dan waktu. Dengan begitu, sebuah bisnis bisa menjalin kerjasama dengan bisnis lainnya dari berbagai belahan dunia. 

Sebaliknya, sebuah bisnis juga bisa mendapatkan kompetitor dari berbagai bisnis lain di beragam belahan dunia. Untuk itu, sebuah bisnis harus terus berinovasi untuk bersaing secara sehat dengan kompetitor. Dengan persaingan sehat, maka akan terbentuk iklim bisnis yang baik pula.


5. Zero-Surveillance

Tantangan bisnis di era digital yang terakhir adalah Zero-surveillance. Apa itu?

Zero-surveillance adalah kondisi di mana hilangnya sosok pemimpin. Artinya, pemilik bisnis hanya berkomunikasi dengan karyawannya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Terlebih saat ini bisnis bisa dilakukan dan dikontrol dari jarak jauh menggunakan website, email, hingga fitur chatting. 

Padahal, terkadang terdapat tipe karyawan membutuhkan keakraban dengan pemimpinnya untuk menambah semangat kerja, lho. 


Selain tantangan bisnis di era digital, tantangan lain bagi seorang pebisnis adalah kurangnya modal usaha. 

Namun, kamu tak perlu khawatir! Sekarang kamu bisa mengatasinya dengan mengajukan pinjaman modal usaha di KoinBisnis dari KoinWorks, lho. 

Dengan bunga cicilan rendah, yaitu 0,75% – 1,67% per tahun, kamu sudah bisa mengajukan pinjaman hingga Rp2 miliar!

Pastinya, enggak ada biaya tersembunyi lainnya!

Yuk, cari tahu info selengkapnya mengenai KoinBisnis!

Kunjungi KoinBisnis!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.