Perkembangan dari negara Indonesia terlihat dari pertumbuhan ekonominya yang dijadikan sebagai target di masa depan dan harus tercapai. Adanya pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi akan membuka peluang usaha sekaligus kesempatan kerja yang lebar bagi banyak orang yang membutuhkan pekerjaan. Otomatis, pendapatan masyarakat pun akan semakin meningkat karena pendapatan per kapitanya pun akan terus bertambah. Namun untuk meningkatkan sektor ekonomi tersebut khususnya UKM, diperlukan sebuah cara sekaligus solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan yang sering muncul seperti platform P2P, solusi ekonomi sektor riil atau yang lebih dikenal sebagai peer to peer. Perlu diketahui pendapatan per kapita itu diperoleh dari Produk Domestik Bruto atau PDB yang juga disebut sebagai Gross Domestic Product.

PDB merupakan nilai dari barang dan jasa yang telah dilakukan oleh seluruh sektor produksi yang ada di Indonsia baik dimiliki oleh pengusaha Indonesia maupun dimiliki oleh sektor asing. Sementara itu, perkembangan dari angka pendapatan per kapita diperoleh dari pembagian PDB pada suatu periode tertentu dengan jumlah dari populasi penduduk di Indonesia. Sebenarnya sangat meragukan jika pendapatan per kapita itu dianggap sebagai cermin dari meningkatnya kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Harus diingat jika sektor dari PDB masih ada orang asing yang memiliki kontribusi lebih baik sekaligus besar dalam memajukan sektor ekonomi sehingga banyak tenaga Indonesia yang tak memiliki kesempatan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan karena kalah bersaing dengan para tenaga kerja luar negeri yang lebih unggul dalam segi kemampuannya.

Namun kini semakin berkembangnya perekonomian Indonesia ditandai dengan adanya perkembangan UKM atau Usaha Kecil Menengah yang mampu membantu serta mendorong perekonomian Indonesia menjadi lebih baik sekaligus membuka peluang kerja bagi berbagai kalangan masyarakat yang masih belum memiliki pendapatan sendiri. Namun membangun bisnis UKM tak semudah membalikkan telapak tangan karena diperlukan berbagai macam konsep termasuk juga dengan biaya atau modal awal untuk membangunnya. Di tengah-tengah usaha dari pemerintah untuk mendorong usaha di tanah air, maka banyak pelaku usaha UKM yang diberikan kemudahan untuk memperoleh akses modal sebagai bentuk dari usahanya yaitu sistem platform Crowdo. Maksud dari sistem platform crowdo ini adalah sebuah platform crowdfunding yang tengah berkembang di kawasan Asia Tenggara dengan memberikan layanana pinjaman peer to peer atau P2P.

Maksudnya, pemilik UKM dapat mengajukan pinjaman melalui situs atau website tanpa perlu adanya persyaratan yang susah maupun ribet. Perlu diketahui jika usaha kecil menengah tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk mengembangkan perekonomian di Indonesia. Faktanya, UKM sendiri berkontribusi sebanyak 60 persen terhadap PDB dan telah mempekerjakan banyak tenaga kerja di Indonesia sekitar 97%. Tentu saja pinjaman berbentuk P2P ini akan membantu para pebisnis pemula yang membangun start up demi mengembangkan usaha mereka lebih baik lagi. Banyak sekali negara-negara yang berada di asia tenggara dan telah menggunakan cara ini agar pengusaha UKM bisa sejahtera dan perekonomian pun menjadi lebih baik sekaligus berkembang dengan cepat. Cara ini dianggap sangat revolusioner demi membantu usaha-usaha pada tahap awal dengan cara mengikutsertakan komunitas di dalam platform online yang bertujuan demi memperoleh dana secara efisien.

Pemilik usaha akan diber bantuan untuk memperoleh dana dari investor dengan mengakses secara trransparan demi membuat kesempatan baru untuk melakukan investasi. Pengusaha di Indonesia pun sangat terbantu dan memperoleh berbagai macam manfaat baik dari adanya pinjaman peer to peer sementara investor akan melihat hal ini sebagai platform yang transparan dan juga efisien demi memperkaya portfolio melalui cara membantu UKM lokal. Para investor akan memberikan suntikan dana dengan rate bunga sekitar 12 hingga 17 persen dan dana yang bisa diperoleh pengusaha bisa mencapai Rp 1 miliar. Pemerintah juga tengah memacu pengembangan UKM dengan cara mengucurkan KUR atau Kredit Usaha Rakyat melalui bank umum swasta atau milik negara. Bunga yang akan ditawarkan pun lebih rendah dengan berbagai kemudahan yang diterima sehingga bisa diterima oleh pasar.

Adanya kesempatan untuk memperoleh platform P2P, solusi ekonomi sektor riil harus dimanfaatkan dengan benar oleh para pemilik usaha sehingga dapat mengembangkan dan juga memperluas usaha lebih luas dan dijadikan sebagai bentuk investasi masa depan jangka panjang.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.